Menpora: Kemenangan 2-1 adalah Imbalan yang Amat Sangat Pantas untuk Indonesia

Berita

by Redaksi 27

Redaksi 27

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menpora: Kemenangan 2-1 adalah Imbalan yang Amat Sangat Pantas untuk Indonesia

Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Thailand pada leg pertama Final Piala AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari pada Rabu (14/12/2016). Kemenangan ini diraih dari hasil perjuangan tanpa kenal lelah para pemain yang terus berusaha meraih hasil maksimal pada pertandingan tersebut.

Walaupun Indonesia sempat tertinggal 0-1 dari Thailand di babak pertama melalui gol Teerasil Dangda, Indonesia mampu tampil heroik pada babak kedua. Dalam waktu lima menit, tepatnya pada menit ke-65 dan menit ke-70, Indonesia mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1. Rizky Pora dan Hansamu Yama menjadi pencetak kedua gol tersebut.

Atas kemenangan ini, Timnas Indonesia mendapatkan apresiasi dan ucapan selamat dari Menpora, Imam Nahrawi, sekaligus sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia. Menpora memuji dan berterimakasih pada semangat pantang menyerah yang ditunjukkan oleh para pemain Indonesia. Bahkan Menpora mengucapkan terima kasih langsung pada kapten timnas Indonesia, Boaz Solossa.

Ia pun mengingatkan bahwa masih ada tugas yang tersisa bagi Indonesia di Final leg kedua. Selain itu, ia juga memuji antusiasme para suporter Indonesia baik yang menonton melalui televisi maupun yang hadir di stadion. Berikut pernyataan resmi dari Menpora, Imam Nahrawi.

“Kita semua berbahagia malam ini. Tim nasional menang 2-1 di leg pertama final AFF 2016. Kemenangan yang membuat kita optimis menyongsong laga kedua di Thailand nantinya.”

“Di babak pertama kita tertekan, dan Thailand terlihat mendominasi pertandingan, bahkan mencetak gol duluan. Namun optimisme kita tidak pernah hilang. Kita tidak kehilangan kepercayaan kepada seluruh pemain. Kita percaya para pemain akan berjuang semampu-mampunya untuk memberikan yang terbaik. Dan kepercayaan kita dibayar tuntas oleh pemain-pemain kebanggaan. Di babak kedua Indonesia bermain jauh lebih baik, lebih berani, lebih gigih. Kemenangan 2-1 adalah imbalan yang amat sangat pantas diterima tim nasional yang terus bertarung, tak kenal menyerah, sampai detik terakhir.”

“Saya memang tidak hadir di stadion, tapi saya memantau dari awal pertandingan. Setelah Indonesia menang, saya menghubungi dan melakukan video-call dengan kapten tim nasional kita, Boaz Solossa. Saya sampaikan terimakasih kepada perjuangan seluruh pemain. Mewakili pemerintah, saya ucapkan selamat, sekaligus mengingatkan bahwa kerja belum selesai. Bahwa tugas masih tersisa. Yaitu bertarung dengan sama hebatnya di leg kedua di kandang Thailand.”

“Sungguh luar biasa juga menyaksikan antusiasme dan semangat rakyat Indonesia yang mendukung tim nasional. Di mana-mana televisi menyetel pertandingan Indonesia. Semua berharap, semua berdebar-debar. Dan semua akhirnya larut dalam kebanggaan.”

“Kredit lebih jelas harus diberikan kepada para suporter Indonesia yang hadir di stadion. Kendati harus bekerja sangat keras, berjuang sangat gigih, untuk mendapatkan selembar tiket, mereka tidak pernah kehabisan energi saat sudah berada di stadion. Walau harus berdesak-desakan masuk ke dalam stadion, namun mereka melakukannya dengan tertib. Dan di dalam stadion, tidak ada kata selain: LUAR BIASA!”

“Nyanyian, teriakan, gemuruh suporter Indonesia di Stadion Pekansari terdengar jelas. Bikin merinding rakyat yang menyaksikan dari televisi. Sudah pasti atmosfir stadion yang dahsyat itu membantu para pemain untuk bangkit dari ketertinggalan. Semangat suporter Indonesia harus dianggap sebagai faktor tambahan yang membuat Thailand lama-lama akhirnya bermain di bawah tekanan. Para suporter adalah pemain ke-12 yang besar sekali jasanya. Terimakasih kepada suporter!”

“Pemerintah tentu saja menghargai dan mengapresiasi pencapaian timnas Indonesia yang tadinya diragukan dan dianggap sebagai underdog. Ini pencapaian hebat. Dan pemerintah tentu memperhatikan dengan seksama pencapaian ini. Tidak akan ada prestasi yang akan diabaikan oleh pemerintah, apalagi ini cabang olahraga rakyat, permainan yang dicintai orang Indonesia. Saya sedang mengusahakan agar para tim mendapatkan atas kemenangan ini, semoga segera ada jalan keluar demi merah putih.”

“Kita tuntaskan dulu satu langkah akhir di leg kedua. Kita bisa menang, kita pasti menang. Ayo Indonesia!”

foto : @affsuzukicup

Komentar