Sempat Akan Gagal Berangkat, Nigeria Raih Kemenangan Perdana di Rio

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sempat Akan Gagal Berangkat, Nigeria Raih Kemenangan Perdana di Rio

Tim sepakbola Nigeria untuk Olimpiade rasanya tak ingin kenangan manis mereka kala mendapatkan medali emas di Atlanta 1996 lalu rusak. Memulai perjalanan mereka dengan menghadapi Jepang di grup B Olimpiade Rio 2016, John Obi Mikel dkk berhasil menang dengan skor sengit 5-4.

Empat gol kemenangan Nigeria dicetak oleh Oghenekaro Etebo pada menit ke-10, 42, 52, dan 66. Sementara satu gol lain dicetak oleh pemain asal kesebelasan AS Roma, Umar Sadiq. Sedangkan empat gol Jepang dicetak oleh Shinzo Koroki menit ke-9, Takumi Minamino menit 12, Takuma Asano menit 70, dan Musashi Suzuki menit 90.

Dengan kemenangan ini, Nigeria pun duduk di puncak klasemen sementara Grup B sepakbola putra Olimpiade Rio 2016. Kemenangan ini juga menggusur Kolombia yang sebelumnya bermain imbang dengan Swedia.

Bunmi Jinadu, pendiri United Football Africa, berkata bahwa kerja keras pemain Nigeria membuahkan hasil di laga ini. “Turnamen ini adalah perayaan 20 tahun tim sepakbola Nigeria memenangkan Olimpiade. Tak heran, semua pemain bekerja keras mewujudkan hal tersebut.”

“Semua pemain tahu bahwa ini kemenangan disini bisa mewujudkan harapan mereka. Mereka pada akhirnya bersemangat untuk mendapatkan gelar di Rio,” imbuhnya.

Kemenangan Nigeria di laga pertama Olimpiade Rio 2016 membuktikan bahwa Nigeria memiliki mental yang kuat untuk mendapatkan kembali medali emas di Olimpiade. Pasalnya, 20 tahun lalu, tepatnya di Olimpiade Atlanta 1996, Nigeria berhasil mendapatkan medali emas usai mengalahkan Argentina di partai puncak dengan skor 3-2.

Tak hanya itu, pujian atas kemenangan ini juga muncul usai mereka mereka menghadapi persoalan berat sebelum tiba di Brazil. Ya, perjalanan mereka ke Brazil sempat tersendat usai penerbangan mereka ditunda akibat maskapai penerbangan, yang pada akhirnya diketahui adalah Delta Airlines, yang disewa oleh pemerintah Nigeria enggan melanjutkan perjalanan setibanya mereka di Atlanta.

Maskapai tersebut beralasan, biaya penerbangan yang seharusnya dibayarkan belum masuk ke akun bank maskapai. “Uang yang harusnya dibayarkan oleh pemerintah untuk menyewa pesawat ternyata belum masuk ke akun bank maskapai hingga Kamis (4/8). Maskapai pada akhirnya enggan meneruskan perjalanan tim ini ke Brazil,” ujar salah satu sumber timnas Nigeria kepada BBC.

Tak heran, sempat tertundanya perjalanan tim sepakbola Nigeria menjadi berita besar di Rio. Betapa tidak, selain Nigeria, Kamerun, juga sempat akan gagal berangkat ke Brazil pada Piala Dunia 2014. Hal tersebut terjadi usai para pemain timnas Kamerun menolak berangkat karena bonus yang dijanjikan belum dibayarkan oleh federasi.

Komentar