Manchester United Akhirnya Memecat Louis van Gaal

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Manchester United Akhirnya Memecat Louis van Gaal

Setelah baru saja mengangkat trofi Piala FA, Manchester United dikabarkan akan mengumumkan bahwa mereka memecat manajer mereka, Louis van Gaal. Kabar yang kami terima dari Carrington, tempat latihan “Setan Merah”, juga mengumumkan bahwa para staf kepelatihan Van Gaal dibebaskan dari tugas mereka.

Frans Hoek, Albert Stuivenberg, dan Max Reckers dikabarkan akan menyusul Van Gaal, kecuali Ryan Giggs yang sampai saat ini masih menjabat sebagai asisten manajer.

Pengumuman ini memang belum resmi, tapi pihak Manchester United sendiri dikabarkan akan melakukan pengumuman resmi pada pukul 13:00 siang setempat, atau kira-kira pukul 19:00 WIB hari ini (23 Mei 2016), di saat yang sama juga dengan pasar saham (stock exchange) New York dibuka, entah ada hubungannya atau tidak.

Manajer asal Belanda ini sebenarnya menandatangani kontrak selama tiga tahun pada 2014, artinya ia masih menyisakan satu tahun lagi di kontrak resminya.

United finis di peringkat keempat di musim pertama Van Gaal, namun harus mengakhiri musim tanpa trofi (jangan hitung International Champions Cup, ya). Gelar juara Piala FA musim ini adalah gelar pertama bagi Van Gaal dan Manchester United sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada akhir musim 2012/2013 (dan jangan hitung Community Shield 2013/2014 di musim pertama David Moyes juga, ya).

“Setan Merah” akan bermain di Liga Europa UEFA pada musim depan setelah musim ini hanya bisa finis di peringkat kelima.

Van Gaal sudah banyak menerima kritikan dari para pandit dan suporter mengenai taktik dan pendekatannya pada permainan. United hanya berhasil mencetak 49 gol di Liga Primer musim ini. Jika dirata-rata, mereka hanya bisa mencetak 1,29 gol per pertandingan sepanjang musim ini, angka ini adalah angka terendah bagi United sejak musim 1989/1990 (1,21 gol per pertandingan).

Van Gaal juga sudah banyak menerima kritikan mengenai aktivitas transfernya di United. Selama dua musim, ia sudah menghabiskan seperempat milyar paun (mendekati 5 trilyun rupiah).

Hanya Daley Blind dan Anthony Martial, dari 15 pemain yang ia datangkan (termasuk peminjaman juga), yang tergolong rekrutan yang berhasil menembus tim inti United.

Namun, ada hal positif yang selalu dipuji dari Van Gaal, yaitu kebiasaannya untuk mengorbitkan pemain muda. Sebanyak selusin pemain dari lulusan akademi United sudah diberikan debutnya di tim utama oleh Van Gaal.

Jesse Lingard dan Marcus Rashford adalah dua pemain yang dianggap paling berhasil karena sudah menjadi bagian dari tim utama “Setan Merah”. Rashford bahkan dipanggil ke daftar 25 pemain untuk kesebelasan negara Inggris oleh Roy Hodgson untuk persiapan Euro 2016 di Prancis. Sementara Cameron Borthwick-Jackson, Patrick McNair, sampai Timothy Fosu-Mensah juga sudah dipuji sebagai pemain yang menjanjikan.

Mantan manajer Chelsea, Jose Mourinho, diperkirakan akan menggantikan Louis van Gaal. Kabar terpercaya menyebutkan bahwa manajer asal Portugal ini akan menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dalam 24 sampai 48 jam ke depan.

Komentar