Liverpool vs Manchester City: Pemain yang Baru Pulih Bisa Menjadi Kunci

Berita

by redaksi

Liverpool vs Manchester City: Pemain yang Baru Pulih Bisa Menjadi Kunci

Puncak Piala Liga musim ini mempertemukan Liverpool dan Manchester City. Pertandingan tersebut akan dihelat di Stadion kebanggaan Inggris, Stadion Wembley, pada Minggu (28/2) malam. Pertandingan tersebut diprediksi akan berlangsung menarik karena keduanya sama-sama berambisi untuk meraih gelar tersebut.

Liverpool memulai kompetisi ini dari putaran ketiga. Mereka mengawali kiprahnya dengan mengalahkan Carlisle United lewat adu tendangan penalti. Liverpool, yang saat ini ditangani oleh Jurgen Klopp kemudian meneruskan perjalanannya di Piala Liga dengan menjamu Bournemouth. Nathaniel Clyne menjadi pembeda pada pertandingan tersebut dengan mencetak gol satu-satunya bagi Liverpool dan membawa kemenangan untuk Liverpool dan sekaligus mengantarkan The Kop ke perempat final.

Selanjutnya di babak perempat final Liverpool berlaga di Stadion St. Mary ketika bertamu ke kandang Southampton. Pada pertandingan tersebut Liverpool tampil sangat mendominasi dengan skor akhir 1-6 bagi keunggulan The Reds. Gol Sadio Mane pada menit-menit awal dibalas dengan enam gol yang dicetak oleh Divock Origi (3 gol), Daniel Sturridge (2 gol) dan juga Jordon Ibe.

Setelah mampu mempecundangi Southampton di kandangnya, Liverpool menjalani laga home-away yang diterapkan pada semifinal Piala Liga. Pada saat itu skuat asuhan Jurgen Klopp memulai laga semifinal dengan menjadi tuan rumah dan menjamu Stoke City. Gol Jordon Ibe pada saat itu mengamankan langkah Liverpool di leg pertama.

Pertandingan leg kedua berjalan lebih seru. Stoke City mampu menyamakan agregat ketika Marko Arnautovic dengan tendangan kaki kirinya mampu membobol gawang yang dijaga oleh Simon Mignolet. Kedudukan imbang dalam agregat tersebut menyebabkan kedua tim harus melanjutkan pertandingan hingga babak adu tendangan penalti. Joe Allen menjadi penentu pertandingan setelah tendangannya tidak mampu diantisipasi oleh Jack Butland dan mengantarkan Liverpool lolos ke Wembley.

Sama dengan Liverpool, Manchester City juga mengawali Piala Liga pada babak ketiga. Pada saat itu skuat asuhan Manuel Pellegrini melenggang mulus setelah mengalahkan Sunderland 4-1. Kemenangan dengan skor-skor besar mengiringi lolosnya Manchester City hingga babak semifinal.

Di babak keempat Manchester City mengalahkan Crystal Palace 5-1 dan pada perempat final Hull City dipecundangi juga dengan skor besar dengan kedudukan akhir 4-1. Skuat yang musim depan ini akan ditangani oleh Pep Guardiola tersebut menemui kendala pada babak semifinal ketika bertanding melawan Everton.

Pada laga leg pertama, Manchester City harus mengakui keunggulan Everton 2-1. Bermain di kandang Everton di Goodison Park, Ramiro Funes Mori dan Romelu Lukaku mencetak gol untuk kemenangan Everton pada saat itu dan hanya berbalas oleh satu gol Jesus Navas.

Pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Etihad, Ross Barkley sempat mninggikan harapan Everton untuk menciptakan Derby Merseyside di laga final. Namun keinginan itu sirna ketika Fernandinho, Kevin De Bruyne dan Sergio Aguero bergantian membobol gawang Everton yang dikawal Joel Robles. Skor 3-1 menjadikan agregat 4-3 untuk keunggulan Manchester City dan membawa tim asal kota Manchester tersebut melenggang ke babak final Piala Liga.

Pertandingan Liverpool dan juga Manchester City diprediksikan akan menarik. Hal yang menjadi fokus dari kedua tim tersebut adalah kembalinya beberapa pemain yang sebelumnya mengalami cedera dan diperkirakan nanti akan ikut bertanding.

Di Liverpool, Klopp dikabarkan akan bertambah kekuatannya seiring pulihnya dua center back mereka yaitu Dejan Lovren dan juga Martin Skrtel. Namun dikabarkan pula bahwa kedua Twin Tower tersebut belum terlalu fit untuk memulai laga. Klopp sendiri kemungkinan akan menaruh Kolo Toure berpasangan dengan Mamadou Sakho pada pos tersebut.

Pulihnya Daniel Sturridge tentunya menjadi kabar baik bagi Klopp. Pemain yang sempat bermain bersama Manchester City ketika junior dulu dianggap siap untuk menghadapi mantan timnya tersebut. Ia akan ditempatkan sebagai penyerang utama dengan diapit oleh kedua flank asal Brazil yaitu Roberto Firmino dan juga Philippe Coutinho.

Sama dengan Liverpool, The Sky Blues akan kembali diperkuat oleh ketiga pemain yang sebelumnya cedera yaitu Wilfried Bony, Eliaquim Mangala, dan juga Jesus Navas. Ketiganya sudah mengikuti sesi latihan Manchester City untuk menghadapi Liverpool nanti.

Selain itu juga Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini, masih menunggu kesiapan dari ketiga pemainnya yaitu Bacary Sagna, Vincent Kompany, dan juga Raheem Sterling. Ketiga pemain tersebut sebelumnya melakukan latihan dan pemulihan diri secara terpisah. Namun Ia berharap bahwa mereka mampu fit tepat waktu dan nantinya dapat ikut berlaga di final nanti.

Pada musim ini Liverpool unggul di dua pertandingan sebelumnya di Liga Inggris ketika berhadapan dengan Manchester City. Pada laga yang dihelat 1 Maret 2015, Liverpool mampu mengalahkan Manchester City di Anfield dengan skor 2-1.

Liverpool kembali perkasa ketika berhadapan dengan The Citizens di Stadion Etihad. Pada 22 November 2015, The Reds mampu mengatasi perlawanan Manchester City dengan tiga gol cepat dalam waktu 32 menit dan mengunci kemenangan 4-1 Liverpool di kandang City.

Kedua tim juga sempat bertemu di Piala Liga empat tahun lalu. Pada saat itu Liverpool bertemu Manchester City di babak semifinal. Dalam pertandingan tersebut The Kops mampu menyingkirkan Manchester City dengan agregat 3-2 dan memastikan langkah Liverpool ke babak final.

Kedua tim tentunya sangat fokus dalam menjalani pertandingan ini. Memang keduanya sempat disibukan dengan jadwal di Eropa pertengahan minggu lalu. Namun modal positif yang diterima keduanya pada pertandingan terakhir (Liverpool menang melawan Ausburg 1-0, City menang melawan Dynamo Kiev 1-3) tentunya akan membuat keduanya fokus untuk mengincar trofi pertama mereka pada musim ini.

sumber : sportsmole dan Dailymail

(upi)

[tns]

Komentar