Nacho Monreal dan Perpanjangan Kontraknya yang di Luar Kebiasaan Arsenal

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Nacho Monreal dan Perpanjangan Kontraknya yang di Luar Kebiasaan Arsenal

Masih ada 18 bulan tersisa dalam kontrak Nacho Monreal di Arsenal. Pada 26 Februari nanti ia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Mengingat Arsène Wenger memiliki kebijakan tidak memberi kontrak lebih dari satu tahun kepada pemain berkepala tiga, tidak mengejutkan jika kontrak Monreal dibiarkan habis. Nyatanya tidak. Selasa (19/1) Monreal menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2019.

“Ia pemain yang sangat penting untuk kesebelasan karena ia dapat bermain di posisi bek kiri dan bek tengah,” ujar Wenger sebagaimana dikutip dari situs resmi Arsenal. “Dalam performanya ia memiliki konsistensi yang dibutuhkan di level tertinggi. Secara keseluruhan sikapnya sehari-hari luar biasa sejak ia datang. Ia 100 persen berkomitmen dan saya juga merasa ia selalu berkembang sejak ia datang dan ia telah menunjukkan hal tersebut dalam pertandingan-pertandingan besar.”

Monreal bergabung dari Málaga pada Januari 2013 dengan biaya transfer yang dipercaya mencapai 8,3 juta euro. Perannya saat itu hanya sebagai pelapis di posisi bek kiri. Sepanjang putaran kedua musim 2012/2013 ia bermain dalam sebelas pertandingan; sepuluh di antaranya di Premier League.

Di musim penuh pertamanya, 2013/2014, Monreal secara keseluruhan tampil dalam 36 pertandingan. Banyak, namun mayoritas sebagai pemain pengganti yang menit bermain per pertandingannya hanya belasan. Di Piala FA pun Monreal bermain sebagai bagian dari kebijakan rotasi: bermain penuh di satu pertandingan namun tidak bermain di pertandingan berikutnya. Ia tidak tampil di final karena jatah bermainnya adalah pada pertandingan putaran ketiga, 16 besar, dan semifinal.

Musim 2014/2015 Monreal lebih banyak bermain sebagai starter karena Kieran Gibbs menderita cedera. Sepanjang musim Monreal tampil dalam 28 pertandingan Premier League dan hanya dalam dua di antaranya ia bermain sebagai pengganti. Hanya saja di musim ini ia tidak selalu bermain sebagai bek kiri. Dalam tiga pertandingan Liga Champions dan enam pertandingan Premier League ia tampil sebagai bek tengah. Di Piala FA, Monreal tetap bermain di bawah kebijakan rotasi yang sama. Bedanya ia bermain di final ketika Arsenal menjuarai Piala FA untuk kali kedua dalam dua musim terakhir.

Musim ini Monreal benar-benar menggeser Gibbs ke bangku cadangan; Sesuatu yang Wenger akui merupakan anugerah untuk kesebelasannya.

“Harus saya akui Arsenal sedang merasakan anugerah dalam bentuk dua bek kiri kelas atas saat ini,” ujar Wenger. “Kami memiliki banyak pemain muda. Mereka perlu dikelilingi oleh para pemain berpengalaman, terutama di lini belakang. Kami sekarang sangat berpengalaman di lini belakang. Nacho adalah bagian darinya – ia adalah contoh yang baik untuk para pemain muda dan kami memiliki banyak pemain muda.”

Monreal sendiri sadar bahwa ia, yang pada awalnya kesulitan mendapat tempat utama, kini telah menjadi pemain utama. Ia tidak menyembunyikan rasa bahagianya walau promosi yang ia terima berarti Gibbs keluar dari kesebelasan utama.

“Saya sangat senang dengan performa saya musim ini,” ujar Monreal, "Awalnya saya kesulitan karena saya pemain baru dan tidak bisa bebahasa Inggris. Namun sekarang saya merasa lebih nyaman dengan rekan-rekan kesebelasan saya dan terhadap segalanya secara umum jadi itu membantu saya bermain lebih baik karena saya sendiri merasa percaya diri.”

Dalam kesempatan yang sama Monreal juga mengungkap alasan di balik perpanjangan kontraknya.

“Saya sangat bahagia karena tujuan saya adalah membawa Arsenal terus maju,” ujar Monreal. “Saya merasa sangat senang bermain di sini. Hubungan saya dengan rekan-rekan satu kesebelasan baik dan kami terus berkembang dari tahun ke tahun. Saya ingin bertahan di sini dan dapat memperpanjang kontrak. Saya ingin bermain di sini dalam beberapa tahun ke depan.”

Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut menambahkan: “Kepercayaan para pendukung Arsenal sangat penting bagi kami karena mereka membantu kami dalam setiap kesempatan dalam perjuangan kami menjuarai Premier League. Saya bertemu dengan boss tiga tahun lalu dan saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya dan saya sangat senang bersamanya. Karena alasan-alasan tersebut saya memperpanjang kontrak.”

Komentar