On This Day 1873, Inggris Catatkan Kemenangan Perdana

On This Day

by redaksi

On This Day 1873, Inggris Catatkan Kemenangan Perdana

Inggris memang layak kalau mereka selalu mengklaim penemu sepakbola. Sebab mereka memiliki catatan fakta-fakta sebagai penguat klaimnya itu.

Sebelum ada duel antar negara, Inggris bersama Skotlandia menjadi negara pertama yang melangsungkan pertandingan resmi internasional. Yakni pada 30 November 1872. Tapi Inggris lah yang memetik kemenangan pertama di duel antar negara ini.

Kemenangan Inggris tercatat diraih pada Sabtu 8 Maret 1873 di The Surrey Cricket Ground, Kennington, London. Di depan hampir 4000 pendukungnya, The Three Lions mengalahkan Skotlandia 4-2 yang di pertandingan sebelumnya mampu ditahan tanpa gol di Glasgow.

Pada laga tersebut, Inggris juga mencatatkan rekor gol tercepat melalui William Kenyon-Slaney saat laga belum berjalan semenit.

Namun kemenangan Inggris tersebut dinilai sedikit cacat oleh Skotlandia yang masih belum menerima kekalahan itu hingga kini. Menurut mereka, Inggris memang menang di laga itu karena menyontek formasi 2-2-6 yang dipakai Skotlandia sebelumnya.

Skotlandia juga beralasan kekalahannya itu tak lepas dari tiga penduduk London yang menjadi skuat pelengkap mereka. Sebab, karena keterbatasan dana, mereka hanya mengirim delapan pemain untuk berangkat ke ibukota Inggris tersebut.


Data Fakta Inggris vs Skotlandia, 8 Maret 1873
:
Susunan Formasi:
Inggris (2-2-6): Morten (GK); Greenhalgh, Howell; Goodwyn, Vidal; von Donop, Chenery, Clegg, Bonsor, Kenyon-Slaney, Heron
Skotlandia (2-2-6): Gardner; Taylor, Ker; Thomson, Smith; MacKinnon, Renny-Tailyour, Kinnaird, Blackburn, Gibb, Wotherspoon

Pencetak Gol:
Inggris: William Kenyon-Slaney (1',60') Alexander Bonsor (10'), Charley Chenery (75')
Skotlandia: Henry Renny-Tailyour (10'), William Gibb (20').

Wasit: Theodore Lloyd (Worcestershire, Inggris)

Komentar