Kelahiran Kembali Kompetisi Antar Klub di Dunia

On This Day

by redaksi

Kelahiran Kembali Kompetisi Antar Klub di Dunia

Pada 10 Desember 2004, FIFA mengumumkan bahwa mereka akan kembali merestorasi kompetisi antar klub di dunia, menggantikan Piala Interkontinental. Nama kompetisi baru itu adalah Piala Dunia Antar Klub.

Piala Interkontinental, yang dimulai sejak 1960, adalah turnamen yang mempertemukan antara juara Copa Libertadores dan Liga Champions. Pemenangnya akan mendapatkan gelar sebagai klub terkuat di dunia, sekaligus secara tidak resmi menjadi juara dunia (gelar juara dunia tetap diraih secara resmi oleh pemenang Piala Dunia). Pertandingan sendiri diadakan dengan sistem home dan away.

Pada 1980, Piala Interkontinental berganti nama menjadi Piala Toyota, seiring dengan pergantian sponsor sekaligus respon terhadap kasus-kasus kekerasan yang kerap terjadi dalam ajang Piala Interkontinental. Piala Toyota ini hanya memainkan satu pertandingan, dengan pertandingan yang dimainkan di Tokyo.

Sementara itu, pada 2000 silam, FIFA juga mengadakan kompetisi yang sejenis dengan Piala Interkontinental, yaitu Club World Championship. Dalam turnamen tersebut, delapan tim dari konfederasi-konfederasi di bawah naungan FIFA ikut serta (CONCACAF, AFC, OFC, CAF, serta dua tim masing-masing dari UEFA dan CONMEBOL).

Meski FIFA merencanakan bahwa turnamen ini akan menjadi turnamen jangka panjang, turnamen ini tetap tidak bisa menyaingi Piala Interkontinental yang juga diadakan pada waktu yang sama. Selain itu ketiadaan sponsor yang menyokong turnamen Club World Championship ini membuat turnamen ini berhenti pada 2001.

Pada 2004, FIFA memutuskan untuk merestorasi kembali Club World Championship. Berkolaborasi dengan Piala Interkontinental (Piala Toyota) yang masih berjalan, pada 2005 akhirnya turnamen baru bernama Piala Dunia Antar Klub pun dilaksanakan, hasil merger dari Piala Interkontinental dan Club World Championship.

Dalam gelaran edisi pertama pada 2005 silam, turnamen ini dimainkan di Tokyo, dengan pesertanya adalah enam klub dari enam konfederasi FIFA. Pemenang dalam edisi pertama ini adalah Sao Paulo, juara Copa Libertadores. Mereka sukses mengalahkan Liverpool pada babak final dengan skor 1-0.

Sampai sekarang, setiap tahunnya, turnamen ini masih sering diadakan, dan melahirkan beberapa nama klub yang menjadi juara dunia secara tidak resmi. Klub terakhir yang menjuarai turnamen ini adalah Barcelona pada 2015 silam.

foto: Wikimedia

(sf)

Komentar