Grup Mudah yang Menjadi "Mudah" Untuk Inggris

On This Day

by redaksi

Grup Mudah yang Menjadi "Mudah" Untuk Inggris

Pada 5 Desember 2009, tabloid The Sun merilis sebuah headline yang cukup menarik, sekaligus juga mungkin provokatif. Tajuk utama ini khusus mereka rilis untuk menyambut hasil undian putaran final Piala Dunia 2010 yang akan digelar di Afrika Selatan.

Menggunakan nama para kontestan yang satu grup dengan Inggris, majalah The Sun membentuk kata "EASY" dalam cover mereka, singkatan dari England, Algeria (Aljazair), Slovenia, dan Yanks (Amerika Serikat). Ejekan yang berbuah menjadi kutukan bagi Inggris.

Pengundian yang dilakukan di Afrika Selatan pada 4 Desember 2009, menempatkan Inggris satu grup dengan Amerika Serikat, Slovenia, dan Algeria. Mereka tergabung dalam grup C. The Sun, majalah yang cukup kontroversial di Inggris ini pun langsung mengeluarkan headline yang cukup provokatif keesokan harinya.

Dalam headline tersebut, mereka menyebutkan bahwa Inggris tergabung dalam grup yang cukup mudah, bahkan disebut sebagai "grup terbaik sejak era The Beatles". Mereka memberikan sebuah cetak tebal pada huruf akhir tiap negara dalam grup C, yaitu England, Algeria (Aljazair), Slovenia, dan Yanks (Amerika Serikat). Jika menggabungkan semua huruf yang dicetak tebal, maka didapatlah kata "EASY" yang dalam bahasa Indonesia artinya "mudah".

Cover provokatif The Sun. Sumber: tdifh.blogspot.co.id

Beberapa komentator di televisi pun ternyata setuju akan hal ini. Bahkan pemain yang pernah membela timnas Inggris, Jack Charlton, mengucapkan bahwa mungkin ini adalah grup termudah dalam Piala Dunia 2010. Mereka tidak sadar bahwa ucapan provokatifnya ini menjadi do`a tersendiri bagi Inggris dalam Piala Dunia 2010.

Bertempur di grup C, Inggris harus bersusah payah untuk lolos. Imbang dua kali dalam laga melawan Amerika Serikat dan Aljazair, Inggris mampu lolos setelah memenangkan pertandingan terakhir melawan Slovenia dengan skor 1-0 (lewat gol tunggal Jermain Defoe). Mereka pun hanya lolos sebagai runner-up grup, setelah pada pertandingan terakhir grup C yang lain Amerika Serikat mampu memenangkan pertandingan lawan Slovenia. AS lah yang menjadi juara grup C.

Inggris pun tidak dapat melaju lebih jauh dalam Piala Dunia 2010 ini setelah kalah oleh Jerman dengan skor 4-1 dalam babak 16 besar (insiden gol Lampard yang dianulir). Dengan perjalanan Inggris yang pendek dan terseok-seok ini, setidaknya masyarakat Inggris belajar satu hal, bahwa "Mulutmu, Harimaumu".

foto: Wikimedia

(sf)

Komentar