(9 September) Comeback Luar Biasa Wimbledon

On This Day

by redaksi

(9 September) Comeback Luar Biasa Wimbledon

Tanggal 9 September akan menjadi hari yang cukup dikenang oleh para suporter Wimbledon. Tanggal 9 September 1999, Wimbledon menciptakan sebuah keajaiban di Upton Park setelah mampu membalikkan ketertinggalan 3-1 atas West Ham di babak pertama, menjadi kemenangan di akhir pertandingan dengan skor 3-4. Ini menjadi salah satu comeback mengesankan selama penyelenggaraan Liga Primer Inggris.

Ketika itu, musim 1998/1999, dan sudah memasuki pertandingan keempat bagi kedua tim. West Ham dan Wimbledon sama-sama belum mencatatkan kekalahan sampai pertandingan keempat. Namun, West Ham sedikit lebih percaya diri menghadapi laga ini karena pada musim sebelumnya, mereka sukses mengalahkan Wimbledon dalam laga tandang dan kandang, termasuk kemenangan 3-1 di Upton Park. Banyak orang mengira hasil ini akan kembali terulang.

Awalnya, kekalahan seolah akan kembali menghampiri pasukan Wimbledon. The Hammers sudah unggul cepat 3-0 sampai pertengahan babak pertama lewat gol-gol dari John Hartson (`7) dan Ian Wright (`14, `27). Wimbledon hanya mampu memperkecil ketertinggalan pada babak pertama menjadi 3-1 lewat gol Marcus Gayle pada menit ke-30.

Tapi, pada babak kedua, pertandingan menjadi milik Wimbledon. Pada menit ke-64, kesalahan dari bek West Ham, Javier Margas, mampu dimanfaatkan oleh Jason Euell untuk kembali memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2. Gayle berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 pada menit ke-77. Para suporter Wimbledon yang datang ke Upton Park pun mulai berpesta, dan pesta mereka menjadi semakin lengkap setelah Efan Ekoku mencetak gol kemenangan pada menit ke-81.

Skor menjadi 3-4 untuk kemenangan Wimbledon, dan menjadi salah satu comeback yang manis sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. Namun, nasib kedua tim sangat berbeda pada akhir musim. Wimbledon harus mengakhiri musim di peringkat ke-16, dan West Ham, terlepas dari kekalahan 3-4 ini, mampu naik dan finish di peringkat ke-5.

(sf)

foto: Wikipedia

Komentar