Parade Kiper Baru Klub-Klub Liga Primer Inggris

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Parade Kiper Baru Klub-Klub Liga Primer Inggris

Semakin sibuknya proses perpindahan pemain menandakan bahwa musim kompetisi baru sudah mulai dekat. Setiap tim peserta liga top Eropa sudah mendatangkan beberapa pemain untuk memperkuat tim mereka agar siap berlaga di kompetisi mendatang. Dan Liga Primer Inggris terlihat lebih sibuk ketimbang kompetisi Eropa yang lain.

Salah satu fenomena menarik dalam bursa perpindahan pemain di liga yang disebut-sebut terbaik di dunia tersebut adalah banyak tim mendatangkan pemain di posisi kiper. Beberapa bahkan sepertinya mendatangkan pemain di posisi tersebut untuk mengisi pos kiper utama. Menariknya, beberapa nama merupakan pemain yang sebelumnya belum pernah mencicipi atmosfer Liga Primer Inggris. Berikut diantaranya.

Loris Karius (Liverpool)

Meskipun masuk dalam deretan kiper yang banyak melakukan clean sheets dan penyelamatan di Liga Primer musim lalu, nyatanya posisi Simon Mignolet tidak aman sebagai kiper utama Liverpool. Akhirnya klub asal kota pelabuhan tersebut mendaratkan kiper berbakat dari Jerman, Loris Karius.

Meskipun masih berusia muda, Karius sudah masuk dalam daftar kiper kelas satu dalam kompetisi Bundesliga. Dalam ajang Bundesliga musim lalu, Karius mencatatkan 86 penyelamatan dan 9 kali clean sheets. Dari catatan 42 gol yang bersarang ke gawang mantan kiper Mainz ini, tidak ada gol yang berasal dari situasi set-piece. Ini menandakan bahwa Karius cukup tangguh ketika berhadapan dengan situasi bola mati lawan.

Steve Mandanda (Crystal Palace)

Salah satu transfer mengejutkan yang dilakukan oleh Crystal Palace. Sebelum mengikuti perburuan Mitchy Batshuayi, Crystal Palace sebelumnya sudah mendaratkan Steve Mandanda dari Marseille. Skuat asuhan Alan Pardew tersebut mendatangkan Mandanda secara gratis, karena mantan kiper utama tim muda Prancis tersebut tidak melanjutkan kerja sama dengan klub sebelumnya.

Kedatangan Mandanda tentu akan menghadirkan persaingan di posisi kiper utama Palace. Dalam tim Palace sendiri, ada nama Wayne Hennessey yang bermain gemilang dalam ajang Piala Eropa bersama Wales. Musim lalu, Mandanda termasuk dalam 10 besar kiper di Ligue 1 yang paling banyak membuat penyelamatan. Tercatat ia berhasil membuat 88 penyelamatan ditambah sembilan kali mencatatkan clean sheets bersama Marseille dalam ajang Ligue 1 Prancis.

Ron-Robert Zieler (Leicester City)

Sudah diceritakan sebelumnya jika Ron-Robert Zieler akan menjadi rebutan tim-tim kelas atas Eropa. Beruntung bagi juara Liga Primer musim lalu, Leicester City, karena berhasil mendaratkan kiper asal Jerman ini. Zieler sendiri bisa dibilang bukan kiper yang baru mendarat di Inggris. Ia merupakan produk tim akademi Manchester United. Namun, dirinya belum pernah mencicipi kompetisi Liga Primer Inggris. Maka, bisa dibilang kalau petualangannya bersama Leicester akan menjadi kali pertama bagi kiper yang diangkut dari Hannover 96 ini.

Kiper dengan catatan penyelamatan terbanyak di Bundesliga musim lalu dengan 138 penyelamatan (Lebih banyak ketimbang Manuel Neuer yang hanya melakukan 41 penyelamatan), ditambah status home-grown karena pernah memperkuat tim muda United, membuat Zieler menjadi komoditas yang berharga. Leicester mungkin akan melakukan rotasi antara Zieler dengan kiper utama mereka saat ini, Kasper Schmeicel, mengingat musim ini mereka tampil di Liga Champions Eropa.

Victor Valdes (Middlesbrough) & Maarten Stekelenburg (Everton)

Khusus bagi kedua kasus selanjutnya adalah kiper yang sudah bermain di Liga Primer Inggris namun bergabung dengan klub baru. Victor Valdes dan Maarten Stekelenburg yang mengalami waktu buruk bersama klub sebelumnya kini memiliki kesempatan untuk membuktikan diri dan memperbaiki karier mereka.

Victor Valdes akan menjadi bagian dari kebangkitan Middelsbrough dengan pelatih asal Spanyol, Aitor Karanka. Peluang Valdes bermain sebagai kiper utama sangat besar karena kiper utama Middlesbrough, Dimitrios Konstantoupoulos kini usianya sudah semakin uzur. Sementara itu, Stekelenburg yang kenyang pengalaman mungkin akan dipilih Ronald Koeman seiring dengan pulang kampungnya Tim Howard ke Amerika Serikat. Ini dikarenakan kiper mereka Joel Robles sudah dipersiapkan sebagai suksesor Howard sejak musim lalu belum juga menunjukkan tanda-tanda peningkatan performa.

***

Mendatangkan kiper untuk memperkuat skuat bukan hanya soal mengganti kiper sebelumnya yang dianggap tampil tidak memuaskan di kompetisi sebelumnya. Hal ini juga bisa dipandang sebagai sebuah bentuk anti-thesis karena cukup banyak klub Liga Primer Inggris yang mendaratkan para penyerang berkelas seperti Zlatan Ibrahimovic, Ahmed Musa, dan Mitchy Bathsuayi. Maka, patut ditunggu apakah kiper-kiper di atas mampu menunjukkan performa yang mengesankan atau tidak.

foto: wikimedia

Komentar