Transfer-Transfer yang Tertutup Riuhnya Piala Eropa 2016

Cerita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Transfer-Transfer yang Tertutup Riuhnya Piala Eropa 2016

Meriahnya Piala Eropa 2016 membuat satu masa dalam sepakbola sedikit terlupakan. Ya, Piala Eropa membuat masa transfer musim panas 2016 sedikit terlupakan. Pembelian yang dilakukan oleh kesebelasan besar bahkan beberapa di antaranya tidak sampai telinga pendukungnya.

Pembelian pemain di tengah Piala Eropa memang berjalan begitu tepat. Beberapa kesebelasan, bahkan tidak menemui kesulitan yang cukup berarti karena mulai dari pendekatan hingga peresmian pemain yang bersangkutan tidak terdeteksi radar kesebelasan lain.

Menariknya, siapa saja pemain yang didatangkan oleh kesebelasan-kesebelasan Eropa di tengah gaduhnya bahasan mengenai Piala Eropa 2016. Berikut lima transfer pemain selama masa Piala Eropa 2016, yang beberapa di antaranya disadur dari Squawka.

Raphaƫl Guerreiro

Penampilan yang ditunjukkan oleh Portugal di Piala Eropa 2016 memang tidak terlalu memuaskan. Digadang-gadang tampil sebagai yang terbaik di grup-nya, Portugal justru lolos ke babak knockout usai hanya berada di peringkat ketiga.

Meski demikian, tidak semua pemain Portugal tampil buruk. Raphael Guerreiro menjadi nama yang terus konsisten menunjukkan kontribusi besar di tiap laganya. Bahkan, dari empat laga yang sudah dijalani Portugal, Guerreiro hanya diistirahatkan sekali.

Baiknya penampilan Guerreiro membuatnya dilirik kesebelasan besar Eropa. 16 Juni 2016, Borussia Dortmund telah sepakat untuk mendatangkan Guerreiro dari FC Lorient ke Signal Iduna Park dengan kontrak selama empat musim dan biaya transfer sebesar 12 juta Euro.

Berita ketertarikan Dortmund terhadap Guerreiro memang begitu cepat dan hampir tidak diketahui banyak orang. Pendukung Dortmund bahkan mungkin baru mengetahuinya ketika ia resmi didatangkan.

Kedatangan Guerreiro diyakini bakal memperkuat sisi kiri lini belakang Dortmund yang sebelumnya diisi oleh Marcel Schmelzer dan Park Joo-Ho. Tidak hanya itu, Guerreiro juga menambah daftar belanjaan Dortmund. Sebelumnya, kesebelasan asuhan Thomas Tuchel ini mendatangkan Marc Bartra, Emre Mor, Mikel Marino, Sebastian Rode, dan Ousmane Dembele.

Sofiane Feghouli

Kejutan West Ham United musim lalu tampaknya bakal kembali terulang di musim ini. Setelah mendapatkan Toni Martinez dari Valencia dan Havard Nordtveit dari Borussia Monchengladbach, The Hammers kembali mendatangkan pemain baru. Ia adalah Sofiane Feghouli.

Keberadaan Feghouli di West Ham tentu akan semakin memperkokoh fondasi yang sudah dibangun oleh Slaven Bilic musim lalu. Pengalamannya di level kompetisi Eropa serta Piala Dunia juga akan mendatangkan nilai plus bagi West Ham.

Tidak hanya soal pengalaman bertanding, kepiawaiannya di lapangan juga merupakan aset berharga bagi West Ham. Feghouli yang kerap bermain di sisi kanan pun bakal menjadi duet yang sempurna untuk Dimitri Payet yang berada di sisi kiri.

Keuntungan mendapatkan Feghouli semakin tinggi bagi West Ham karena ia didatangkan tanpa perlu mengeluarkan biaya transfer. Hal ini sekaligus semakin menunjukkan kepiawaian West Ham dalam belanja pemain. Sebab, sebelumnya Nordtveit juga mereka datangkan dalam kondisi yang sama.

Nicolas Gaitan

Transfer lain yang hampir tidak terdengar tentu adalah kepindahan Nicolas Gaitan dari raksasa Portugal, Benfica, ke Atletico Madrid. Dikontrak dengan biaya 25 juta Euro, Gaitan menjadi transfer paling mengejutkan di Spanyol sejauh ini.

Bagaimana tidak? Kesepakatan kedua kesebelasan hanya tercium Marca. Berita mengenai kesepakatan Benfica dan Atletico bahkan hanya sedikit dijumpai di hari ini, akibat adanya pertandingan akbar di Piala Eropa 2016 antara Italia melawan Spanyol.

Bermainnya Atletico di Liga Champions musim depan serta keberadaan Diego Simeone disebut Football Espana menjadi salah satu faktor mengapa Gaitan memilih Atletico.

Keberadaan Gaitan di lini serang Atletico musim depan tentu bakal mempermudah tugas Simeone di lini depan. Pasalnya, meski memiliki barisan pemain untuk melakukan serangan balik mematikan, namun Atletico tidak memiliki sosok pemain yang pintar untuk mengkreasi serangan. Dan hal ini lah yang menjadi persoalan ketika rival sekota Real Madrid ini bertemu lawan yang sama-sama mengandalkan serangan balik.

Breel Embolo

Schalke 04 menjadi salah satu kesebelasan yang aktif di bursa transfer kali ini. Tidak hanya urusan mengobral pemain, Schalke juga menjadi kesebelasan yang rajin bergerak mencari bakat-bakat potensial.

Rajinnya Schalke bergerak mulai membuahkan hasil. Setelah mendapatkan Robert Leipertz dari FC Heidenheim dan Naldo dari Wolfsburg, kini mereka telah resmi mendatangkan striker berbakat asal Swiss, Breel Embolo.

Kedatangan pemain berdarah Kamerun ini diumumkan secara resmi oleh akun twitter kesebelasan berjuluk Royal Blue ini pada Minggu (26/6) malam WIB. Resminya Embolo juga mengejutkan karena sebelumnya eks pemain FC Basel ini disebut-sebut bakal hijrah ke Manchester United.

Alvaro Morata

Gosip mengenai pembelian kembali (buy back) Alvaro Morata dari Juventus ke Real Madrid pada akhirnya menjadi kenyataan. Setelah beberapa hari gosipnya menjadi kencang, Selasa (21/6), Morata resmi kembali ke Santiago Bernabeu.

Kepindahan Morata ke Madrid pun menjadi salah satu cerita besar lain di samping perhelatan Piala Eropa 2016. Tidak hanya soal itu, transfer Morata juga menjadi bumbu unik untuk laga Italia versus Spanyol, yang disebabkan oleh banyaknya pemain Italia yang merupakan pemain Juventus.

Meski demikian, kepindahan Morata sendiri tidak lepas rumor tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh rencana Real Madrid menjual kembali Morata ke kesebelasan lain dengan harga selangit. Rencana ini pun diperkuat oleh rumor ketertarikan Arsenal sampai Chelsea kepada pemain 23 tahun ini.

Rumor buruk mengenai masa depan ternyata tidak terlalu memengaruhi Morata. Ia mengakui bahwa ia siap berjuang untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik di Madrid. Selain itu, ia juga berharap bisa mendapatkan satu tempat di skuat arahan Zinedine Zidane.

***

Selain lima ini, masih banyak transfer lain yang terbilang mengagetkan. Seperti Miralem Pjanic dari AS Roma ke Juventus, Jeffrey Bruma ke Wolfsburg, Victor Wanyama ke Tottenham Hotspur, hingga Gianluca Lapadula ke AC Milan.

Komentar