Duet-duet Paling Setia di Liga Primer Inggris

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Duet-duet Paling Setia di Liga Primer Inggris

Di Liga Inggris, duet Andy Cole dan Dwight Yorke disebut-sebut sebagai salah satu duet terbaik Liga Inggris sepanjang masa karena jumlah gol yang keduanya ciptakan. Tapi untuk urusan kesempatan bermain bersama, siapakah dua pemain terloyal, yang secara bersamaan bermain dengan seragam yang sama, dengan jumlah pertandingan terbanyak?

Pemain-pemain legenda kesebelasan besar Inggris macam Manchester United, Liverpool, Chelsea dan Arsenal tentunya berada dalam daftar tersebut. Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Gary Neville begitu identik dengan United. Pun begitu dengan Sami Hyypia, Jamie Carragher dan Steven Gerrard bagi Liverpool. Sama halnya dengan penggawa Chelsea, Petr Cech, Frank Lampard dan John Terry.

Tapi sebuah situs asal Inggris bernama Sports Joe baru saja mengumpulkan sebuah data menarik soal penampilan dua orang pemain dalam sebuah pertandingan. Data tersebut menyebutkan bahwa dua legenda Liverpool, Carragher dan Gerrard, adalah pemain dengan jumlah pertandingan bersama terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris.

Carragher dan Gerrard disebutkan telah terlibat dalam pertandingan yang sama bersama Liverpool sebanyak 382 pertandingan. Jumlah ini unggul lumayan jauh dari duet legenda United, Scholes dan Giggs, yang bermain bersama dalam 358 laga. Carragher-Gerrard unggul 24 pertandingan.

Peringkat tiga sendiri dihuni oleh duet Chelsea, Lampard dan Terry. Kepindahan Lampard pada akhir musim lalu membuat rekor pertandingan yang keduanya jalani bersama terhenti pada angka 351 pertandingan.

Sports Joe berhasil mengumpulkan data 26 duet pemain yang memiliki jumlah pertandingan bersama terbanyak. Kesebelasan Arsenal diwakili oleh duet David Seaman dan Lee Dixon dengan mencatatkan 243 pertandingan bersama, peringkat 14. Dua strip di bawahnya terdapat duet Newcastle United, yakni Alan Shearer dan Shay Given yang terlibat dalam 240 pertandingan. Gareth Southgate dan Ugo Ehiogu berada di peringkat terbawah dengan mengumpulkan 225 pertandingan selama keduanya membela Aston Villa dan Middlesbrough.

Dari daftar ini, terdapat empat duet yang masih memiliki kesempatan untuk menambah pundi-pundi pertandingan bersamanya. Keempat duet ini adalah duet Everton, Leighton Baines dan Tim Howard dan Leon Osman dan Howard. Serta duet Bolton Wanderers, Jussi Jaasklainen dan Kevin Nolan. Duet Chelsea yang tampaknya akan kesulitan menambah pembendaharaan penampilannya adalah Terry-Cech.

Baines dan Howard berpeluang lebih besar menambah torehannya ini dibanding duet Osman-Howard karena Osman jarang mendapatkan kesempatan bermain. Sedangkan duet Baines-Howard sejauh ini sudah mencatatkan 226 pertandingan. Jumlah ini membuat keduanya berada di urutan ke-22. Meskipun begitu, jumlah pertandingan bersama keduanya masih akan terus bertambah karena EPL musim 2014-2015 sendiri masih berjalan.

Pun begitu dengan duet Jaasklainen dan Nolan. Keduanya kini telah menorehkan 300 pertandingan bersama, berada di peringkat lima. Uniknya, kedua pemain ini bermain bersama dengan dua kesebelasan yang berbeda, pemain lain hanya satu kesebelasan yang sama.

Awalnya, Jaasklainen-Nolan bermain bersama selama 10 musim kala membela Bolton Wanderers. Akan tetapi keduanya terpisahkan saat Nolan memutuskan pindah ke Newcastle United pada 2009. Di Newcastle, Nolan hanya bertahan selama dua musim. Pada akhir musim 2010-2011, ia pun hengkang menuju West Ham United setelah ditransfer dengan banderol 3 juta pounds.

Ternyata keputusan Nolan hengkang ke West Ham ini diikuti oleh Jaasklainen pada musim berikutnya, musim 2012-2013. Saat kontrak penjaga gawang asal Finlandia ini berakhir dengan Bolton, Jaasklainen mendapatkan tawaran bermain dari West Ham untuk satu musim. Entah ada hubungannya dengan Nolan atau tidak, yang jelas, keduanya kembali bermain bersama hingga saat ini.

Duet ini pun terus merangkak naik untuk menjadi duet abadi Premier League. Setelah melewati catatan duet nya sendiri [Jaasklainen] bersama Kevin Davies, kini Jaasklainen-Nolan siap menyalip duet Neville-Scholes di peringkat empat, hanya terpaut satu pertandingan.

Meskipun begitu, kesempatan ini akan sulit diraih keduanya karena Jaasklainen jarang mendapatkan kesempatan tampil dari pelatih West Ham, Sam Allardyce. Pelatih berjuluk Big Sam ini terus memainkan penjaga gawang asal Spanyol, Adrian San Miguel.

Jaasklainen hanya sekali menjalani pertandingan Premier League musim ini. Tapi bukan berarti hal ini menutup kemungkinan duet ini akan terus bersama hingga mampu menyusul torehan Carragher-Gerrard.

Berikut daftar lengkap duet pemain terloyal dengan jumlah pertandingan terbanyak. Adakah duet favoritmu?

6VO9P6R
Data yang dikumpulkan Sports Joe.ie

foto: leningrad62.narod.ru

Komentar