Target Tinggi PSSI untuk Tim Nasional di 2018

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Target Tinggi PSSI untuk Tim Nasional di 2018

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mematok target tinggi bagi Tim Nasional Indonesia dalam kompetisi Internasional di berbagai ajang dan jenjang usia yang akan diikuti Indonesia. Pada 2018 ini, Indonesia dipastikan ambil bagian di ajang Piala AFF 2018, Piala AFF U16 dan U19, Piala Asia U16 dan U19, Asian Games, Piala AFF U16 sepakbola perempuan.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkapkan bahwa di Piala AFF 2018, PSSI menargetkan timnas senior Indonesia meraih trofi di ajang tersebut. Sejak bergulir pada 1996, Indonesia belum pernah sekalipun mengecap gelar juara di ajang yang sebelumnya bertajuk Piala Tiger itu.

Di Piala AFF, Indonesia seakan kesulitan menembus dominasi Thailand yang menjadi pengumpul trofi Piala AFF terbanyak: lima piala. Status spesialis runner-up melekat pada Indonesia, sebab hingga penyelenggaraan terakhir pada 2016 lalu, Indonesia sudah enam kali menjadi runner-up, terhitung sebagai yang terbanyak dari negara kontestan Piala AFF lainnya.

Target menjadi jawara Piala AFF tidak hanya dibebani kepada timnas senior. Timnas U16 dan U19 pun diharapkan juga mampu menjadi raja sepakbola Asia Tenggara.

Sementara di Piala Asia U16 dan U19, PSSI memang tidak membebani kedua kejuaraan tersebut meraih gelar juara. Hanya saja minimal bisa mencapai partai semifinal dengan alokasi prestasi: peringkat tiga bagi timnas U16 dan peringkat empat untuk timnas U19. Target tersebut guna memuluskan langkah lolos ke Piala Dunia U17 dan U20.

Target yang terbilang sulit bagi timnas U16 dan U19 di Piala Asia masing-masing. Setidaknya mereka akan bersaing dengan tim-tim besar macam Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, serta negara-negara kuat lainnya asal Timur Tengah.

Adapun timnas U23 yang akan berlaga di Asian Games 2018 ditargetkan mencapai babak semifinal.

"Sudah diputuskan di kongres, target kami pada 2018 ini adalah menjadi yang terbaik di diberbagai ajang di tingkat Asia Tenggara. Selain itu, kami juga ingin agar bisa bersaing di tingkat Asia," terangnya, saat ditemui seusai Kongres PSSI di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tanggerang, Sabtu (13/1).

Namun Tisha optimis bahwa semua target yang dicanangkan PSSI bisa digapai oleh oleh timnas senior, U16, dan U19. Kuncinya adalah kerja keras dan semangat pantang menyerah selama bertarung di lapangan.

"Semua tergantung pada diri kita sendiri. Paling penting kita harus kerja keras untuk bisa mencapai target tersebut," tegasnya.

Berbeda dengan timnas laki-laki yang dipatok target tinggi, PSSI bersikap lebih realistis dalam pencapaian timnas perempuan Indonesia di Piala AFF U16 dan Piala AFF usia bebas. Target tak muluk-muluk PSSI kepada timnas perempuan dikarenakan tim baru terbentuk.

"Target kami untuk timnas perempuan adalah menjadikan mereka sebagai tim yang solid dulu. Baru setelah solid, kami akan berbicara prestasi," terangnya.

Komentar