[Preview] Atletico Madrid vs Chelsea

Taktik

by redaksi

[Preview] Atletico Madrid vs Chelsea

Chelsea datang ke Vicente Calderon dengan raut wajah kekecewaan setelah mereka ditekuk di Stamford Bridge oleh Sunderland 2-1 akhir pekan lalu. Melawan Atletico Madrid di depan publik mereka sendiri tentu amat sangat tak sulit.

Striker andalan Los Rojiblancos Diego Costa yang beberapa pekan sebelumnya mengalami cedera tampaknya bisa diturunkan di laga ini untuk diduetkan bersama David Villa.

Kekhawatiran Simeone adalah kebugaran dari Arda Turan. Pemain berdarah turki ini kemungkinan akan absen. Perannya akan digantikan oleh Andrian, Diego atau mungkin Cristian Rodriguez. Pada posisi gelandang bertahan, Gabi dan Tiago baru-baru ini menjadi kemitraan yang disukai oleh Simeone.

Pada lini belakang Diego Godin dan Miranda tetap jadi pilihan utama. Sedangkan Filipe Luis dan Juanfran tetap mengisi fullback di kiri dan kanan.

Dengan formasi 4-2-2 perhatian utama Simeone adalah untuk mengontrol ruang, bukan kepemilikan ruang, dengan formasi itu jadi suatu kerangka kerja yang baik membentuk sistem defensif bagi timnya.

Kekuatan Atletico adalah pertahanan mereka. Mereka hanya kebobolan lima kali dalam 10 pertandingan Liga Champions, dan 22 kali di La Liga. Soliditas empat bek dibelakang jelas itu kuncinya, tapi itu semua tak akan terjadi tanpa adanya kekompakan seluruh tim.

seluruh pemain bekerja sangat keras bergerak kesana kemari lewat pergerakan tanpa bola. Hal ini membuat seluruh posisi menjadi kompak, lapang seolah jadi sempit dan lawan pun akan kesulitan menembus barisan pertahanan karena terus ditekan melalui pressing-pressing yang ketat.

Sementara itu dikubu Chelsea dikabarkan Ivanovic akan dibangkucadangkan dari posisi fullback kanan. Perannya kemungkinan besar diisi David Luiz yang digeser kesana.  Dipasangnya Luiz disana jelas untuk mematikan Costa.  Pemain ini memang cenderung bekerja di sayap. Diharapkan Luiz dapat mematikan Costa.

Dengan memasang Luiz di belakang,otomatis fullback Chelsea akan timpang. imbasnya dinamika di lini tengah akan terganggu. Patut ditunggu apakah peran Mourinho lewat Luiz ini dapat membuat The Blues membawa poin penuh dari Calderon.

(wam)

Komentar