Siapa Lagi Pemain yang Manchester United Butuhkan?

Taktik

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor of Pandit Football Indonesia, manager of Box2Box Media Network, podcaster of Footballieur, creative writer of Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Siapa Lagi Pemain yang Manchester United Butuhkan?


Lini Tengah

Kemudian di tengah, United membutuhkan sosok gelandang energik yang bisa diandalkan di depan tiga bek. Seorang pemain yang tidak enggan untuk bermain keras. Dalam 3-5-2 Louis van Gaal, sosok seperti Nigel de Jong adalah yang ia butuhkan, seperti di tim nasional Belandanya.

Pemain-pemain yang van Gaal miliki sekarang adalah Darren Fletcher, Michael Carrick, Herrera, dan Marouane Fellaini. Selain Fellaini, yang entah kenapa selalu diisukan hengkang, tidak ada pemain bertipikal fisikal di United.

United dikabarkan mengincar Daley Blind. Pemain ini adalah incaran yang pas untuk United. Ditambah dengan kedatangan Rojo, Blind bisa mengisi alternatif posisi di wing-back kiri maupun gelandang bertahan.

Bahkan jika ingin bertukar peran dengan Rojo pun, ia bisa saja bermain sebagai bek tengah kiri dan Rojo sebagai wing-back kiri.

Selain itu, ada tipikal pemain pendistribusi bola dari belakang ke depan. Sosok yang sejauh ini dapat diperankan dengan baik oleh Carrick maupun Herrera. Jadi, kalau mau memilih-milih prioritas, gelandang bertipikal ini memang penting tapi tidak terlalu bersifat urgent.

Target: Arturo Vidal dan Daley Blind

Vidal-Blind

Perbandingan statistik Vidal dan Blind sepanjang musim 2013-2014


Pemain Kreatif

Selanjutnya United saat ini harus memiliki pemain yang memiliki kecepatan dan kreativitas. Posisi wing-back kiri adalah sorotan utama di sini, ketika hanya Shaw, Rojo, dan Reece James saja yang bisa mengisinya (bukan Ashley Young).

Penjualan Alexander Buttner menjadi terlihat sebuah blunder jika van Gaal ingin bermain dengan 3-5-2. Jika United tidak berhasil mendatangkan salah satu di antara bek tengah baru atau wing-back baru, posisi ini akan menjadi bencana.

Khusus untuk pemain kreatif, di tahun-tahun terbaiknya United selalu memiliki Ryan Giggs, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Carlos Tevez, bahkan Antonio Valencia. Sementara sekarang jika melihat skuat yang ada, maka akan timbul siapa yang bisa memberikan perubahan di United.

Mungkin jawabannya hanya Adnan Januzaj saja. Tetapi ia memiliki kelemahan pada caranya bertahan. Pada 3-5-2, ia adalah tipikal pemain depan, bukan pemain sayap, apalagi wing-back.

Target: Angel di Maria

Di Maria

Statistik Angel di Maria sepanjang musim 2013-2014


Nomor punggung 7, 9, 15, dan 17 masih tidak bertuan di United. Empat pemain baru yang tepat adalah pemain yang pas untuk mengenakan nomor-nomor tersebut musim ini.

Namun, musim 2014-2015 akan ada banyak hal yang membuat pemain menimbang-nimbang alasan untuk bermain di United. Selain uang, kita juga harus mengingat bahwa tidak ada pertandingan level Eropa di Old Trafford sepanjang musim ini. Jendela transfer masih dibuka sampai akhir Agustus nanti, kita lihat saja siapa yang akan datang dan siapa yang akan pergi.

Komentar