Menilai Penampilan Perdana Daley Blind

Taktik

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Menilai Penampilan Perdana Daley Blind

Daley Blind menjalani pertandingan pertamanya dengan hasil manis, MU berhasil menang telak empat gol tanpa balas atas QPR. Pemain yang didatangkan dari Ajax di hari terakhir bursa transfer tersebut tampil gemilang sebagai gelandang bertahan.

Bergantinya formasi dari tiga ke empat bek dengan dua fullback yang aktif menyerang membuat MU butuh sosok yang mampu melindungi pertahanan di lini tengah. Blind bertugas untuk menjadi pemain yang harus menghadapi lawan sebelum bola masuk ke area sepertiga akhir.

Sebagai debutan, pemain berusia 24 tahun memang tampil bersinar, hanya saja tertutup oleh bintang lainnya pada pertandingan malam itu Di Maria. Tetapi satu yang harus diingat bahwa QPR tidak memberi ujian berarti untuk Daley Blind. Transisi dari bertahan ke menyerang yang dilakukan Redknapp berjalan lambat, selain itu tidak ada tekanan yang dilakukan tim tamu saat bertahan.

Harry Redknapp memilih menunggu di belakang dan hanya meninggalkan Charlie Austin sendirian di depan ketika diserang. Hal ini tentu membuat Blind dengan leluasa menguasai dan membagi bola ke Di Maria ataupun Herrera di depannya. Untuk selanjutnya diteruskan ke area sepertiga akhir  oleh dua pemain tersebut. Perhatikan grafis umpan Blind berikut:

Blind

Grafis umpan Daley Blind vs QPR [statszone]


Hanya saja menilai seorang pemain dari dari satu pertandingan dan hanya melawan tim sekelas QPR bukanlah sesuati yang adil. Jika kita membandingkannya dengan materi pemain yang dimiliki dan sejarah klub misalnya.

Belum bisa membayangkan apabila Blind sedang menguasai bola dan menerima pressing dari Manchester City. Atau menghadapi serangan balik cepat melalui kombinasi tengah dan sayap seperti Arsenal. Naiknya kedua fullback membuat pemain Belanda ini harus cermat dalam menghadapi sebuah keputusan, apalagi ia harus bekerja seorang diri dalam formasi diamond yang diterapkan Van Gaal.

Nilai tinggi boleh diberikan pada Daley Blind pada pertandingan kali ini, tetapi seperti yang dijelaskan di atas bahwa kemampuannya masih perlu mendapat beberapa ujian.

Komentar