Manfaat Latihan di Pantai

Sains

by redaksi

Manfaat Latihan di Pantai

Salah satu tim Liga Super Indonesia, Persib Bandung, baru saja menjalani latihan di daerah Pantai Pangandaran. Mengisi waktu jeda kompetisi yang sedang libur selama masa pemilihan umum ini. Untuk menghindari rasa jenuh para pemain dalam berlatih, melakukan latihan di tempat yang tidak biasanya memang dapat menjadi alternatif solusi mengatasi kebosanan.

Namun, manfaat latihan di pantai yang dilakukan oleh Persib Bandung sebenarnya tidak semata-mata hanya karena faktor kebosanan. Terdapat beberapa keuntungan yang didapat dari latihan di atas pasir pantai ketimbang di lapangan rumput biasa.

Kontur pasir pantai yang cenderung tidak stabil jika dibandingkan lapangan rumput akan memberikan beban tersendiri bagi otot kaki dalam melangkah. Otot-otot yang berperan saat kaki melangkah seperti otot bokong, otot paha, dan otot kaki bagian bawah akan mengeluarkan usaha lebih besar ketimbang saat melangkah di lapangan rumput. Beberapa orang mengatakan berlari di pantai layaknya berlari dengan membawa beban di ankle. Dengan begitu, efek latihan yang diterima para pemain juga akan lebih baik ketimbang latihan di lapangan rumput.

Di sisi lain, berlatih di atas pasir pantai juga membuat beban yang sendi-sendi pada kaki anda menjadi lebih kecil. Hal ini disebabkan kondisi pasir yang lebih empuk ketimbang lapangan rumput. Dengan begitu gaya reaksi saat kaki berpijak di pasir pantai akan lebih teredam ketimbang jika kaki berpijak di lapangan rumput, sehingga sedikit banyak ancaman cedera akan dapat berkurang.

Fisik akan mendapatkan porsi paling besar dalam latihan di daerah pantai. Namun tentu dibutuhkan perencanaan latihan yang baik agar pemain tidak mengalami overload dalam latihan.

Komentar