Mengenal Istilah-istilah Statistik di Sepakbola

Sains

by Dex Glenniza 350980 Pilihan

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor of Pandit Football Indonesia, manager of Box2Box Media Network, podcaster of Footballieur, creative writer of Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Mengenal Istilah-istilah Statistik di Sepakbola

Istilah statistik pada aksi bertahan

Selain menyerang, bertahan juga menjadi salah satu bagian terpenting dari permainan sepakbola. Untuk aksi bertahan atau defensive action, adalah seluruh aksi yang dilakukan oleh pemain dalam rangka bertahan.

Kita mengenal sapuan atau clearance, yaitu pemain yang sedang dalam tekanan akan berusaha membuang bola dari defensive half. Sapuan gagal atau failed clearance adalah sapuan yang belum sampai ke opposition half tapi bola sudah dikuasai oleh lawan. Sementara sapuan berhasil atau successful clearance adalah sapuan yang sampai ke opposition half atau juga yang membuat bola keluar lapangan.

Selanjutnya ada blok atau block, yaitu usaha pemain dalam memblok tembakan. Ada pula usaha pemain dalam memblok umpan silang, namun hal ini masuk ke dalam kategori blok umpan atau cross blocked.

Kemudian intersep atau intercept adalah ketika pemain memotong operan lawan. Banyaknya statistik intersep biasanya menandakan pemain tersebut memiliki penempatan posisi yang bagus, serta rekan-rekannya yang mampu menekan pemain lawan sehingga lawan salah mengoper.

Ketiga statistik aksi bertahan ini biasa dijumlahkan untuk menghasilkan statistik CBI (clearance, block, and intercept). Sementara statistik tekel akan kami bahas pada statistik pada duel setelah ini.

Kita juga mengenal istilah pemulihan penguasaan atau ball recovery yang berarti situasi di mana pemain bisa mendapatkan penguasaan bola. Statistik ini sangat erat kaitannya dengan usaha menekan (pressing). Semakin baik, efektif, dan efisiennya tekanan, biasanya akan semakin banyak juga ball recovery yang dicatatkan.

Mengingat kesebelasan sangat rentan jika diserang, statistik mengenai kesalahan atau blunder atau defensive error juga ditambahkan, yaitu kesalahan yang menghasilkan tembakan lawan atau error leading to shot dan kesalahan yang menghasilkan gol bagi lawan atau error leading to goal.


Indeks:

1. Istilah statistik pada operan
2. Istilah statistik pada tembakan
3. Istilah statistik pada peluang
4. Istilah statistik area lapangan
5. Istilah statistik pada aksi bertahan
6. Istilah statistik pada duel
7. Istilah statistik pada kiper

Komentar