Tipuan Prediksi Hasil Pertandingan

Piala Dunia

by redaksi

Tipuan Prediksi Hasil Pertandingan

Jerman berhasil menjadi juara Piala Dunia 2014, setelah mengalahkan Argentina melalui gol tunggal Götze pada babak kedua tambahan waktu. Beberapa saat setelah pertandingan berakhir, muncul sebuah akun Twitter @FifNdhs yang berisi prediksi pertandingan final tersebut.

Dari lima kicauan yang dilontarkan @FifNdhs, semua tepat sesuai jalannya pertandingan bahkan tak cuma hasil akhir tetapi hingga detail. Mulai dari pencetak gol Götze hingga waktu gol tersebut akan terjadi, yakni babak kedua tambahan waktu. Mendadak akun yang saat tulisan ini dibuat mempunyai follower 23.000, menjadi perbincangan. Banyak yang percaya karena jika dilihat dari waktu kicauan sekitar 14 jam sebelum pertandingan.

Tetapi ada yang aneh dari akun tersebut, yakni baru dibuat pada tanggal 13 Juli 2014. Kedua, @FifNdhs baru mempunyai lima kicauan dan semuanya tentang prediksi pertandingan antara Jerman melawan Argentina. Pertanyaanya kemudian, siapa yang menemukan dan menyebarkan isi kicauan jika akun tersebut baru seumur jagung. 

Hal seperti ini sebenarnya juga bukan barang baru, pada saat undian perempat final Liga Champions yang lalu muncul akun @uefacorruption. Isinya bukan tentang hasil, tetapi prediksi undian pertandingan. 

perempat final

Semula banyak yang percaya dan mencurigai UEFA sengaja mengatur pertandingan. Tetapi kemudian cara yang dipakai akun @uefacorruption terbongkar. Caranya adalah dengan menulis semua kemungkinan yang ada, baru kemudian menghapus yang salah.

cara tweet

Sehingga hanya tersisa pertandingan yang sesuai dengan undian saja. Untuk mencegah kicauan terbongkar, akun tersebut mem-protect sementara agar tidak terdeteksi pada kolom pencarian Twitter. Baru kemudian membuka kembali setelah selesai menyesuaikan isi kicauan dengan hasil undian resmi.

Bagaimana? Mudah bukan menjadi peramal dan mendapatkan follower dadakan berjumlah puluhan ribu. Oh ya, untuk melancarkan aksi ini sebaiknya anda bekerja sama dengan akun sepakbola yang mempunyai banyak follower agar cepat menyebar dan menjadi perbincangan di dunia maya.

(amp)

Komentar