Polemik Klausul Buy-Back Thorgan Hazard

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Polemik Klausul Buy-Back Thorgan Hazard

Oleh: Adhyasta Dirgantara*

Thorgan Hazard tampil memukau pada paruh musim 2018/19 ini. Bersama Borussia Monchengladbach, ia telah menorehkan 9 gol serta 8 asis “hanya” dari 19 penampilan. Jika ditotal, torehannya setengah musim ini sudah melampaui catatan gol dan asisnya musim lalu, di mana ia mencatatkan 10 gol serta 5 asis dari 34 pertandingan.

Pada pertandingan terakhirnya (vs Schalke), Thorgan juga berhasil melakukan 11 dribel. Angka tersebut menjadi dribel sukses terbanyak dalam satu pertandingan di Bundesliga musim ini.

Atas catatan mengilap tersebut Thorgan mulai menghiasi rumor transfer. Liverpool, AS Roma, Tottenham Hotspur, Borussia Dortmund, hingga Atletico Madrid disebut menginginkan jasanya.

Selain kesebelasan-kesebelasan di atas, Chelsea juga dirumorkan ingin merekrutnya. Namun, kelihatannya hanya suporter mereka yang menginginkan Thorgan untuk kembali ke Chelsea. Mereka mulai khawatir dengan Eden Hazard yang tak kunjung memperpanjang masa baktinya di Chelsea.

Selain karena masalah kontrak, mereka juga sangsi dengan Eden (Hazard) yang masih memiliki hasrat untuk bermain di tim asal London tersebut. Kita semua tahu bahwa ia selalu dikaitkan dengan Real Madrid sejak 2018 lalu. Bahkan, bulan lalu, ketika ia ditanya oleh salah satu media asal Perancis mengenai potensi kepindahannya ke Real Madrid, ia menjawab, “Kenapa tidak? Kalian sudah tahu jawabannya. Kalian menanyakan sebuah pertanyaan yang kalian sendiri sudah tahu jawabannya. Jadi, jangan tanya itu lagi!”

Apabila Eden benar-benar pergi dari Chelsea, maka The Blues memiliki Willian, Pedro, Hudson-Odoi, dan Christian Pulisic, (baru akan bergabung musim panas 2019 nanti) di sektor sayap. Masalahnya, dua nama pertama (Willian dan Pedro) sudah berumur di atas 30 tahun selain konsistensi performa mereka dipertanyakan. Sedangkan untuk Callum Hudson-Odoi, baru-baru ini ia menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan oleh manajemen Chelsea sehingga masa depannya juga diragukan. Praktis, juara bertahan FA Cup ini diprediksi akan kekurangan stok pemain sayap dan harus sesegera mungkin mencari sosok baru. Harapan pun jatuh kepada Thorgan Hazard yang notabene adalah adik kandung dari Eden Hazard.

Sebenarnya, Thorgan sudah pernah berseragam Chelsea. Ia bergabung dari Lens pada 2012 lalu dengan mahar 450 ribu paun. Akan tetapi ia tidak pernah memainkan satu pertandingan kompetitif sekalipun di Chelsea. Alih-alih bermain, ia justru selalu dipinjamkan ke klub lain tiap tahunnya; dua musim bersama Zulte Waregem (Belgia), satu musim bersama Borussia Monchengladbach (Jerman).

Akhirnya, Borussia Monchengladbach menebusnya dengan harga 5,9 juta paun pada 2015. Thorgan disodori kontrak selama lima tahun dan kabarnya ada buy-back clause atau klausul pembelian kembali di dalam kesepakatan antara Chelsea dan Monchengladbach.

Klausul itulah yang membuat fans Chelsea merasa yakin bahwa Thorgan dapat kembali ke Chelsea dengan mudah. Lebih-lebih, dalam sebuah wawancara bersama Metro, Thorgan mengungkapkan kalau opsi buy-back memang benar adanya dan ia pun berharap bisa bermain untuk Chelsea.

“Itu benar bahwa Chelsea memiliki opsi buy-back. Aku senang dengan adanya kesepakatan tersebut karena aku masih berharap bisa bermain untuk Chelsea suatu saat nanti,” ungkap Thorgan kala itu. “Meski demikian, itu hanya sebuah target. Untuk saat ini, fokusku hanya untuk Borussia Monchengladbach. Tapi tetap saja aku masih berharap bisa bermain untuk Chelsea.”

Dari hasil wawancara tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa klausul buy-back memang benar-benar ada di dalam kesepakatan. Tidak hanya itu, kita juga tahu bahwa Thorgan masih memiliki mimpi untuk memainkan pertandingan bersama Chelsea. Dengan kata lain, ini merupakan angin segar bagi para suporter Chelsea yang sangat mengharapkan adik kandung Eden Hazard tersebut untuk kembali ke London.

Namun, kejelasan mengenai klausul buy-back yang dimiliki Chelsea untuk memboyong kembali Thorgan Hazard mulai memudar pada 2016 lalu. Adalah Max Eberl selaku Direktur Olahraga Borussia Monchengladbach yang memupuskan harapan tersebut. Ia mengatakan kalau tidak ada klausul tersebut di dalam kesepakatan transfer Thorgan dari Chelsea.

“Tidak ada klausul tersebut,” tegas Eberl kepada Express. “Saya tidak mau berkomentar lebih lanjut perihal kontrak. Tapi kami juga tidak menutup-nutupi sesuatu mengenai kontrak Thorgan.”

Selain itu, Eberl juga mengatakan kalau Chelsea memiliki hak untuk memantau setiap mantan pemainnya. “Kalau kami mendapatkan pemain top dari Chelsea, kemudian mereka terus memantaunya, tentu saja mereka memiliki kesempatan itu untuk melihat perkembangan dari mantan pemainnya dan mempertimbangkannya kembali,” jelas pria berusia 45 tahun tersebut.

Pernyataan Thorgan dan Max Eberl sangat bertolak belakang, padahal mereka berada dalam satu naungan yang sama, yakni salah satu raksasa Bundesliga, Borussia Monchengladbach. Bahkan Thorgan pun bingung sendiri mengenai status klausulnya tersebut.

“Sejujurnya, aku sama sekali tidak tahu apakah klausul tersebut ada atau tidak. Ayahku (Thierry Hazard) sedang mengurus itu sekarang. Terkadang, aku mendengar bahwa klausul buy-back itu ada. Tapi untuk saat ini, aku akan berkata tidak ada klausul tersebut. Terus terang, aku tidak tahu,” aku Thorgan pada Onze Mondial.

Terlepas dari ada atau tidaknya klausul itu, Thorgan menyatakan bahwa ia senang berada di Monchengladbach saat ini. Satu-satunya yang tidak berubah adalah ia tetap berharap bisa bermain untuk Chelsea.

“Bukannya aku tidak peduli, tapi aku tidak terlalu memusingkan itu. Aku senang berada di sini. Jika Chelsea mau membeliku (lagi) suatu saat nanti, aku pikir mereka akan melakukannya, tidak masalah sama sekali. Sebenarnya, baik klausul tersebut ada atau tidak, itu sama saja. Seandainya Chelsea menginginkanku, mereka pasti akan menebus transferku dan membawaku kembali ke London,” ujar pemain asal Belgia ini.

Pada akhirnya, kita semua tahu bahwa sang pemain yang bersangkutan tidak yakin dengan isi dari kontraknya sendiri dan memilih untuk tidak memikirkannya lebih lanjut. Akan tetapi, kelihatannya Thorgan berpeluang untuk kembali memikirkannya. Sebab, baru-baru ini media asal Jerman, Bild, menyatakan bahwa ada kans besar untuk Thorgan hijrah ke Chelsea pada bursa transfer musim panas 2019 nanti. Kita nantikan saja.


*Penulis merupakan mahasiswa jurusan jurnalistik. Bisa dihubungi lewat akun Twitter di @adhyastadrg dan Instagram di @adhyastadrg

**Tulisan ini merupakan hasil kiriman penulis melalui kolom Pandit Sharing. Segala isi dan opini yang ada dalam tulisan ini merupakan tanggung jawab penulis.

Komentar