(1 September) Hari Bagi Liverpool FC

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(1 September) Hari Bagi Liverpool FC

Jika ada tanggal yang cukup spesial bagi Liverpool FC, mungkin salah satu di antaranya adalah 1 September. Pada tanggal tersebut, terdapat situasi-situasi menarik yang berhubungan dengan tubuh klub yang bermarkas di Anfield Stadium ini. Berikut adalah beberapa peristiwa penting bagi Liverpool yang terjadi pada tanggal 1 September.

Liverpool Memainkan Partai Pertama Mereka di Anfield

Pada 1 September 1892, Liverpool memainkan pertandingan pertamanya di Anfield Stadium, menghadapi Rotherham Town dalam sebuah pertandingan persahabatan. Liverpool memenangkan pertandingan dengan skor 7-1. Sebelum digunakan oleh Liverpool, pada awalnya Anfield adalah kandang dari Everton, sebelum mereka pindah ke Goodison Park karena ada masalah dalam hal penyewaan.

Dalam pertandingan perdana The Reds ini, hanya 200 orang yang hadir di Anfield, yang saat itu berkapasitas 20.000. Namun, semakin lama penonton yang hadir pun semakin bertambah. Jika pada pertandingan pertama Liverpool di Anfield hanya 200 orang yang hadir, pada saat pertandingan pembuka Lanchasire League melawan Lincoln City FC, tercatat 5.000 orang yang datang.

Rekor kehadiran penonton terbanyak di Anfield terjadi dalam pertandingan babak kelima Piala FA melawan Wolverhampton Wanderers pada 2 Februari 1952. Saat itu stadion Anfield masih memiliki teras. Ketika teras dihilangkan dan semua menggunakan tempat duduk, rekor penontonnya pecah saat Liverpool menghadapi Tottenham Hotspur pada 2006. Jumlah penontonnya saat itu 44.983.

Anfield pada akhirnya menjadi kandang yang ramah bagi Liverpool. Bahkan, di sana juga tercatat beberapa pertandingan yang akan dikenang, seperti Liverpool-Arsenal yang berkesudahan 4-4, lalu pertandingan Liverpool melawan Borussia Dortmund yang berkesudahan 4-3.

Saat Pemain-Pemain Liverpool Mengalahkan Timnas Jerman

Pada 1 September 2001, Inggris mengalahkan Jerman dengan skor 5-1 dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2002 di Olympiastadion, M√ľnchen. Dua tim ini memang memiliki sejarah rivalitas yang cukup sengit, yang bermula dari kejadian "Wembley Tor" pada Piala Dunia 1966, saat gol Geoff Hurst disahkan oleh wasit dalam pertandingan final antara Inggris melawan Jerman Barat. Dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2002, kedua tim kembali dipertemukan.

Jerman sebenarnya unggul cepat dalam pertandingan ini melalui Carsten Jancker pada menit ke-6. Namun, perlahan Inggris mulai mampu bangkit dan menyamakan kedudukan lewat penyerang andalannya Michael Owen, enam menit kemudian. Lalu, Inggris berbalik unggul lewat gol yang dicetak oleh Steven Gerrard pada akhir babak pertama.

Babak kedua pun murni menjadi milik Inggris. Michael Owen kembali menambah pundi-pundi golnya dalam pertandingan ini pada menit ke-48 dan ke-66. Lalu, gol terakhir berhasil dilesakkan oleh Emile Heskey, pada menit ke-74. Kemenangan ini pun menjadi kemenangan dengan selisih terbesar sepanjang duel Inggris melawan Jerman.

Namun, di balik kemenangan besar yang dicetak Inggris ini, ada catatan lain yang menarik untuk disimak. Ketiga pemain yang mencetak gol dalam pertandingan tersebut: Michael Owen, Steven Gerrard, dan Emile Heskey, semuanya adalah pemain Liverpool!

Maka, bisa dibilang bahwa yang mengalahkan Jerman ketika itu adalah, Liverpool.

foto: liverpoolfc.com

Komentar