On This Day 1947, Lahirnya Hendrik Johannes Cruyff

Backpass

by redaksi

On This Day 1947, Lahirnya Hendrik Johannes Cruyff

Tepat hari ini 25 April, salah satu legenda sepakbola Belanda merayakan ulang tahunnya. Pria yang lebih akrab disapa Johan Cruyff ini lahir di Amsterdam. Yang membuat dirinya istimewa adalah kariernya di dunia sepakbola. Cruyff tidak cuma piawai memainkan si kulit bundar sebagai pemain namun juga sukses sebagai sosok manajer.

Cruyff mengawali karier sepakbola di klub Ajax Amsterdam saat usianya baru menginjak 10 tahun. Cruyff kemudian baru melakukan debut pertamanya sebagai pemain senior saat berusia 17 tahun dan langsung mencetak gol pada saat itu meski pada akhir pertandingan timnya kalah dari Groningen dengan skor 3-1.

Baru musim berikutnya Cruyff mulai menunjukkan bakatnya dengan mengantarkan Ajax menjadi juara liga. Tak hanya itu, sebagai penyerang ketajamannya sudah mulai teruji dengan mencetak 25 gol dari total 23 penampilannya pada musim tersebut.

Sebelum dibeli oleh Barcelona pada musim panas 1973, tak kurang dari 20 gelar berhasil dia persembahkan bagi klub masa kecilnya tersebut. Cruyff juga turut andil dalam membawa Ajax menjadi klub paling sukses di Belanda.

Pindah ke Barcelona pemain nasional Belanda ini langsung membawa berkah dengan meraih gelar Liga Spanyol. Namun sayang setelah itu trofi seperti enggan mampir ke Camp Nou. Karirnya di Barca ditutup dengan gelar Copa Del Rey pada tahun 1978.

Cruyff kemudian berpetualang dengan berpindah - pindah klub dari Los Angels Aztecs, Washington Diplomats, Levante, dan kembali ke Ajax, Cruyff akhirnya memutuskan gantung sepatu di Feyenoord pada musim 1983/84.

Meski menjadi pemain sepakbola Belanda paling terkenal, namun bersama tim nasional tak satupun gelar berhasil diraih de oranje. Pencapaian terbaiknya adalah menjadi runner up Piala Dunia 1974 dan menjadikannya sebagai salah satu hasil "cetakan" Total Football Belanda.

Setelah gantung sepatu dirinya lantas beralih menjadi manajer. Dua tim yang membesarkan namanya yakni Ajax dan Barcelona kemudian yang merasakan sentuhannya. Puncak prestasi yang ia raih adalah mempersembahkan gelar juara Liga Champions pertama bagi Barcelona pada musim 1991/1992. Cruyff sendiri wafat pada 24 Maret 2016.


(amp)

Komentar