Yang Menarik dan Ditunggu dari Piala Dunia Perempuan 2015

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Yang Menarik dan Ditunggu dari Piala Dunia Perempuan 2015

Pagelaran sepakbola perempuan terbesar di dunia yang diselenggarakan di Kanada sudah berlangsung hampir sepekan yang lalu. Sejumlah pertandingan juga sudah digelar. Bintang-bintang dan bakat-bakat sepakbola perempuan akan dan sedang menyuguhkan aksi terbaiknya demi membela panji negara masing-masing menuju puncak kejayaan dalam sejarah persepakbolaan perempuan.

Piala Dunia yang digelar di Kanada merupakan gelaran ketujuh. Pertama kali dilaksanakan pada 1991 di Cina, Piala Dunia Perempuan ini telah mengalami evolusi dari waktu ke waktu, baik dari jumlah peserta maupun peningkatan kualitas peserta.

Sebagai contoh, pada 2011 lalu, peserta Piala Dunia Perempuan hanya berjumlah 16 kesebelasan saja dan kini sudah menjadi 24 peserta. Bahkan delapan dari 24 kesebelasan yang berlaga merupakan tim debutan yaitu antara lain Spanyol, Belanda, Swiss, Kamerun, Kosta Rika, ekuador, Pantai Gading dan Thailand.

Khusus untuk Thailand, kehadiran mereka di Piala Dunia 2015 ini menjadi satu-satunya (sejauh ini) negara di Asia Tenggara yang bisa lolos ke Piala Dunia. Sedangkan Jepang, yang menjadi juara di Piala Dunia 2011 yang dihelat di Jerman, merupakan negara asia pertama dan satu-satunya yang pernah menjadi juara dunia.

Prestasi membanggakan yang diraih Jepang, juga reputasi bagus yang dimiliki kesebelasan perempuan Cina, memperlihatkan dengan sangat baik keseriusan federasi mereka untuk membina dan mengembangkan sepakbola perempuan. Lolosnya Thailand jelas memperlihatkan keseriusan yang sama dalam mengembangkan sepakbola perempuan di negaranya.

Dengan munculnya beberapa kejutan, mereka diharapkan bisa mengimbangi peta persaingan sepakbola perempuan yang didominasi Amerika Serikat dan Jerman -- yang masing-masing sudah dua kali menjadi juara dunia. Tahun ini pun begitu, kedua kesebelasan tersebut masih jadi unggulan bersama Jepang yang berstatus sebagai juara bertahan.

Penyelengaraan Piala Dunia 2015 ini juga menjadi Piala Dunia Perempuan pertama sepanjang sejarah yang akan dilakukan di lapangan sintetis. Kendati diprotes berbagai pihak, FIFA tetap bergeming. Selain itu, goal line-technology juga akan digunakan sebagaimana digunakan dalam Piala Dunia 2014 lalu di Brasil.

Supaya lebih jelas, kami mencoba menyajikan beberapa serba-serbi Piala Dunia Perempuan dalam sajian infografis di bawah ini:

WWC 2015 copy


Infografis diolah dari berbagai sumber

Komentar