Pemeran di Balik Skandal Kasus Suap FIFA

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pemeran di Balik Skandal Kasus Suap FIFA

Dunia sepakbola internasional gempar. Beberapa hari yang lalu, para pejabat eksekutif FIFA satu persatu ditahan atas dugaan kasus suap  yang melibatkan organisasi tertinggi sepakbola tersebut. Singkat cerita, FBI yang bekerja sama dengan pemerintah Swiss meringkus para terduga di hotel Baur Au Lac, salah satu hotel megah di kawasan Swiss.

Memang tak ada nama presiden FIFA, Sepp Blatter dalam daftar para tersangka yang diringkus oleh Polisi, namun ada nama Jeffrey Webb yang masih aktif menjabat sebagai wakil presiden FIFA dan wakil lainnya yaitu Eugenio Figueredo yang kini sudah mengundurkan diri. Tak ketinggalan, salah satu mantan wakil presiden FIFA pun ikut tersangkut yaitu Jack Warner yang disinyalir menerima Aliran dana suap  dari Afrika Selatan saat pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010 lalu.

Tulisan lainnya tentang FIFA yang bisa anda baca:


Nama-nama di atas tentu baru "kepala-nya" saja. Pejabat lainnya seperti komite eksekutif FIFA pun tak luput dari kejaran para penegak hukum. Eduardo Li yang menjabat sebagai komite eksekutif terpilih serta Nicolas Leoz yang merupakan mantan komite eksekutif FIFA pun ikut terkena ciduk. Apalagi Nicolas Leoz terindikasi sebagai penadah suap dari aliran dana pemasaran dan media di gelaran Copa America. Selain dua tersangka tersebut, adapula Charles Blazer (mantan komite eksekutif FIFA) yang statusnya sudah menjadi terdakwa sebelumnya.

Selain berkutat dalam "lingkaran setan" para pejabat FIFA, aliran dana suap juga mengalir kepada perusahaan pemasaran olahraga dan perusahaan penyelenggara hak siar (broadcasting executive). Nama-nama yang tersangkut di luar FIFA ini kebanyakan berasal dari benua Amerika seperti  Alejandro Burzaco (Argentina), Aaron Davidson (United States), José Hawilla (Brazil) Hugo & Mariano Jinkis (Argentina) dan José Margulies (Brazil). Maka tak heran jiga negara-negera di Amerika Selatan kebayakan dari mereka mendukung rezim Blatter untuk terus berkuasa.

Supaya lebih jelas, kami mencoba menampilkan wajah-wajah para tersangka dibalik skandal kasus FIFA dalam sajian bagan infografis singkat di bawah ini:

Kasus Korupsi FIFA copy

Sumber grafis dan tulisan disadur dari nytimes.com

Komentar