Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Kiper Harga Ekonomis

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Kiper Harga Ekonomis

Fantasy Premier League (FPL) sudah di depan mata. Untuk mengawali pemilihan pemain, mari dimulai dari pemilihan penjaga gawang.

Di FPL yang memakai sistem poin terutama dari gol dan asis, memilih penjaga gawang sejujurnya tidak sepenting pemilihan gelandang atau penyerang; bahkan dibanding bek juga (terutama bek sayap) yang masih memungkinkan mencatatkan asis atau gol.

Namun sebenarnya pemilihan kiper di awal liga bergulir cukup krusial. Sebisa mungkin kiper yang kita miliki adalah kiper tetap, artinya jarang kita bongkar-pasang untuk ditransfer masuk maupun keluar.

Sama seperti musim lalu, kami juga menyarankan total bujet untuk kiper sebaiknya berkisar antara £9.0 sampai dengan £9.5 (total harga untuk dua kiper). Bujet demikian secara sederhana akan diaplikasikan dalam tiga strategi:

  1. Satu kiper andalan. Terdiri dari satu kiper andalan sepanjang musim yang harganya berkisar antara £5.0 sampai £6.0 ditemani oleh satu kiper seharga £4.0, yang pada musim ini sulit ditemui pada sosok kiper utama. Risikonya, tim FPL kamu jadi tidak mempunyai cadangan dan harus melakukan transfer kiper jika kiper tersebut cedera atau terkena larangan bermain. Risiko berikutnya, biasanya kiper andalan ada di kesebelasan besar, dan tentu saja memengaruhi batasan outfield player dari kesebelasan yang sama. Sebagai contoh, jika kita memasang Allison Becker, kita akan kehilangan kesempatan untuk memainkan, Trent Alexander Arnold, Mohamed Salah, dan Sadio Mane secara bersamaan.
  2. Rotasi dua kiper. Seperti dijelaskan di atas, pasangan ini bisa terdiri dari dua kiper yang bernilai £4.5 atau pasangan £4.5 dan £5.0. Pada intinya, sebisa mungkin memasangkan dua kiper yang bergantian mempunyai jadwal kandang. Untuk hal ini, kita harus kembali memerhatikan jadwal.

Robert Sanchez (£4.5) - Brighton & Hove Albion

Untuk kiper harga ekonomis, Robert Sanchez berada di urutan pertama sebagai kiper yang cukup menjanjikan. Di musim 2020/21 lalu, Robert Sanchez tampil cukup baik di bawah gawang Brighton & Hove Albion. Bermain di 27 pertandingan, Sanchez mencatatkan 10 kali nirbobol, melakukan 66 kali penyelamatan dan mendapatkan delapan kali bonus poin. Total, Sanchez menghasilkan 101 poin FPL bagi para manajer yang mempercayakan dirinya sebagai kiper utama.

Untuk jadwal pertandingan di pekan-pekan awal, Sanchez dan Brighton memiliki jadwal yang cukup mudah di mana mereka tak akan bertemu dengan tim-tim Big Six. Brighton akan berhadapan dengan Burnley di GW1, Watford di GW2, Everton di GW3, Brentford di GW4, dan Leicester City di GW5.

Di musim lalu, Brighton hanya kebobolan 46 gol di mana jumlah tersebut menjadi tersedikit ke tujuh di antara tim lainnya. Maka dari itu, Sanchez bisa jadi pilihan terbaik di harga ekonomis.

Martin Dubravka (£4.5) - Newcastle

Dalam tiga pertandingan awal musim 2021/21, Dubravka bisa masuk ke dalam daftar belanja di kiper harga ekonomis kalian. Newcastle akan memainkan dua laga kandang menghadapi West Ham (GW1) dan Southampton (GW3), serta memainkan laga tandang ke Aston Villa (GW2).

Untuk catatan statistik pribadi di musim lalu, kiper asal Slovakia tersebut tampil cukup baik. Dari 13 pertandingan terakhir sebelum liga berakhir, Dubravka berhasil catatkan 3 nirbobol dan melakukan 45 kali penyelamatan.

Daniel Bachmann (£4.5) - Watford

Lini pertahanan Watford menjadi yang terbaik di ajang Championship musim 2020/21. Watford tercatat sebagai tim dengan jumlah kebobolan tersedikit dengan total 30. Selain itu, Watford juga mencatatkan 23 nirbobol dari 46 laga yang mereka mainkan.

Daniel Bachmann jadi salah satu kunci sukses Watford tampil baik dan memastikan diri promosi ke Premier League. Sejak pertengahan musim, ia dipercaya menjadi kiper utama Watford menggeser posisi Ben Foster yang menjadi kiper utama sebelumnya.

Dari lima pertandingan awal Premier League, Watford hanya bertemu dengan salah satu tim Big Six, yaitu Spurs di GW3. Cukup menarik menempatkan namanya di skuad utama kalian di awal musim ini dengan harga yang sangat ekonomis.

Vicente Guaita (£4.5) - Crystal Palace

Meski Crystal Palace di musim lalu tercatat sebagai tim dengan kebobolan terbanyak ketiga (66 kebobolan), peran Guaita tak bisa dikesampingkan. Guaita tercatat sebagai kiper dengan total penyelamatan terbanyak ke 9 dari kiper lainnya dengan total 106 penyelamatan. Selain itu, Guaita juga tercatat melakukan 8 kali nirbobol.

Dalam lima pertandingan awal, Crystal Palace akan berhadapan dengan Chelsea (GW1), Brentford (GW2), West Ham (GW3), Spurs (GW4), dan Liverpool (GW5). Dengan harga yang ekonomis, namanya bisa masuk kiper cadangan kalian atau bahkan bisa berspekulasi menempatkan namanya di skuad utama dan berharap dirinya melakukan banyak penyelamatan hingga mendapatkan bonus poin.

Komentar