Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Kiper Harga Menengah dan Premium

Fantasy Premier League

by Redaksi 21

Redaksi 21

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Kiper Harga Menengah dan Premium

Setelah cukup yakin memilih kiper kedua dengan harga ekonomis di bawah £5.0, kini saatnya memilih kiper utama dengan harga menengah atau premium. Kiper di harga £5.0 - £6.0 biasanya kita pilih untuk ditempatkan sebagai kiper utama tim FPL kita, maka dari itu, dari nama-nama yang akan kami bahas merupakan kiper yang sudah mendapatkan jaminan bermain atau merupakan tim utama di timnya masing-masing.

Kiper Harga Menengah (£5.0)

Dari daftar kiper harga menengah, hanya ada 10 kiper yang dihargai £5.0 oleh FPL. Di Urutan pertama, kami memilih David De Gea (Man United, £5.0) untuk bisa masuk daftar belanja di awal musim ini. De Gea kemungkinan besar akan kembali mendapatkan tempat utama di skuad asuhan Ole Gunnar Solksjaer.

Di musim lalu, De Gea mencatatkan 9 kali nirbobol dari 26 laga yang ia mainkan. Selain itu, Man United juga tercatat sebagai tim dengan jumlah kebobolan tersedikit kelima di musim lalu. Hadirnya Raphael Varane diharapkan bisa memperkuat lini pertahanan Man United di musim depan sehingga De Gea berpotensi catatkan banyak nirbobol.

Man United akan berhadapan dengan Leeds United (Home) di GW1, Southampton (Away) di GW2, Wolverhampton (Away) di GW3, Newcastle (Home) di GW4, dan West Ham (Away) di GW5.

Untuk nama selanjutnya, kami memilih Lukasz Fabianski (West Ham, £5.0) sebagai salah satu kiper di harga menengah yang bisa masuk daftar belanja. Kiper utama West Ham ini mencatatkan 10 nirbobol di musim lalu dan Fabianski berhasil membawa West Ham tercatat berada di urutan 9 tim dengan jumlah kebobolan tersedikit.

Di awal musim 2021/22, West Ham memiliki jadwal yang cukup menjanjikan, di mana mereka akan berhadapan dengan Newcastle (Away) di GW1, Leicester (Home) di GW2, Crystal Palace (Home) di GW3, Southampton (Away) di GW4, dan Man United (Home) di GW5.

Bernd Leno (Arsenal, £5.0) bisa jadi pilihan jangka panjang kalian. Di musim lalu, Arsenal berada di urutan ketiga sebagai tim dengan jumlah kebobolan tersedikit dengan hanya kebobolan 39 gol dari 38 pertandingan. Sementara itu, untuk catatan statistik individu, Leno mencatatkan 11 nirbobol dari 35 pertandingan serta melakukan 87 penyelamatan. Menyambut musim 2021/22, Arsenal terlihat berbenah dengan mendatangkan bek anyar, Ben White. Hadirnya Ben White bisa menambah kekuatan lini belakang Arsenal sehingga Leno bisa kembali catatkan banyak nirbobol.

Di awal musim 2021/20, Jordan Pickford (Everton, £5.0) bisa masuk alternatif lain kiper di harga menengah. Setidaknya hingga pekan ke enam Premier League. Everton tidak akan berhadapan dengan tim-tim Big Six. Everton akan berhadapan dengan Southampton (Home), Leeds United (Away), Brighton & Hove Albion (Away), Burnley (Home), Aston Villa (Away), dan Norwich City (Home).

Di musim lalu, Everton berada di urutan ke-10 tim dengan jumlah kebobolan tersedikit. Selain itu, Pickford cukup baik menjaga gawang Everton dengan mencatatkan 10 kali nirbobol. Dengan hadirnya Rafael Benitez bisa jadi lini pertahanan Everton jadi lebih baik. Hingga pekan keenam, Pickford catatkan nirbobol cukup besar.

Kiper Harga Premium (£5.5 - £6.0)

Di daftar harga premium hanya ada enam nama kiper yang tercantum. Di urutan pertama, Emiliano Martinez (Aston Villa, £5.5) layak masuk radar belanja kalian. Di musim lalu, Martinez tercatat sebagai kiper dengan torehan poin FPL terbanyak, dengan 180 poin. Kiper timnas Argentina tersebut juga tercatat sebagai kiper dengan raihan nirbobol terbanyak ketiga dengan jumlah 15 nirbobol serta tercatat melakukan 143 penyelamatan di mana jumlah tersebut menjadi yang terbanyak ketiga di antara kiper lainnya.

Sukses membawa Argentina menjuarai Copa America akan menambah kepercayaan diri Martinez kembali di musim ini. Keuntungan yang bisa didapat dari Martinez apabila kita memilihnya masuk skuad FPL akan terlihat di tiga pekan awal. Aston Villa nampaknya tak akan menemui kesulitan saat menghadapi Watford, Newcastle, dan Brentford.

Untuk kiper lain di harga £5.5, masih ada nama Nick Pope (Burnley, £5.5) dan Hugo Lloris (Tottenham Hotspur, £5.5). Namun untuk kedua, cukup kami ragukan untuk memilih keduanya di awal musim ini. Burnley akan berhadapan dengan Liverpool, Leicester, dan Arsenal, sementara Spurs akan berhadapan dengan Manchester City dan Chelsea di lima pekan awal ini. Cukup riskan untuk memilih keduanya.

Namun kami coba sertakan statistik pribadi keduanya sebagai bahan pertimbangan. Pope mencatatkan 11 kali nirbobol dan melakukan 116 penyelamatan (terbanyak kelima) dari 32 laga, sementara Lloris mencatatkan 12 nirbobol, melakukan 114 penyelamatan dari 38 pertandingan.

Sementara itu hanya ada tiga kiper yang berada di harga premium, yaitu Edouard Mendy (Chelsea, £6.0), Allison Becker (Liverpool, £6.0), dan Ederson (Man City, £6.0).

Mendy tampil baik bersama Chelsea di musim lalu. Ia mencatatkan 16 kali nirbobol (terbanyak kedua di antara kiper lainnya. Selain cekatan menjaga gawang Chelsea, Mendy mendapat dukungan dari para bek Chelsea yang cukup baik menjaga lini pertahanan di musim lalu. Chelsea hanya kebobolan 36 gol dari 38 pertandingan Premier League di musim lalu, di mana jumlah tersebut menjadi yang tersedikit kedua di antara tim lainnya. Memilih Mendy untuk jangka panjang cukup menjanjikan.

Untuk dua penjaga gawang lainnya ada Alisson dan Ederson. Dari kedua kiper ini dengan harganya cukup mahal kami lebih menyarankan memilih pemain dari Liverpool dan Man City di harga yang mendekati £6.0, seperti Ruben Dias yang punya potensi catatkan gol, atau pemain belakang dari tim lain yang punya potensi memberikan asis seperti Luke Shaw, Aaron Creswell, Lucas Digne yang harganya di bawah £6.0. Namun, kami coba sertakan statistik individu dari keduanya sebagai bahan pertimbangan.

Alisson mencatatkan 10 nirbobol dari 35 pertandingan yang ia mainkan dan melakukan 85 penyelamatan. Sedangkan Ederson tercatat sebagai kiper dengan jumlah nirbobol terbanyak di antara kiper lainnya dengan total 19 nirbobol dari 36 pertandingan dan tercatat melakukan 66 penyelamatan.

**

Secara umum, pemilihan kiper memang gampang-gampang-susah dan juga penting-gak-penting. Namun pertahanan tetap menjadi penting. Setidaknya kasus Emiliano Martinez sampai Fabianski membuat kita bisa membuka sudut pandang jika kiper pendulang poin di FPL itu tidak harus yang memiliki pertahanan terbaik dengan jumlah nirbobol yang banyak (seperti Mendy dan Ederson), tapi bisa juga terjadi kepada kiper di kesebelasan yang sering diserang sehingga dia mencatatkan penyelamatan-penyelamatan untuk kemudian meraup poin bonus.

Komentar