Analisis dan Daftar Belanja FPL 2019/20: Pemain Belakang

Fantasy Premier League

by Redaksi 28

Redaksi 28

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2019/20: Pemain Belakang

Bek harga premium (£6.0 dan seterusnya)

Ada dua pemain bertahan yang dibanderol dengan harga paling mahal (£7.0) di awal 2019/20. Mereka adalah duet bek sayap Liverpool, Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold (Liverpool, £7.0). Kedua bek ini total menciptakan 25 asis di perhelatan Liga Primer 2018/19. Mungkin pertimbangan inilah yang membuat keduanya dibanderol sebagai bek paling mahal di FPL.

Sebagai opsi lain, Virgil van Dijk (Liverpool, £6.5) bisa dijadikan pilihan apabila ingin menghemat budget £0.5 untuk dialokasikan ke sektor lain. Gaya permainan serba bisa Van Dijk membuahkan hasil di musim 2018/19 (empat gol, empat asis, dan 20 nirbobol) sebagai bukti lain dia menjadi pemain yang paling banyak mendapat poin bonus. Perolehan ini didapatkan karena statistik kinerja pemain yang disediakan oleh Opta.

Dalam bertahan, faktor-faktor seperti sapuan, blok, intersepsi (CBI) adalah kunci untuk meraih tambahan poin. Apalagi pemain memiliki tingkat akurasi umpan yang baik, memenangi tekel, dan jarang mendapat kartu akibat melakukan pelanggaran, maka peluang untuk meraih poin bonus lebih besar saat kesebelasannya meraih nirbobol. Hanya akan menghadapi dua kesebelasan enam besar di delapan pekan pertama tampaknya bijak untuk memberi satu slot lini belakang kepada pemain Liverpool.

Beralih ke sang juara bertahan dari Manchester, Aymeric Laporte (Man City, £6.5) memiliki penyelesaian yang kuat di musim lalu. Dua dari tiga gol Laporte dan ketiga asis yang dicetaknya datang dalam 10 penampilan terakhirnya. Dikombinasikan dengan 18 nirbobol, bek berusia 25 tahun ini finis sebagai bek FPL dengan skor tertinggi keempat dengan 177 poin.

Laporte menghasilkan rata-rata 5,1 poin per pertandingan. Dia adalah pemain reguler Guardiola di tengah kegemarannya membuat emosi para manajer FPL karena sering merotasi pemainnya. Sebanyak 34 laga yang dia mainkan merupakan yang terbanyak dibanding pemain Man City lainnya.

Kyle Walker (Man City, £6.0) bisa dijadikan pilihan lain mengingat dia juga jarang terkena rotasi dengan sudah memainkan 30 laga. Jadwal awal The Citizens menunjukkan bahwa investasi pada pemain utama mereka bisa saja membuahkan hasil. Lagipula lini belakang anak asuh Guardiola mencatatkan enam nirbobol dalam 10 bentrokan dengan enam kesebelasan teratas musim lalu.

Jadwal awal yang dimiliki Chelsea juga patut dipertimbangkan, meski kedua bek sayap andalan Cesar Azpilicueta (Chelsea, £6.0) dan Marcos Alonso (Chelsea, £6.5) mengalami penurunan poin di musim 2018/19, kedua duet ini tetap bisa diandalkan. Total, kedua pemain ini menciptakan tiga gol, 14 asis, dan meraih 16 nirbobol. Di bawah nakhoda anyar Frank Lampard, ketajaman para bek sayap ini patut ditunggu.

Jangan lupakan satu nama yang mengisi posisi bek tengah, David Luiz (Chelsea, £6.0) menjadi bek pencetak gol terbanyak kelima di FPL yang mencatat tiga gol dan dua asis. Selama 17 pekan, anak asuh Lampard hanya akan melawan tiga dari enam kesebelasan teratas musim lalu. Namun para manajer masih enggan mempertimbangkan David Luiz dengan hanya 9.6% manajer yang saat ini memiliki pemain berkebangsaan Brasil ini. Hal ini menjadikannya sebagai bek paling populer ke-14 di FPL.

Berdasarkan statistik, potensi serangan yang dilakukan Luiz patut disoroti. Hanya lima pemain bertahan FPL yang berhasil melakukan 34 tembakan tepat sasaran musim lalu. Dia juga ikut andil mengambil bagian dari bola mati dan sembilan di antaranya merupakan tendangan bebas langsung.

Bukan berasal dari enam kesebelasan teratas namun saat ini berhasil menduduki peringkat kelima sebagai bek yang dipilih oleh para manjer FPL di musim 2019/20 dengan persentase 26.7%, Lucas Digne (Everton, £6.0) berhasil menjadi idola baru karena penampilan yang luar biasa pada musim lalu.

Bek kiri Everton ini adalah salah satu bek yang menonjol musim lalu. Di musim pertamanya bersama The Toffees, pemain asal Perancis ini menghasilkan empat gol dan lima asis. Selain itu, pengaruh Digne dalam alur serangan Everton jelas terlihat, dia mencipatkan 71 peluang, setidaknya 20 lebih banyak daripada bek lainnya. Sebanyak 34 tembakan tepat sasarannya hanya diungguli oleh lima bek lain.

Menjadi eksekutor bola mati juga menjadi salah satu keahlian pemain berusia 25 tahun ini (dikombinasikan dengan Gylfi Sigurdsson pada posisi gelandang yang juga bertindak sebagai pengambil bola mati). Anak asuh Marco Silva menciptakan 75 peluang dari situasi bola mati, lebih banyak dari kesebelasan mana pun musim lalu.

Dua gol diciptakan Digne melalui tendangan bebas langsung. Aspek lain yang berpengaruh adalah solidnya pertahanan Everton pada musim lalu. Yerry Mina dkk mencatatkan 14 nirbobol yang merupakan rekor terbaik keempat. Perlu diingat bahwa jadwal Everton adalah jadwal yang paling dianggap relatif ringan jadi bisa saja peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh Digne dan pemain bertahan Everton lainnya.

Jangan lupa! Deadline FPL gameweek 1 jatuh pada Hari Sabtu, 10 Agustus 2019, pukul 01.00 WIB. Untuk melengkapi tips awal sebelum mulai menyusun skuat gameweek pertama, berikut adalah rekapitulasi artikel analisis dan daftar belanja FPL 2019/20:

Apapun strategi kita dan siapapun pilihan kita, selalu: Salam panah hijau!

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 3 Agustus 2019.

Komentar