Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 38

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 38

Di pekan terakhir Liga Primer Inggris ini, paling tepat jika kita memilih pemain-pemain dari kesebelasan yang masih mengincar "sesuatu"; seperti gelar juara, tempat di kompetisi Eropa, atau menghindari degradasi. Gelar juara masih panas diperebutkan antara Manchester City dan Liverpool. Peringkat ketiga dan keempat (lolos ke Liga Champions UEFA) masih diperebutkan antara Chelsea dan Tottenham Hotspur, serta Arsenal yang bisa saja menyodok jika mampu mengejar perbedaan selisih delapan gol dari Spurs; itu pun Spurs harus kalah.

Peringkat kelima dan keenam (lolos ke Liga Europa) hampir pasti didapatkan Arsenal dan Manchester United, meski keduanya bisa saja gagal lolos ke Eropa jika salah satu dari mereka menduduki peringkat keenam tapi Watford mampu menjadi juara Piala FA (melawan Man City di final). Sementara persaingan menghindari degradasi sudah ditutup dari pekan-pekan sebelumnya.

Selain faktor kesebelasan, perebutan gelar top skor juga bisa memengaruhi performa pemain di gameweek 38 ini. Maka hipotesisnya: para manajer sebaiknya memilih pemain-pemain yang masih mengejar gelar tim maupun gelar pribadi seperti Mohamed Salah, Sergio Agüero, Pierre-Emerick Aubameyang, Sadio Mané, Jamie Vardy, Raheem Sterling, atau Eden Hazard.

Jika kalian memiliki beberapa pemain dari tujuh di atas, sebaiknya kalian memasangnya. Namun kalau dari segi statistik, dua pemain sangat menggiurkan. Pemain pertama tentunya adalah Sergio Agüero (Man City, £11.9) yang sementara ini menduduki peringkat kedua top skor dengan 20 gol, ketinggalan dua gol dari Salah.

Dalam empat gameweek terakhir Agüero memang hanya berhasil mencetak satu gol. Namun dia memiliki modal berharga sebelum bertandang ke kandang Brighton & Hove Albion di GW38 dengan 17 tembakan (terbaik kelima di antara semua pemain) yang 13 di antaranya dia lakukan di dalam kotak penalti lawan (terbaik ketiga).

Brighton sudah dipastikan tak terdegradasi, jadi mungkin akan bermain "seadanya". Apalagi dalam rentang waktu serupa, mereka juga sudah kebobolan 10 kali (terburuk ketiga) dengan menerima 105 tembakan (terburuk) yang 59 di antaranya dari dalam kotak penalti (terburuk), serta menerima 28 tembakan on target (terburuk kedua).

Pemain lain yang menghiasi jajaran top skor adalah Jamie Vardy (Leicester, £9.0) dengan 18 gol. Leicester City memang akan menjamu Chelsea yang "hanya" kebobolan lima kali dalam empat gameweek terakhir. Namun Vardy cukup menjanjikan dengan modal tiga gol, 11 tembakan (yang semuanya dia catatkan dari dalam kotak penalti lawan), 5 shots on target, 5 big chances (terbaik kedua), dan 6 chances created dalam rentang waktu serupa.

Sementara itu, nama terakhir yang kami rekomendasikan sebagai penyerang unggulan di FPL musim ini adalah Chris Wood (Burnley, £6.3) yang sebenarnya bisa masuk ke dalam kategori spekulatif (kepemilikan 1.4%). Sama seperti Vardy, Wood juga berhasil mencatatkan 5 big chances (terbaik kedua) ditambah 8 tembakan yang pada akhirnya menghasilkan dua gol dalam empat gameweek terakhir.

Burnley akan menjamu Arsenal yang sepertinya merupakan lawan berat. Namun ternyata The Gunners sudah kebobolan 10 kali (terburuk ketiga) dengan ditembak tepat sasaran 29 kali (terburuk) dalam rentang waktu serupa. Keburukan pertahanan Arsenal juga ditunjukkan dari 4 eror mereka (terburuk kedua) yang menghasilkan 3 kali kebobolan (terburuk kedua).


Simak prediksi dan penerawangan "Mbah" Rochi Putiray soal Liga 1 Indonesia 2019:


***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk gameweek 38 (terakhir):

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 9 Mei 2019.

Komentar