Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Tidak terasa Liga Primer Inggris musim 2018/19 sudah memasuki gameweek 30 yang menandakan bahwa tinggal delapann laga tersisa bagi setiap kesebelasan setelah GW30 berakhir. Sebagai manajer FPL, sudahkah kalian menyiapkan racikan strategi untuk menghadapi pekan-pekan krusial ini? Semoga rekomendasi lini belakang kami di GW30 ini bisa sedikit memberi solusi bagi skuat kalian. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Meski hanya berhasil meraih satu nirbobol dalam empat laga terakhir, Lukasz Fabianski (West Ham, £4.7) bisa dikatakan tak buruk-buruk amat dalam urusan raihan poin. Walau selalu kebobolan satu gol di tiga laga terakhir, kiper asal Polandia tersebut mendapatkan tiga poin di setiap laganya. Poin tersebut diraih berkat aksi-aksi penyelamatannya di bawah gawang The Hammers. Tak heran Fabianski sudah mencatatkan 15 penyelamatan* (terbaik kedua).

West Ham United akan bertandang ke markas Cardiff City di GW30. Peluang meraih poin dari nirbobol cukup terbuka lebar mengingat catatan menyerang anak asuh Neil Warnock berada di tiga terburuk: 11 tembakan tepat sasaran*, mencetak 3 gol*, dan butuh waktu 9.7 menit untuk membuat satu peluang*. Selain itu, Cardiff sedang dalam performa yang menurun karena mengalami tiga kekalahan beruntun di liga. Jikalau peluang untuk meraih nirbobol sirna, kembali lagi ke poin awal bahwa Fabianski bisa mendapat poin berkat aksi-aksi heroik di bawah gawang West Ham.

Berhasil meraih prestasi di dua laga terakhir yang dilakoninya, Trent Alexander-Arnold (Liverpool, £5.5) berpeluang memperpanjang raihan prestasinya kala menghadapi Burnley di Anfield pada pekan ke-30 ini. Dari dua laga tersebut, TAA telah menciptakan 3 asus dan 2 nirbobol. Khusus tiga asis yang dia ciptakan itu, TAA raih dalam satu laga kala Liverpool menghancurkan Watford dengan skor 5-0. Tak heran pemain asal Inggris ini begitu impresif dalam menyerang jika melihat dari statistiknya: 21 umpan silang* dan 7 peluang* (terbaik kedua di antara bek).

Dari statistik bertahan lawan, Burnley tercatat sebagai salah satu kesebelasan yang sering kecolongan umpan silang dari sisi kiri dengan catatan 48 umpan silang* (terbanyak kedua). Maka dari itu peluang Alexander-Arnold meraih poin menyerang sangatlah terbuka. Sebagai tambahan, Alexander-Arnold juga menjadi pengambil tendangan bola mati The Reds, terutama tendangan sudut.

Jeffrey Schlupp (Crystal Palace, £4.5) kembali kami rekomendasikan di GW30 ini sebagai bek pilihan, bukan lagi bek spekulatif seperti pada GW29 lalu. Konsisten membuat asis di tiga laga secara beruntun adalah salah satu alasannya. Selain itu, dalam skema formasi Crystal Palace, pemain asal Ghana ini ditempatkan di posisi gelandang yang tentunya ini menjadi keuntungan dalam perspektif FPL (out of position). Berkat skema tersebut, Schlupp menjadi salah satu dari lima bek teratas yang mempunyai catatan apik dalam menyerang.

Schlupp telah menciptakan 7 peluang* dan melakukan 13 sentuhan di kotak penalti lawan (terbaik kedua di antara bek). Menghadapi Brighton & Hove Albion pada pekan ke-30 di kandang sendiri, Schlupp mempunyai peluang meraih nirbobol atau poin menyerang sama baiknya. Sang lawan tak memiliki catatan yang superior dalam hal menyerang. Brighton hanya melepaskan 11 tembakan tepat sasaran* dan menghasilkan 3 gol (terburuk kedua).

Bek terakhir yang kami rekomendasikan di pekan ke-30 ini adalah Harry Maguire (Leicester, £5.4). Meski Leicester City baru saja mengalami kekalahan di laga debut Brendan Rodgers sebagai manajer, The Foxes kecolongan gol di menit-menit akhir kala bertandang ke markas Watford. Kembali lagi ke King Power Stadium untuk menghadapi Fulham yang masih belum bisa meraih kemenangan di lima laga terakhir, hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Rodgers dan anak asuhnya untuk unjuk gigi.

Maguire yang selalu menjadi pilihan utama di lini belakang berpeluang meraih poin nirbobol atau bahkan dari poin menyerangnya. Statistik mencatat, bek asal Inggris ini sudah melepaskan 8 percobaan tembakan* dan melakukan 11 sentuhan di kotak penalti lawan* (terbanyak kedua di antara bek). Bukan tidak mungkin usaha menyerang tersebut akan menghasilkan poin pada GW30 ini.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW30:

Peringatan! Setelah ini FPL akan menjalani blank gameweek 31 pekan depan karena jadwal bentrok dengan pertandingan-pertandingan babak kelima Piala FA. Hanya ada 10 kesebelasan (lima pertandingan) yang akan bermain di Liga Primer Inggris, yaitu Bournemouth vs Newcastle, Burnley vs Leicester, West Ham vs Huddersfield, Fulham vs Liverpool, dan Everton vs Chelsea. Kesebelasan selain 10 kesebelasan tersebut tidak akan bermain di GW31, artinya poin mereka akan kosong.

Maka dari itu perlu penyesuaian dan perencanaan dalam emgarungi blank gameweek 31 serta potensi blank gameweek lainnya yang akan hadir di GW33. Meski begitu juga, diperkirakan akan ada banyak kesebelasan yang bermain di double gameweek 32 (satu kesebelasan bermain dua kali di satu gameweek). Kepastian jadwal double gameweek 32 dan blank gameweek 33 akan diketahui setelah akhir pekan depan, atau setelah FA melakukan undian untuk babak perempat final Piala FA.

Jadi apapun yang terjadi, jangan lupa mengecek jadwal. Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 7 Maret 2019.


Simak opini dan komentar Rochy Putiray terkait para pengurus PSSI yang ditangkap oleh Satgas Anti-Mafia Bola di video di bawah ini:



Komentar