Double Gameweek Pertama untuk Everton dan Man City

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Double Gameweek Pertama untuk Everton dan Man City

Pekan ini Liga Primer Inggris memainkan gameweek 24 di tengah pekan dan gameweek (selanjutnya akan disingkat menjadi GW) 25 di akhir pekan. Jadi para manajer FPL harus langsung bersiap mengatur skuat FPL setelah GW24 selesai pada Kamis dini hari WIB.

Setiap musimnya Liga Primer akan memainkan double gameweek dan blank gameweek. Untuk yang belum tahu, double gameweek (selanjutnya disingkat DGW) adalah jadwal di mana satu kesebelasan bermain dua kali dalam satu GW. Sedangkan untuk blank gameweek (selanjutnya disingkat BGW) adalah di mana ada kesebelasan yang tidak bermain di satu GW.

DGW dan BGW ini disebabkan karena penyesuaian jadwal kesebelasan yang lolos ke babak selanjutnya di ajang Piala FA, Piala Liga Inggris, atau bahkan kompetisi Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa UEFA.

Nah, untuk musim 2018/19 ini Liga Premier telah mengumumkan akan ada dua kesebelasan yang akan menjalani laga DGW pertama di musim ini, yaitu Manchester City dan Everton. Kedua kesebelasan ini akan memainkan dua pertandingan dalam satu GW pada GW25.

Manchester City dan Everton sebenarnya dijadwalkan saling berhadap di GW27 nanti. Namun karena Man City memastikan diri lolos ke final Piala Liga atau Carabao Cup, dan jadwal itu berbarengan dengan GW27, yaitu pada akhir pekan 23-24 Februari 2019, maka jadwal pertandingan kedua kesebelasan ini dimajukan menjadi 7 Februari 2019 (WIB).

Begitu juga dengan pertandingan Chelsea melawan Brighton and Hove Albion yang dijadwalkan pada 24 Februari 2019 harus ditiadakan karena Chelsea akan memainkan final Piala Liga melawan Man City di hari yang sama pada pukul 23.30 WIB. Itu membuat Everton, Man City, Chelsea, dan Brighton akan mendapatkan BGW pada GW27.

Memainkan dua pertandingan sekaligus tentu membuat para pemain Man City dan Everton sangat menarik untuk dimiliki. Beberapa pemain layak untuk dipilih apabila melihat catatan statistik individu di empat gameweek terakhir.

Ketika tulisan ini dibuat, catatan statistik yang kami masukkan adalah sebelum dimulainya GW24.

Pemain yang Menjanjikan di Double Gameweek

Leroy Sané dengan harga £9.7 menjadi urutan pertama yang cukup layak untuk disimpan. Di GW24 juga kami mengunggulkannya sebagai gelandang. Sané adalah pemain yang selalu diandalkan Pep Guardiola di sisi kiri penyerangan Man City.

Dalam empat gameweek terakhir, dari GW20 hingga GW23, Sane telah menghasilkan 31 poin lewat torehan dua gol dan dua asis. Dari statistik individu, Sané mencatatkan 6 tembakan, 14 sentuhan di dalam kotak penalti lawan, menciptakan 4 peluang, 3 big chances, melepaskan 12 umpan silang, dan 5 potensi asis lewat umpan silang dari tendangan sudut.

Raheem Sterling (£11.3) juga sebenarnya layak untuk diperhitungkan. Namun dengan harganya yang cukup mahal, rasanya kita harus berpikir ulang apalagi kalau sudah memiliki Mohamed Salah di skuat akan membuang bujet yang cukup tinggi. Apabila kalian memiliki bujet yang cukup, Sterling menjadi pilihan yang oke untuk dimiliki.

Dalam rentan waktu GW20 hingga GW23 Sterling adalah gelandang yang paling banyak melakukan sentuhan di dalam kotak penalti lawan, yaitu 43 kali. Selain itu, dia telah melepaskan 6 tembakan, menciptakan 11 peluang, dan satu gol.

Sergio Agüero (£11.3) juga menurut kami patut dipantau. Dia telah kembali ke skuat utama setelah mengalami cedera di beberapa gameweek terakhir. Melihat lawan yang dihadapi di GW25 nanti, rasanya Agüero akan tetap jadi pilihan utama Pep di posisi penyerang.

Ketiga pemain di atas memang memiliki harga yang cukup tinggi. Apabila kalian tidak memiliki bujet yang pas mungkin nama-nama pemain belakang dan juga kiper bisa kalian miliki seperti Ederson Santana de Moraes (£5.6), Aymeric Laporte (£5.9), dan Danilo (£5.1). Lini pertahanan Man City dalam dua gameweek berturut-turut telah mencatatkan nirbobol.

Namun apabila tetap ingin memiliki pemain Man City dengan karakter menyerang dengan harga yang murah, Ilkay Gundogan (£5.4) dan Bernardo Silva (£7.6) bisa kalian miliki, terutama Bernardo yang selalu memiliki menit bermain sejak GW14.

Namun satu hal yang selalu terjadi di Man City adalah sistem rotasi Pep yang tak pernah bisa ditebak. Pemain dengan karakter menyerang sejauh ini lebih rentan rotasi daripada pemain bertahan.

Sebagai data pendukung, Man City akan menghadapi Newcastle (tandang) di GW24, menjamu Arsenal (kandang) di GW25, kemudian melawan Everton (tandang) di GW25 juga, serta menghadapi Chelsea (kandang) di GW26. Apabila melihat jadwal tersebut, Sané dan Sterling tampaknya akan memulai sebagai starter karena keduanya adalah sosok penting si sisi kanan dan kiri penyerangan Man City.

Beralih ke Everton. Tidak seperti para pemain Man City, para pemain Everton lebih memiliki harga yang murah. Sebelum memilih pemain, mari melihat jadwal pertandingan Everton sehingga kita bisa memetakan apakah para pemain Everton layak dipilih.

Di GW24, Everton akan menghadapi Huddersfield Town (tandang), GW25 menghadapi Wolves (kandang) dan Man City (kandang), serta GW26 menghadapi Watford (tandang).

Dari dua pertandingan awal rasanya akan cukup menguntungkan memiliki tiga nama pemain mainstream Everton ini: Lucas Digne (£5.3), Gylfi Þór Sigurðsson (£7.3), dan Richarlison (£6.8).

Dimulai dari Digne. Pemain yang bermain pada posisi bek sayap kiri ini dari rentang waktu GW20 hingga GW23 telah melepaskan 6 tembakan (terbanyak ketiga di antara pemain belakang), menciptakan 6 peluang (terbanyak keempat), dan melepaskan 37 umpan silang dengan tingkat akurasi 74%. Jadi rasanya Digne menjadi pemain Everton yang bisa dimiliki dengan harga yang cukup pantas.

Untuk dua nama lainnya, Sigurðsson dan Richarlison, mereka bermain di posisi yang sama, yaitu pemain tengah. Namun jika melihat dari catatan statistik di empat gameweek terakhir, Richarlison lebih menjanjikan.

Richarlison telah melepaskan 11 tembakan sedangkan Sigurðsson 9. Richarlison lebih rajin masuk ke dalam kotak penalti dengan melakukan 19 kali sentuhan sedangkan Sigurðsson 6. Namun yang menjadi keunggulan Sigurðsson adalah dia yang menjadi set piece taker bersama Digne yang membuatnya berpotensi mencetak gol dan memberikan asis tambahan.

***

Nah, itu tadi adalah para pemain yang bisa kalian miliki di GW25. Namun satu hal yang penting diperhatikan adalah para pemain di atas tidak akan bermain di GW27, jadi harus kalian pertimbangkan juga.

Lalu bagaimana untuk menggunakan chip di DGW25 nanti? Rasanya chip yang tersedia jangan dulu digunakan. Chip seperti bench boost dan free hit lebih potensial digunakan ketika jadwal DGW selanjutnya yang diperkirakan akan terjadi di GW32 atau GW35 yang lebih banyak melibatkan kesebelasan.

Namun untuk chip tripple captain rasanya bisa kalian gunakan jika kalian yakin para pemain di atas cukup mumpuni untuk berprestasi. Kalau disuruh memilih, Leroy Sané sepertinya cukup potensial menjadi kapten.

Komentar