Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 4

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 4

Dua dari tiga penyerang yang kami unggulkan di gameweek 4 ini sama dengan GW3 lalu. Jika kalian berpikir kami akan menyingkirkan Sergio Agüero yang tak berprestasi pekan lalu, justru sebaliknya; kami mempertahankan penyerang asal Argentina itu untuk GW4 ini sebelum jeda internasional. Tentu saja kami memiliki alasan yang rasional.

Meski tak mencetak gol di GW3, Sergio Agüero (Man City, £11.3) tetap memiliki catatan statistik yang unggul di antara para penyerang Liga Primer Inggris lainnya. Ia sudah berhasil mencetak 3 gol (terbaik), 16 total tembakan (terbaik), 10 tembakan dari dalam kotak penalti (terbaik ketiga), 6 tembakan tepat sasaran (terbaik kedua), dan 27 sentuhan di kotak penalti lawan (terbaik kedua).

Faktor lain yang membuat Agüero menggiurkan di GW4 ini adalah faktor lawan. Manchester City akan menjamu Newcastle United. Sepanjang kariernya, The Magpies adalah kesebelasan yang paling banyak dibobol oleh Agüero, dengan 14 gol dari 11 pertandingan. Bahkan 8 gol terakhir dicetak di dua pertemuan terakhir kedua kesebelasan di Etihad Stadium.

Secara umum, kita sebaiknya memantau pemain Premier League sungguhan yang juga bermain Fantasy Premier League, apalagi jika pemain tersebut memasang dirinya sendiri dan selalu termotivasi mencetak gol dan/atau asis. Salah satu di antara mereka adalah Marko Arnautovic (West Ham, £7.0). Dalam tiga GW ini, penyerang Austria tersebut sudah mencatatkan 2 gol dari 11 total tembakan (terbaik kelima) dan 17 sentuhan di kotak penalti lawan (terbaik keenam).

Dalam rentang waktu yang sama, Wolverhampton Wanderers—lawan The Hammers di GW4—sudah kebobolan 5 kali dari 13 tembakan on target yang mereka terima. Peran Arnautovic sebagai pengambil tendangan penalti juga membuatnya semakin berpeluang menghasilkan poin positif di FPL. Wolves sendiri menjadi kesebelasan terbanyak yang tekelnya gagal (39). Jika ada tekel mereka yang gagal di kotak penalti sendiri, maka Arnautovic yang akan mengeksekusi penaltinya.

Selain Arnautovic yang sudah dijelaskan, jika melihat polling di atas, semua nama tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Callum Wilson memuncaki statistik big chance (6), tembakan di kotak penalti lawan (13), dan sentuhan di kotak penalti lawan (29). Sementara Wilfried Zaha mencatatkan 2 gol, 4 tembakan on target (terbaik kelima), dan 17 sentuhan di kotak penalti lawan (terbaik keenam).

Namun satu nama yang menarik adalah Aleksandar Mitrovic (Fulham, £6.6), yang menjadi salah satu penyerang papan atas FPL sejauh ini dengan 3 gol (terbaik bersama Agüero), 15 total tembakan (terbaik kedua), 7 tembakan tepat sasaran (terbaik), 4 big chance (terbaik ketiga), dan 18 sentuhan di kotak penalti lawan (terbaik kelima). Pada GW3 lalu, Mitrovic mencatatkan 16 poin FPL. Kemungkinan untuk mengulangi pencapaian yang sama agak terbuka lebar di GW4 ini.

Fulham akan bertamu ke kandang Brighton & Hove Albion yang sudah ditembak 50 kali (terburuk keempat) dengan 16 di antara lewat set piece (terburuk). Poin set piece ini berpotensi menjadi kunci karena Mitrovic adalah pemain yang berjaya saat situasi bola mati, baik ketika menyambut umpan (7 sundulan; terbaik) maupun ketika menendang penalti (ia adalah penendang penalti Fulham). Bukan kebetulan, Brighton menjadi kesebelasan terbanyak melakukan pelanggaran sejauh ini (46).

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW4:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 31 Agustus 2018.

Komentar