Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 1

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 1

Selamat datang Fantasy Premier League 2018/19! Akhir pekan ini Liga Primer akan memainkan pertandingan pertamanya. Saatnya bagi para manajer menentukan dan memilih para pemain untuk masuk ke dalam skuat FPL masing-masing.

Setelah sebelumnya kami membuat daftar belanja pemain tengah yang bisa kalian pilih masuk ke dalam skuat FPL, sekarang kami akan merekomendasikan gelandang-gelandang unggulan untuk gameweek pertama. Pada GW1 ini, kami memutuskan memakai lima gelandang (dengan formasi 1-3-5-2).

Nama pertama yang kami unggulkan, tentu siapa lagi kalau bukan Mohamed Salah (Liverpool, £13.0). Kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Musim lalu ia menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer dengan total 32 gol dari 144 tembakkan yang ia lesakkan (terbanyak). Selain mencetak banyak gol, Salah juga cukup rajin memberikan asis dengan total 10 asis. Musim lalu Salah hanya melewatkan dua pertandingan dan menjadi pemain kunci Liverpool dengan pergerakan lincahnya; ia tercatat melakukan sentuhan di dalam kotak penalti lawan sebanyak 282 kali (terbanyak).

Di Piala Dunia 2018 ia hanya bermain di dua pertandingan sehingga membuat pemain Mesir ini tidak mengalami kelelahan yang berarti. Pada pra-musim juga Salah mencetak dua gol dan dua asis. Dengan harganya yang sudah naik dan menjadikannya pemain termahal musim ini, tentu kami sarankan untuk membelinya dari mulai GW1 sebelum kami menulis "Mohamed Salah (Liverpool, priceless)".

Alexis Sanchez (Man United, £10.5) akan memainkan pertandingan pertama musim ini menghadapi Leicester City yang musim kemarin kemasukan 60 gol (terbanyak kelima); menandakan pertahanan mereka tidak terlalu baik. Musim lalu Sanchez termasuk gelandang yang paling banyak melakukan tembakan (88), sentuhan di dalam kotak penalti lawan (179), dan menciptakan 76 peluang. Meski musim lalu ia terbilang tidak terlalu subur (mencetak 9 gol), itu karena ia belum bisa beradaptasi dengan Man United. Pada pra-musim, Alexis sudah menjadi jagoan utama Setan Merah, bahkan bermain sebagai penyerang. Pemain Cile ini mencetak dua gol dan satu asis.

Perubahan manajer menjadi Marco Silva membuat Everton bermain lebih menyerang, meski pertahanan seolah dilupakan. Setidaknya itu yang diperlihatkan Silva di pra-musim. Di bawah manajer baru, Gylfi Sigurdsson (Everton, £7.5) bermain di posisi idealnya sebagai gelandang serang No 10 di belakang penyerang. Ia berhasil membuat dua asis selama pra-musim. Sementara sepanjang musim lalu, Gylfi menjadi yang paling banyak menyentuh bola di final third (20.4 per laga) dan menciptakan peluang (1.4 per laga). Perannya sebagai penendang bola mati utama juga akan banyak membantunya dan para manajer FPL yang memasangnya musim ini. Di GW1, Everton akan bertandang ke kesebelasan promosi, Wolverhampton Wanderers. Sebenarnya selain Sigurdsson, Richarlison (harga lebih murah £1.0) juga bisa dipantau karena merupakan andalan Silva ketika masih di Watford.

Rekan Sigurdsson di Timnas Islandia, Johann Berg Gudmudsson (Burnley, £6.0) kami rekomendasikan di GW1 ini menghadapi tuan rumah Southampton. Dari seluruh pemain Burnley musim lalu, Gudmundsson adalah yang tertinggi soal menciptakan peluang (1.9 per laga) dan umpan silang sukses (0.6 per laga). Ia menciptakan satu peluang setiap 42 menit sekali. Pada akhirnya Gudmundsson berhasil mencatatkan 9 asis dan 2 gol. Sama seperti Sigurdsson, Gudmundsson juga menjadi penendang bola mati utama Burnley. Sepanjang musim lalu Southampton kecolongan peluang 134 kali dari set piece (terbanyak kelima).

Gelandang terakhir yang kami unggulkan harganya lebih murah. Ruben Neves (Wolves, £5.0) akan menghadapi Everton di GW1. Pada musim lalu di Championship, Neves adalah gelandang produktif dengan 6 gol dan 1 asis. Kekuatan utama Neves ada pada tendangan jarak jauhnya. Dari 93 tendangan musim lalu (terbanyak kedua di bawah Diogo Jota), 90 di antaranya adalah dari luar kotak penalti. Musim lalu Everton menjadi kesebelasan kedua terbanyak yang menderita tembakan dari luar kotak penalti (242). Sejauh ini sudah lebih dari 14% manajer yang membeli Neves masuk ke tim fantasi mereka.

Ingin mencari inspirasi dari pemain tengah lainnya? Simak juga tulisan kami di awal musim ini mengenai analisis dan daftar belanja untuk posisi gelandang.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW1:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 9 Agustus 2018.

Komentar