Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 9

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 9

Pemain pertama yang kami rekomendasikan pada gameweek kali ini adalah penjaga gawang. Posisi kiper diisi oleh David De Gea (Manchester United, £5.6) yang akan menghadapi Huddersfield Town di Kirkless Stadium. Meski bermain di kandang lawan, Man United masih diunggulkan karena sang lawan terus merosot penampilannya setelah sempat mengejutkan di awal musim 2017/2018. Terakhir, anak asuhan David Wagner kembali menelan kekalahan setelah ditundukkan Swansea 2-0. Dengan kekalahan tersebut, Huddersfield telah meraih hasil tiga kali kekalahan dan dua hasil imbang di lima pertandingan terakhir. Situasi ini akan menjadi keuntungan bagi De Gea, yang mana pada pertandingan melawan Liverpool ia berhasil tampil gemilang dengan melakukan lima penyelamatan. Ia melakukan salah satu penyelamatan penting ketika berhasil memblok tendangan Joel Matip dari jarak dekat dengan kakinya. Berkat penampilan impresifnya, kiper asal Spanyol ini mendapatkan tiga bonus poin dari FPL. Belum pulihnya lini serang Huddersfield yang masih mengalamai cedera (Mounierdan Quaner) kiranya akan membuat gawang De Gea minim menerima ancaman. Selain itu, dalam empat pertandingan terakhir, lini pertahanan Man United bermain solid tanpa mengalami kebobolan. Dari beberapa alasan tersebut maka posisi penjaga gawang kami percayakan kepada David De Gea.

Pada posisi bek, kami merekomendasikan César Azpilicueta (Chelsea, £6.6). Ya kami tahu, pada GW8 lalu pemain asal Spanyol ini mendapat poin minus satu karena kalah dari juru kunci Crystal Palace dan mencetak gol bunuh diri (ketidaksengajaan membelokkan arah bola yang ditendang Cabaye). Hasil tersebut tidak membuat kami ragu untuk menjadikannya pilihan di GW9 ini. Akan kembali bermain di Stamford Bridge, Antonio Conte pasti akan berusaha kembali ke jalur kemenangan setelah dalam dua pertandingan terakhir mengalami kekalahan. Meskipun akan menghadapi Watford yang dalam kepercayaan diri setelah berhasil mengalahkan Arsenal lewat comeback heroik, Conte pasti sudah menyiapkan beberapa strategi setelah kembalinya penyerang utama The Blues, Alvaro Morata. Apalagi mantan pemain Real Madrid ini sudah dimainkan penuh ketika Chelsea ditahan Roma dengan skor 3-3 pada lanjutan babak grup Liga Champions. Perlu kalian tahu, dengan bermainnya kembali Morata, berarti Spain Connection is back! Mengapa demikian? Karena empat asis yang diciptakan oleh Azpilicueta sampai pekan ke delapan, semuanya diselesaikan menjadi gol oleh Morata. Bukan tidak mungkin Azpi akan menambah koleksi asisnya ketika bisa bermain kembali dengan Morata.

Nicolas Otamendi (Manchester City, £5.7) kembali kami rekomendasikan sebagai pilihan pada GW9 ini. Pada GW8 lalu Man City berhasil menang lebih dari setengah lusin gol, sayangnya gawang dari Ederson harus kebobolan dua gol dari Stoke yang membuat Otamendi tidak bisa mendapat poin maksimal. Meski begitu, kami masih percaya kepada salah satu pilar lini pertahanan The Citizens ini. Pada GW9 ini, Otamendi dkk akan melawan Burnley di Etihad Stadium. Sampai dengan GW9 ini, Burnley tercatat sebagai kesebelasan yang mampu tampil mengejutkan apabila bermain melawan tim besar. Meski cenderung bermain bertahan, anak asuh Sean Dyche ini bisa bermain efektif melalui serangan balik. Sebagai catatan, Burnley berhasil mencuri poin ketika mengalahkan Chelsea, menahan imbang Spurs, dan Liverpool, serta mengalahkan Everton. Hebatnya, itu semua dilakukan ketika mereka bermain di kandang lawan. Permainan super defensif Sean Dyche ini pasti sudah menjadi catatan khusus bagi Pep Guardiola. Di musim 2016/2017 memang Pep berhasil menyapu bersih kemenangan ketika bertemu Burnley. Namun kemenangan dicetak dengan skor yang sama yaitu 2-1. Itu pertanda bahwa pertandingan selalu berjalan alot. Jika memang prediksi pertandingan akan berjalan demikian, Otamendi akan mempunyai peluang untuk mencetak gol dari situasi bola mati saat terjadi deadlock, mengingat ia selalu aktif membantu menyerang apabila City mendapat peluang sepakan pojok atau tendangan bebas.

Cédric Soares (Southampton, £5.0) merupakan alternatif pilihan selanjutnya. Bermain melawan West Brom akan menjadikan laga ini sebagai laga antar kesebelasan yang inkonsisten dalam meraih kemenangan. Southampton sedikit diunggulkan karena mempunyai keuntungan kembali bermain di St. Mary’s Stadium (meskipun anak asuhan Mauricio Pellegrino baru meraih satu kemenangan di laga kandang). Namun jika melihat angka statistik Cédric di dua pertandingan terakhir, terlihat bahwa sisi sayap The Saints aktif dalam membantu penyerangan, Cédric melakukan empat percobaan tendangan (dua diantaranya di dalam kotak penalti), melakukan umpan silang sebanyak 11 kali (tiga diantaranya sukses), dan menciptakan empat peluang. Catatan tersebut menggungguli rekannya, yaitu Ryan Bertrand. Meski dalam dua pertandingan terakhir belum menerima hasil yang positif, pertandingan melawan West Brom akan bisa menjadi titik balik bagi Southampton untuk meraih kemenangan keduanya di kandang.

***

Masih ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 20 Oktober 2017.

Komentar