Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penyerang

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penyerang

Penyerang harga menengah (£7.0 - £9.0)

Lagi-lagi, mari kita lihat dari jadwal yang termudah terlebih dahulu. Crytsal Palace memiliki Christian Benteke (Palace, £8.0) yang sangat menjanjikan untuk diservis dengan umpan-umpan silang dan juga permainan wing-back dari manajer anyar mereka, Frank de Boer. Namun dengan harga setinggi itu, kebanyakan manajer FPL lebih memilih Wilfried Zaha atau Andros Townsend yang lebih murah di sektor gelandang. Lagipula Benteke sudah tidak bertindak sebagai penendang penalti utama lagi. Meskipun begitu, Benteke tetap adalah nama terdepan di jajaran penyerang harga menengah.

Beikutnya, Marcus Rashford (Man United, £7.5) menjadi pemain yang direkomendasikan meskipun “Setan Merah” sudah memiliki Romelu Lukaku. Penyerang asal Inggris ini kemungkinan sangat besar bisa menjadi alternatif taktik bagi Jose Mourinho yang menduetkannya dengan Lukaku, terutama di babak kedua jika United sulit membongkar pertahanan lawannya.

Selanjutnya, Manolo Gabbiadini (Southampton, £7.0) yang mencetak 2 gol dan 1 asis di pra-musim juga menjadi alternatif penyerang yang kami rekomendasikan, meskipun kita bisa mendapatkan Austin yang lebih murah £0.5. Gabbiadini sempat memiliki momentum mencetak gol yang bagus di awal debutnya tengah musim lalu meskipun setelah itu ia tidak konsisten. Masalahnya dengan harga £7.0, kita bisa mendapatkan pemain lainnya dari Southampton, terutama pada barisan gelandang mereka.

Bagi penyerang baru, Javier Hernandez alias Chicharito (West Ham, £7.0) cukup menjanjikan karena sebelumnya sudah berpengalaman di Liga Primer Inggris. Kecerdasannya dalam membuka ruang dan memanfaatkan bola muntahan juga menjadi keunggulan penyerang asal Meksiko ini. Sayangnya, ia masih harus beradaptasi dengan rekan-rekan barunya di Kota London karena ia tidak terlibat banyak saat pra-musim.

Dua penyerang Bournemouth, Jermain Defoe (Bournemouth, £8.0) dan Joshua King (Bournemouth, £7.5) memiliki rekor yang cukup baik di Liga Primer. Bournemouth sendiri mencatatkan big chance paling banyak (65) setelah enam kesebelasan teratas di Liga Primer musim lalu, dengan King mengonversi 75% di antaranya, sementara Defoe mengonversi 58,8% di Sunderland musim lalu.

Andaikan tidak cedera, kami pasti langsung merekomendasikan Fernando Llorente (Swansea, £7.5) yang angka golnya mencapai 15 di musim lalu. Kita harus menunggu sampai dua atau tiga pekan, jika Llorente sembuh dan Sigurdsson tidak terjual, maka sebaiknya langsung masukkan Llorente dan/atau Sigurdsson ke dalam tim FPL kamu.

Dari Leicester City, Kelechi Iheanacho (Leicester, £7.0) harus terus dipantau apalagi jika ia bisa menjadi pemain reguler di bawah asuhan Craig Shakespeare. Sebelum penyerang asal Nigeria itu melakukannya (kami rasa ia bisa), kita bisa mempertimbangkan Jamie Vardy (Leicester, £8.5) yang sudah cukup terbukti di Liga Primer. Setelah Shakespeare melatih The Foxes, Vardy berhasil mencatatkan rata-rata 7 poin FPL per pertandingan. Jangan lupa juga, Leicester memiliki Islam Slimani (Leicester, £7.0) yang menyediakan keunggulan duel-duel udara. Namun, barisan penyerang Leicester membengkak dengan kehadiran Shinji Okazaki, Leonardo Ulloa, dan Ahmed Musa (gelandang), sehingga membuat kita harus berhati-hati dalam memilih, apalagi tiga nama terakhir memiliki harga yang ekonomis.

Selagi Alvaro Morata beradaptasi, kita bisa mempertimbangkan Michy Batshuayi (Chelsea, £8.5) untuk bisa mencuri sorotan. Batshuayi sendiri sudah mencetak rekor yang bagus dengan 5 gol dan 3 asis di pra-musim.

Salah satu penyerang harga menengah paling panas adalah Roberto Firmino (Liverpool, £8.5) yang mencetak 2 gol dan 3 asis selama pra-musim. Sayangnya, harganya memang cukup mahal ketika hanya £0.5 atau £1.0 lagi kita bisa mendapatkan Mohamed Salah, Sadio Mane, atau Philippe Coutinho dari lini tengah. Masalahnya lagi, Firmino sering turun ke posisi gelandang sehingga ia tidak benar-benar menjadi penyerang murni di FPL. Tapi andaikan kamu cukup yakin, Firmino adalah salah satu nama terdepan yang kami rekomendasikan di antara penyerang-penyerang harga menengah lainnya.

Seluruh nama di atas memiliki peluang yang cukup baik. Meskipun begitu, masih ada nama-nama seperti Danny Welbeck (Arsenal, £7.5), Olivier Giroud (Arsenal, £8.5), dan Divock Origi (Liverpool, £7.5) yang nasibnya di FPL sangat ditentukan oleh penampilan penyerang utama di kesebelasan mereka masing-masing.

Sementara, Wayne Rooney (Everton, £7.5) dan Sandro Ramirez (Everton, £7.5) juga menjanjikan secara umum, tapi menjadi sulit kami rekomendasikan karena jadwal mereka yang cukup berat di awal FPL ini. Tapi jika kita mengesampingkan jadwal, maka Rooney bisa menjadi pilihan utama di tim FPL kalian, terutama jika Ronald Koeman tidak mendatangkan penyerang baru. Mantan kapten Manchester United ini dianggap bisa menjadi pemimpin sekaligus eksekutor penalti utama di Goodison Park.

Halaman selanjutnya: penyerang harga premium.

Komentar