Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penyerang

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penyerang

Penyerang harga premium (£9.5 dan seterusnya)

Fantasy Premier League berarti secara langsung adalah Liga Premium Fantasi, maka dari itu kita seperti diwajibkan memiliki penyerang(-penyerang) premium. Pertamax (pertama kali), kita harus menyadari sepenting apa kehadiran penyerang premium. Harry Kane (Spurs, £12.5) misalnya yang menjadi pemain termahal di FPL musim ini. Kami tidak perlu menjelaskan seberapa penting penyerang utama Inggris ini bagi Spurs. Selain masalah harga, kekhawatiran kita akan Kane adalah masalah Spurs yang sulit menang di Stadion Wembley dan Kane yang hampir selalu “telat panas” (baru mencetak gol menjelang seperempat musim).

Pertanyaannya, apakah kita mau mengambil risiko untuk tidak membeli Kane sekarang? Jika iya, kita bisa menggunakan uang yang tak terpakai tersebut untuk berbelanja pemain lain, sambil berharap Kane tidak mencetak poin sehingga harganya turun dan kitapun jadi bisa memilikinya di kemudian hari.

Masalah dari pertanyaan di atas adalah jika konsekuensinya kebalikan, yaitu Kane berhasil “panas di awal”, sehingga harganya terus naik dan kitapun tidak akan pernah bisa membeli Kane di masa depan. Jadi untuk Kane, data dan fakta menunjukkan jika ia adalah seorang mesin gol, Spurs juga sangat memanfaatkannya terutama melalui Christian Eriksen dan Alli. Pada akhirnya semua kembali kepada kita sendiri untuk membeli Kane sekarang atau (ada potensi untuk) tidak sama sekali.

Setelah Kane, penyerang premium hadir pada diri Romelu Lukaku (Man United, £11.5). Sama seperti Kane, Lukaku bisa menjelaskan sendiri bagaimana permainannya di FPL utamanya di musim lalu bersama Everton. Di United musim ini, ia terlihat langsung nyetel dengan Mourinho, menjadi target forward yang dimanjakan umpan-umpan silang, serta memiliki respons yang sangat baik dalam menghadapi bola muntahan. Memiliki Kane dan Lukaku adalah impian hampir setiap manajer FPL. Sayangnya, impian itu berharga sangat mahal, yaitu £24.0.

Penyerang premium lainnya yang sudah membuktikan diri di Liga Primer adalah Sergio Aguero (Man City, £11.5) dan Gabriel Jesus (Man City, £10.5). Sayangnya, keduanya tergolong sangat mahal dengan kebingungan mengenai siapa yang akan menjadi penyerang reguler utama. Hal ini membuat siapapun yang mempertimbangkan Aguero atau Jesus, sebaiknya memakai bujetnya untuk membeli gelandang Kevin De Bruyne saja dengan harga £10.0 dan dengan jaminan pemain reguler utama yang diandalkan.

Sebenarnya Diego Costa (Chelsea, £10.0) sangat berpengalaman dan menjanjikan di FPL. Namun, Antonio Conte sudah menyatakan jika ia tidak akan memakai jasa penyerang asal Spanyol ini. Sayang sekali, kecuali situasi berubah nantinya, karena Alvaro Morata (Chelsea, £10.0) masih harus membuktikan diri dahulu kecuali kamu memang sangat yakin dengan kemampuan mantan penyerang Real Madrid tersebut, karena di pra-musim pun ia tidak banyak terlibat (kecuali penaltinya yang gagal yang kita mungkin ingat).

Nama terakhir sebagai penyerang premium adalah Alexandre Lacazette (Arsenal, £10.5) yang mencetak dua gol selama pra-musim. Penyerang yang didatangkan dari Olympique Lyonnais ini memiliki pergerakan dan pengambilan posisi yang cerdas. Tapi dengan kemampuan yang sebelas-duabelas dengan Chicharito yang sama-sama tergolong “anak baru” (walau Chicharito pernah di Liga Primer sebelumnya), para pemilih Lacazette mungkin bisa beralih ke penyerang asal Meksiko tersebut kecuali mereka benar-benar yakin. Tapi sebenarnya, Arsenal memiliki jadwal yang cukup menarik di awal FPL ini.

***

Bagaimana? Apakah sesulit itu memilih penyerang? Saya hanya bisa berpesan, “go big or go home” untuk para penyerang premium. Terutama Kane dan Lukaku, kadang kita tidak bisa membeli mereka lagi jikaketika harga mereka naik. Harga seringkali berbicara. Kalaupun harga tidak berhasil berbicara, kita selalu bisa membeli penyerang yang lebih murah di masa depan.

Selamat berpikir dan selamat memilih. Salam panah hijau di GW1 dan seterusnya!

Komentar