Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 23

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 23

Penyerang

Menghadapi Hull yang tidak akan diperkuat Curtis Davies – yang dominan membuat CBI (sapuan + blok + intersep), Zlatan Ibrahimovic (Man United, 11.7) memiliki peluang besar untuk mencetak gol. Ibrahimovic memang tidak mencetak gol saat melawan Stoke pada GW22 lalu, tetapi kami tidak lantas kehilangan kepercayaan kepadanya, karena enam pertandingan sebelumnya, Ibrahimovic masih berhasil mencetak gol/asis. Catatan statistiknya pun masih cukup baik, pemain asal Swedia ini berhasil membuat 10 tembakan di kotak penalti dalam empat pertandingan terakhir. Hull mungkin dapat kembali merepotkan Man United, tapi Ibrahimovic kemungkinan masaih akan terlibat dalam gol yang dibuat Man United pada laga ini.

Terakhir, tentunya kami tidak melupakan Harry Kane (Tottenham, 11.2). Hat-trick-nya melawan West Brom dua pekan lalu pasti masih membekas dan dia juga berhasil membuat asis saat melawan Man City pada GW22 lalu. Dalam empat pertandingan terakhir, Kane pun sudah mencatat 10 tembakan tepat dan menjadi angka tertinggi dibanding pemain lain di liga. Jumlah tembakannya di kotak penalti dalam periode yang sama pun berada di peringkat kedua, 10 kali, sama dengan Ibrahimovic dan Alex Iwobi. Keuntungan lain yang bisa dimanfaatkan para manajer pada pekan ini adalah statusnya sebagai penendang penalti, yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Cadangan

Pada bangku cadangan, kami menyertakan empat pemain, masing-masing satu dari setiap posisi*. Kriteria yang diutamakan adalah ramah biaya atau tidak dimiliki oleh banyak manajer.

Mungkin sebagian manajer akan mengernyitkan dahi saat melihat nama Artur Boruc (Bournemouth, 4.6) pada tim pilihan pekan ini. Mereka tidak berhasil meraih clean sheet dalam dua pertandingan terakhir yang terbilang ringan, apakah pilihan ini bisa dipercaya? Kita perlu melihat lebih detil terlebih dahulu untuk menjawab hal ini. Dalam dua pertandingan tersebut, mereka harus kehilangan Simon Francis akibat kartu merah yang diterimanya saat melawan Arsenal, sehingga harus memainkan bek tengah dadakan sebagai penggantinya. Kini Francis sudah dapat bermain. Hal lain yang membuat prospek Boruc menjadi menarik adalah komentar yang dilontarkan Sam Allardyce menjelang pertandingan ini, yaitu dia akan merasa puas dengan hasil 0-0 sekalipun. Ditambah dengan seruannya untuk memprioritaskan clean sheet saat pertama kali datang ke Crystal Palace, mungkin Allardyce akan bermain lebih defensif pada pertandingan ini.

Ada yang membutuhkan bek murah dengan kemungkinan clean sheet yang besar? Kami menjagokan Mason Holgate (Everton, 4.1) untuk hal ini. Holgate menjadi aktor penting dalam skema tiga bek yang diterapkan Koeman dan akan mengisi bek tengah kanan. Hasilnya terbilang baik karena Everton berhasil meraih 3 clean sheet dalam empat pertandingan terakhir, catatan yang tidak bisa disamai kesebelasan manapun di liga. Lebih hebatnya lagi, mereka berhasil menahan lawan sehingga mereka hanya 1 kali menerima peluang berbahaya (terbaik di liga) dalam periode tersebut.

Pada posisi gelandang cadangan, kami dengan nekat memilih Nathan Redmond (Southampton, 5.8) ketimbang nama favorit lain seperti Junior Stanislas. Penampilan Redmond, perlahan tapi pasti, terlihat membaik belakangan ini, termasuk penampilannya saat menjadi penentu kemenangan saat melawan Liverpool di Piala Liga leg 1. Redmond pun saat ini menjadi pemain yang berada di posisi lima besar pemain yang membuat tembakan di kotak penalti dalam empat pertandingan terakhir. Redmond terlihat lebih aman dari rotasi dan pada pertandingan Piala FA lalu, Redmond dipasang dari bangku cadangan, mengindikasikan Redmond akan dimainkan di GW23 dari menit pertama. Sementara lawannya, Swansea berhasil mengejutkan banyak pihak karena telah mengalahkan Liverpool, tetapi lini belakang mereka masih harus menjalani perbaikan karena tetap kebobolan 2 gol.

Tim pilihan GW23 ditutup dengan Andy Carroll (West Ham, 6.3) yang sudah mencetak 3 gol dalam dua pertandingan terakhir. Bersama Antonio, Carroll juga telah mencatat 9 tembakan di kotak penalti dalam empat pertandingan terakhir, dan tampak bermain lebih optimal dalam skema yang diterapkan Bilic tanpa Payet. Carroll bisa menjadi alternatif yang lebih murah bagi para manajer FPL yang kekurangan biaya untuk membeli penyerang-penyerang mahal pada pekan ini.

*Terlepas dari formasi inti yang digunakan, kami memberikan rekomendasi cadangan dengan format tetap: satu kiper, satu bek, satu gelandang, dan satu penyerang. Sehingga jumlah bek, gelandang, dan penyerang yang kami berikan setiap minggunya tidak selalu berjumlah sama. Perlu penyesuaian oleh para manajer untuk memakai tim ini di permainan sebenarnya.

Harga pemain akurat per 30 Januari 2017.

Komentar