Cara Mudah dan Murah Menjadi Pemilik Klub Sepakbola

Cerita

by redaksi 54970

Cara Mudah dan Murah Menjadi Pemilik Klub Sepakbola

FC United of Manchester

Bukan, ini bukan klub peraih 20 gelar Liga Inggris yang terkenal itu. FC United of Manchester (FCUM) merupakan klub yang sepenuhnya dijalankan oleh suporter. Klub ini berdiri pada 2005 yang merupakan bentuk protes atas kepemilikan mayoritas saham Manchseter United oleh Malcolm Glazer. Di awal pembentukannya, lebih dari 4 ribu orang mendonasikan uangnya untuk FCUM. Klub pun memiliki dana sebesar 100 ribu poundsterling sebagai modal awal.

Siapapun dapat menjadi pemilik klub dengan membayar 10 poundsterling. Setiap anggota hanya memiliki satu suara. Uang yang mereka donasikan, tidak memengaruhi jumlah suara. Uniknya, meski memungut biaya tahunan dari anggota, tapi sedapat mungkin menghindari komersialisasi. Dampaknya adalah mereka tidak memperkenankan adanya logo sponsor di kaos klub.

Ini dilakukan sebagai semangat dari pembentukan klub itu sendiri yang tanpa memperhitungkan profit dalam pelaksanaannya. Klub juga akan memaksimalkan pemain muda dan pemain lokal Manchester. Penjualan merchandise klub sepenuhnya dialokasikan untuk klub.

Meski terdengar begitu idealis, tapi FCUM ini tidak main-main dalam mengembangkan klub. Sejak bergabung dengan Liga Inggris pada musim 2005-06, prestasi mereka terus menanjak. Dari strata 10 Liga Inggris, mereka hanya membutuhkan waktu empat tahun untuk bertengger di Northern Premier League Division, divisi tujuh Liga Inggris. Pada musim lalu, mereka bahkan hampir promosi ke divisi enam. Sayangnya, mereka mereka gagal. Karena raihan poin mereka  terpaut satu poin dari pemuncak klasemen.

Keseriusan FCUM juga ditunjukkan dengan niat mereka untuk membangun stadion sendiri. Saat ini mereka masih ikut di kandang FC Bury, Gigg Lane. Pada 2010 mereka berencana membangun stadion berkapasitas 5 ribu orang di Newton Heath. Namun, pemerintah kota Manchester hanya memperkenankan pembangunan di area Broadhurst Park, Moston.

FCUM adalah salah satu bentuk kepemilikan klub sepakbola, yang murah dan mudah. Para pemilik diajarkan untuk tidak menuntut keuntungan karena semangat pembentukan klub adalah melawan pemilik kakak tuanya, Manchester United.

Memiliki klub sepakbola memang penuh tantangan. Dalam dunia bisnis, terkenal ungkapan “Jangan takut ambil resiko”. Dalam sepakbola, ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika resiko kerugian sudah di depan mata, menjual klub dengan harga paling murah sekalipun adalah jalan keluarnya.

Anda bisa menjadi pemilik Barcelona, dengan iuran 2,5 juta rupiah per tahun. Anda memang tidak mendapat apa-apa, tapi Anda dapat memilih presiden klub dan menyetujui anggaran belanja klub. Jika terlalu mahal, Anda dapat menjadi bagian dari penolakan sejumlah suporter MU terhadap Malcolm Glazer, dengan mendonasikan 10 poundsterling per tahun untuk FCUM. Di sana, Anda akan diajarkan bagaimana melawan komersialisasi  sepakbola dan mengalirkan seluruh keuntungan komersial untuk klub.

Atau pilihan terakhir, Anda bisa membeli klub divisi dua Liga Inggris, Reading, yang seharga nasi Padang itu, dengan tanggungan utang 38 juta poundsterling.

Mudah dan murah, bukan?

Sumber gambar: telegraph.com

[fva]

Komentar