On This Day 1928, Awal Mula Piala Dunia

Backpass

by redaksi

On This Day 1928, Awal Mula Piala Dunia

Jika ditanya darimana Piala Dunia berasal, maka jawabannya adalah 28 Mei 1928. Ketika badan tertinggi sepakbola dunia, FIFA, melakukan kongres di Amsterdam untuk merumuskan gelaran pesta sepakbola terakbar.

Pada 28 Mei 1928, FIFA di bawah pimpinan Jules Rimet menggelar kongres di Amsterdam. Agenda utama rapat tersebut adalah membahas rencana penyelenggaraan kompetisi sepakbola antar negara, yang kemudian kita kenal dengan nama Piala Dunia. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesuksesan FIFA dalam membantu penyelenggaraan di tiga Olimpiade, pada tahun 1920, 1924, dan 1928.

Selain sepakat untuk mengadakan turnamen antar negara, rapat itu juga menetapkan tuan rumah Piala Dunia Pertama. Uruguay-lah yang dditunjuk FIFA untuk menyelanggarakan Piala Dunia pertama yang sedianya akan digelar pada tahun 1930.

Penunjukan itu pun bukannya tanpa alasan. Selain, pada saat itu, Uruguay telah mengoleksi dua medali emas cabang olahraga sepakbola Olimpiade, penunjukan itu juga dimaksudkan sebagai bentuk perayaan 100 tahun kemerdekaan Uruguay dari Brasil.

Sayangnya, penunjukan Uruguay sebagai tuan rumah kurang mendapat sambutan dari banyak negara Eropa. Mereka menyesalkan jauhnya lokasi penyelenggaraan  yang berdampak terhadap tingginya biaya perjalanan. Maklum, pada masa itu, transportasi antar negara yang ada hanyalah kapal laut.

Maka tak heran, jika pada Piala Dunia pertama yang diikuti oleh 13 negara itu, hanya ada empat negara Eropa yang ikut serta, yaitu: Belgia, Prancis, Rumania, dan Yugoslavia.  Dari empat wakil Eropa itu, praktis Yugoslavia-lah yang paling berprestasi. Sebab, Branislav Sekulic dkk. berhasil menembus partai semifinal.

Dan pada partai puncak yang digelar di stadion Centenario, Montivideo, Uruguay tampil sebagai juara dunia pertama setelah menghempaskan perlawanan Argentina, 4-2.

[sumber foto: wikipedia.org]

(mul)

Komentar