Kepulangan Romantis Theo Walcott ke Southampton

Cerita

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kepulangan Romantis Theo Walcott ke Southampton

Hampir 15 tahun berlalu sejak Theo Walcott meninggalkan St. Mary’s untuk mengenalkan bakatnya di London Utara. Kini, ia kembali ke Southampton, dipinjamkan Everton untuk mengarungi musim 2020/21 di klub masa kecilnya. Walcott kembali sebagai pemain senior dengan bekal pengalaman di 483 pertandingan bersama Arsenal dan The Toffees.

Sebelum berlabuh di Emirates, Walcott mengasah kemampuan di tim muda Southampton. Ia mengantar tim muda The Saints mencapai final FA Youth Cup 2005. Kemudian, pemain kelahiran 15 Maret 1989 ini memecahkan rekor klub sebagai debutan termuda pada usia 16 tahun 143 hari, diturunkan kala The Saints ditahan imbang Wolverhampton Wanderers di Divisi Championship, Agustus 2005.

“Ada sejarah kaya antara klub ini dan Walcott, jadi saya tahu betapa spesial ini untuknya dan para suporter. Tetapi, yang terpenting untuk saya adalah kami telah merekrut seorang pemain yang dapat membantu skuad dan memberi kami opsi tangguh di lini serang,” kata Manajer Southampton, Ralph Hasenhuettl , saat pengumuman transfer Walcott.

Pada masa akhir kariernya, pindah ke klub asal menjadi angin segar bagi Walcott. Di St. Mary’s, ia kembali mengenakan nomor punggung 32. Nomor ini dipakainya saat memulai karier profesional, menyandangnya dalam jersei Southampton yang waktu itu masih kebesaran untuk Walcott.

“Ada sesuatu tentang berada di St. Mary’s — ini adalah stadion yang spesial, sebuah tempat spesial tempat semua kenangan-kenangan terbaik saya terjadi. Saya melewati waktu bertahun-tahun di Arsenal dan tahun-tahun hebat di Everton juga, tetapi terdapat sesuatu di Southampton yang selalu menyeret saya ke sini,” kata Walcott.

Link streaming pertandingan Premier League: Southampton vs Manchester United

Walcott mendapatkan debut keduanya saat Southampton menghadapi Brighton & Hove Albion, 3 Oktober 2020. Ia hanya bermain 12 menit dalam laga itu. Pertunjukkan berarti bagi Walcott baru terjadi sepekan setelahnya di Stamford Bridge. Walcott tampil baik dan membidani gol Jannik Vestergaard untuk mengunci skor 3-3 pada akhir pertandingan.

Walcott menjadi starter dalam tiga pertandingan terakhir Southampton. Seiring cederanya Danny Ings, ia dipasang sebagai penyerang tengah, berduet dengan Che Adams. Ia kembali mencetak satu asis saat mengalahkan Newcastle United dari posisi ini.

Pekan lalu, ketika Southampton bertandang ke Molineux. Walcott menghadapi lawan yang tak asing, Wolverhampton Wanderers, klub lawan saat ia memenangkan debut profesional bersama Southampton. Dalam laga ini, Walcott kembali mencetak milestone pribadi dengan mencetak gol debut di periode keduanya membela The Saints. Walcott menyambar umpan silang Che Adams, membuka keunggulan dalam pertandingan yang berkesudahan 1-1 itu.

Sang peraih dua titel Piala FA bersama The Gunners menunjukkan bahwa ia belum habis. Lima pertandingan yang dilakoninya di Premier League menunjukkan bahwa Walcott masih punya kecepatan dan agresivitas. Pindah ke klub masa kecil akan menjadi periode menyegarkan bagi Walcott usai tersingkir dari skuad utama Arsenal dan Everton.

“Setiap saat saya menunduk dan melihat lambang itu [Southampton], itu sesuatu yang membuat saya merinding. Ini seperti film, saya kira. Cara mereka berjalan dalam lingkaran penuh dan seseorang menghilang lalu kembali pulang seperti Nemo — itulah yang saya lihat sekarang, film anak-anak!”

Kini, Danny Ings masih cedera, dan Southampton akan menjamu Manchester United dalam lanjutan pekan ke-10. Walcott diprediksi akan kembali diturunkan Hasenhuettl untuk berduet dengan Che Adams. Kelanjutan kiprah Walcott bersama klub masa kecilnya menarik untuk disimak.

Southampton akan menjamu Manchester United pada Minggu (29/11) pukul 21:00 WIB. Pertandingan tersebut, serta seluruh pertandingan Premier League beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar