Mikel Oyarzabal: Sukses di Lapangan, Moncer di Perkuliahan

Cerita

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Mikel Oyarzabal: Sukses di Lapangan, Moncer di Perkuliahan

Pemandangan aneh terlihat di puncak daftar pencetak gol terbanyak La Liga 2020/21. Di posisi pertama ada nama Mikel Oyarzabal. Winger berusia 23 tahun ini mengungguli Karim Benzema, Joao Feliz, Luis Suarez, juga Lionel Messi.

Pemuda Basque yang bermain untuk Real Sociedad tersebut sudah mencetak enam gol dalam sembilan pekan La Liga. Catatan pribadi tersebut juga berbanding lurus dengan performa tim. Real Sociedad saat ini bercokol di puncak klasemen La Liga. Total, Oyarzabal telah mencetak enam gol dan tiga asis dari 12 penampilan di semua kompetisi.

Penampilannya kian matang dan dewasa. Saat berusia 22 tahun, pada 2018 silam, Oyarzabal menjadi pemain termuda kedua sepanjang sejarah Real Sociedad yang mampu membukukan 100 penampilan di divisi tertinggi Spanyol. Kini, Oyarzabal sudah tampil sebanyak 207 kali bersama Txuri-urdin di berbagai ajang.

Link streaming pertandingan persahabatan Belanda vs Spanyol

Oyarzabal mengawali karier sepakbolanya di Eibar, klub kota kelahirannya. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menarik perhatian para pemandu bakat. Athletic Bilbao, klub raksasa Basque, mencoba menggaetnya. Tetapi atas saran orang tuanya yang merupakan penggemar Real Sociedad, Oyarzabal akhirnya berlabuh di Anoeta pada 2011.

Empat tahun berselang, ketika usianya sudah menginjak 18 tahun, Oyarzabal mendapat kepercayaan dari pelatih Sociedad saat itu, David Moyes untuk menjalani debutnya di La Liga. Oyarzabal masuk menggantikan Carlos Vela pada menit 85 saat Sociedad menang 4-0 kontra Levante.

Di akhir musim 2015/16, Oyarzabal mencatatkan 22 penampilan di La Liga, mencetak enam gol serta dua asis. Musim selanjutnya, Oyarzabal bahkan memainkan seluruh pertandingan La Liga, dan torehan asisnya meroket ke angka delapan.

Meski masih sangat muda, Oyarzabal menjadi ikon bagi Sociedad, terlebih setelah pensiunnya Xabi Prieto. Oyarzabal mewarisi nomor punggung 10 milik Prieto. Sejak musim 2017/18 hingga musim ini, Oyarzabal hanya melewatkan lima pertandingan La Liga. Dari periode tersebut, ia telah mencetak 31 gol beserta sumbangan 24 asis.

Terlepas dari karier cemerlangnya, Oyarzabal tidak menyepelekan masalah pendidikan. Dia terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Universitas Deusto. Oyarzabal sukses membagi waktu kuliah dan bekerja sebagai pesepakbola profesional.

“Hal tersulit adalah pergi berlatih setiap hari dengan taksi, karena memakan banyak waktu untuk belajar,” kenangnya beberapa tahun kemudian dalam sebuah wawancara untuk El Diario Vasco.

“Sulit bagi saya untuk beradaptasi dan melakukan ujian dengan baik di tahun pertama saya [di Real Sociedad]. Namun, dengan beberapa organisasi yang baik, saya berhasil mengatasinya. Saya memiliki waktu senggang sebelum pergi ke pelatihan, ketika saya meninggalkan sekolah, dan pada akhir pekan,” tandasnya.

Beberapa jam sebelum pertandingan kejuaraan Euro U-21 antara Spanyol vs Jerman pada 2019 silam, Oyarzabal bahkan menyempatkan diri untuk mengecek nilai-nilai ujian. Dia senang lantaran berhasil lulus ujian.

Lalu, Oyarzabal bermain sebagai penyerang utama di laga final tersebut. Dia memberikan asis kepada gol pembuka Spanyol pada menit ketujuh yang dicetak oleh Fabian Ruiz. Pada akhirnya Spanyol menang 2-1, La Rojita mempertahankan gelar, dan Oyarzabal mendapatkan trofi pertamanya.

Kesuksesannya tersebut membuat CIES Football Observatory memasukkannya ke 35 besar pemain paling bernilai di tahun 2020.

Kini, Oyarzabal kembali dipanggil oleh pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, untuk laga persahabatan kontra Belanda pada Rabu (11/11), dan dua laga UEFA Nations League melawan Swiss dan Jerman.

Terakhir kali tampil sebagai starter saat melawan Swiss pada matchday 3 Grup 4 Liga A, Oktober silam, Oyarzabal mempersembahkan tiga poin berkat gol tunggalnya ke gawang Yann Sommer.

Di masa jeda internasional, Anda tidak akan kekurangan tontonan. Mola TV menayangkan pertandingan persahabatan, UEFA Nations League, dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan Belanda vs Spanyol pada Kamis (12/11) pukul 02:45 WIB dapat Anda saksikan dengan mengeklik tautan ini.

Komentar