Manuel Neuer dan Kekhawatiran akan Tembakan Kaki Kanan

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Manuel Neuer dan Kekhawatiran akan Tembakan Kaki Kanan

Kiper sekaligus kapten Bayern Muenchen, Manuel Neuer, antusias menyambut Der Klassiker melawan Borussia Dortmund di Bundesliga musim ini. Tetapi, di balik gairah yang dirasakan, kiper berusia 34 tahun tersebut menyiratkan kegelisahan.

“Saya berharap dia tidak akan mengejutkan saya dengan tendangan kaki kanannya,” ucap Neuer.

Pernyataan tersebut ditujukan kepada penyerang Die Borussen, Erling Haaland. Apa yang dikatakan Neuer bukan sekadar gurauan, melainkan rasa kekhawatiran terhadap segala hal yang bisa terjadi di lapangan.

Link pertandingan Borussia Dortmund vs Bayern Muenchen

Erling Haaland merupakan pemain dengan kaki kiri sebagai kaki terkuat. Dari lima gol yang diciptakan hingga Spieltag 6, empat di antaranya ditorehkan lewat kaki kiri. Hanya satu gol yang diciptakan melalui kaki kanan, yang dibuatnya pada laga terakhir melawan Schalke 04 dalam Revierderby.

Kekhawatiran Neuer bukan tanpa sebab. Gol Haaland ke gawang Schalke diciptakan dengan sangat terukur kendati dia sadar situasi (memaksa eksekusi dengan kaki kanan) tidak menguntungkan. Keputusannya yang cepat untuk melakukan chip ball sukses memperdayai kiper lawan. Dan untuk itu, Neuer merasa apa yang dilakukan Haaland merupakan sebuah kejutan.

Penggawa Timnas Norwegia tersebut seolah menunjukkan bahwa pergerakan tanpa bola yang menjadi kelebihannya bisa sangat berbahaya jika dikombinasikan dengan kepercayaan diri 1v1. Situasi serupa bukan tidak mungkin terjadi pada laga melawan Bayern. Apalagi skuad arahan Hansi Flick tak jarang tampil dengan garis pertahanan tinggi.

Sementara itu, musim ini Neuer telah kebobolan sembilan gol. Dari jumlah tersebut, enam di antaranya diciptakan lawan melalui kaki kanan. Kekhawatiran lain dari Neuer bisa jadi karena gol yang diciptakan Haaland pada laga terakhirnya itu, hampir serupa ketika Neuer kebobolan oleh gol penyerang Hoffenheim, Munas Dabbur pada Spieltag 2.

Refleks dan pembacaan bola dari Neuer yang di atas rata-rata kala berhadapan 1v1, sepertinya mulai disiasati oleh para penyerang lawan dengan melakukan penyelesaian yang mengejutkan, salah satunya dengan mencungkil bola.

Neuer pun menilai laga tak akan berjalan mudah. Meski demikian, catatan tiga pertemuan terakhir melawan Dortmund di ajang Bundesliga bisa membuat eks kiper Schalke itu sedikit lega lantaran selalu membawa Bayern menang dengan torehan nirbobol.

“Bagi seorang kiper, ini lebih kepada mengenai faktor psikologis untuk terus menjaga konsentrasi penuh selama 90 menit. Akan sangat bagus menorehkan nirbobol, tetapi itu tidak akan mudah karena kami tahu bahwa Dortmund mempunyai beberapa pemain hebat, terutama di lini depan,” terang Neuer.

Sejauh ini Bayern dan Dortmund berada di posisi 1 dan 2 dengan poin sama, 15, hanya dibedakan oleh selisih gol saja. Bayern menjadi tim dengan produktivitas gol terbanyak di Bundesliga dengan 24 gol. Di lain pihak, Dortmund menjadi tim terbaik di lini pertahanan karena baru kebobolan dua gol.

Kendati performa Haaland dikhawatirkan oleh Neuer, Hansi Flick selaku pelatih Bayern memandang dari sisi lain. Menurutnya, seluruh pemain Dortmund memiliki potensi yang sama untuk merepotkan. Transisi dari bertahan ke menyerang, kata Hansi Flick, merupakan kelebihan mereka saat ini yang mesti diantisipasi.

Seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar