Revierderby di Tengah Kejatuhan Schalke

Cerita

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Revierderby di Tengah Kejatuhan Schalke

Setahun lalu, mungkin tak ada yang percaya bahwa Schalke 04 akan mengawali musim dengan catatan terburuk sepanjang sejarah klub. Semua berjalan baik bagi Die Koenigsblauen hingga setidaknya Desember 2019. Mereka masih berada di peringkat lima dan terlihat serius menantang zona Liga Champions. Namun, 20 laga tanpa kemenangan membuat Amine Harit dkk terperosok hingga peringkat 12, hanya terpaut delapan poin dari zona play-off degradasi.

Musim ini, Schalke tak bisa lepas dari performa sangat buruk sejak pertengahan musim lalu. Di partai perdana, mereka kalah 8-0 dari juara bertahan Bayern Muenchen. Pelatih David Wagner pun dipecat setelah dihajar Werder Bremen 1-3 di pekan berikutnya.

Manuel Baum ditunjuk sebagai pengganti. Ia kalah 4-0 dari RB Leipzig di partai debut. Namun, pada Spieltag 4, Baum memberi sedikit harapan saat timnya menahan imbang Union Berlin 1-1. Itu adalah poin perdana Die Koenigsblauen musim ini.

Akan tetapi, setelah meraih poin perdana, Schalke menghadapi ujian berat dengan melawat ke Signal Iduna Park, Sabtu (24/10/2020) mendatang. Tim tamu dalam posisi limbung. Jika tampil buruk seperti biasanya, mereka di ambang kekalahan memalukan atas Dortmund.

Di sisi lain, ini menjadi kesempatan emas Die Borussen untuk mempermalukan rival abadinya. Musim lalu, di tengah tren payah Schalke, Dortmund memenangi Revierderby dengan skor telak 4-0. Kemenangan tersebut sedikit menambah catatan dominan Dortmund di era Bundesliga, memenangi 34 (berbanding 32) dari 96 edisi Revierderby.

Link streaming Borussia Dortmund vs Schalke 04

Revierderby kali ini pun digelar dalam situasi yang unik sekaligus ironis. Schalke, yang mengalami krisis finansial, terpaksa mengandalkan para pemain pinjaman untuk mengarungi Bundesliga. Sedangkan Dortmund memiliki pasukan muda yang cukup disegani. Padahal, Schalke memiliki akademi Knappenschmiede, yang tergolong salah satu akademi pemain muda terbaik di Jerman.

Pada abad 21, akademi Schalke telah membina pemain papan atas macam Mesut Oezil, Leroy Sane, Ilkay Guendogan, Julian Draxler, hingga Manuel Neuer. Baru-baru ini, akademi Schalke juga memiliki pemain sekaliber Ahmed Kutucu dan Weston McKennie.

Lulusan akademi Schalke tak lagi menjadi tulang punggung musim ini. Akibat krisis finansial, McKennie dipinjamkan ke Juventus. Hal yang sama terjadi pada pemain senior, Sebastian Rudy. Sedangkan Daniel Caligiuri dan kiper Alexander Nuebel meninggalkan klub dengan status bebas transfer.

Untuk menambal kebutuhan skuad, Die Koenigsblauen meminjam pemain berpengalaman seperti Goncalo Paciencia dan Frederik Roennow. Mereka juga mendatangkan Vedad Ibisevic dengan status bebas transfer.

Jelang menghadapi Dortmund, Schalke akan kembali mengandalkan skuad veteran. Pemain muda macam Suat Serdar dan Ozan Kabak dipastikan tidak tampil karena cedera dan suspensi. Kiper Ralf Faehrmann pun masih cedera dan Roennow dipastikan menempati pos penjaga gawang.

Sementara itu, skuad muda Dortmund sedang on fire usai meraih dua kemenangan beruntun di Bundesliga. Erling Braut Haaland, Giovanni Reyna, Jadon Sancho, hingga Jude Bellingham tampil bersinar pada awal musim ini. Pasukan muda ini membawa Dortmund ke peringkat tiga klasemen sementara, terpaut satu poin dari Leipzig di puncak.

Laga ini adalah kesempatan langka Dortmund menghadapi rival yang berada dalam kondisi limbung. Kebobolan 16 gol dari empat pertandingan tentu jadi catatan mengkhawatirkan kala menghadapi lini serang Die Borussen yang prolifik. Jika Schalke tampil tanpa determinasi layak, seperti biasanya, bukan tak mungkin Dortmund kembali menang dengan margin empat gol atau lebih.

Akan tetapi, tensi Revierderby seharusnya menyadarkan penggawa Schalke tentang tujuan mereka bermain sepakbola. Terlebih lagi, laga semacam ini kerap diwarnai kejadian-kejadian tak terduga. Pada 2017, Benjamin Stambouli dan kawan-kawan pun pernah “meraih yang tak mungkin” di Revierderby, meraih satu poin kendati tertinggal empat gol lebih dulu.

Manuel Baum tentu ingin memberi kesan positif ke pendukung Schalke di awal masa jabatannya, sekaligus coba memutus tren negatif yang telah berjalan hampir setahun.

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta cuplikan ulang dan siaran ulang pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar