Kehadiran Said Benrahma Beri Suntikan Kreativitas untuk West Ham

Cerita

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Kehadiran Said Benrahma Beri Suntikan Kreativitas untuk West Ham

West Ham berhasil menambal lubang yang tercipta akibat kepergian Grady Diangana ke West Bromwich Albion dengan mendatangkan Said Benrahma. Winger asal Aljazair ini digaet dengan status pinjaman dari Brentford FC dan wajib dipermanenkan di akhir musim mendatang.

Nama Benrahma tentu sudah tidak asing untuk orang-orang yang mengikuti kiprahnya dua tahun silam bersama Brentford di Divisi Championship. Permainannya menghibur, penuh skill, dan tentunya dia pandai mencetak gol atau asis. Eks pelatihnya di Nice, Claude Puel, memberikan gambaran yang jelas bahwa gaya bermainnya mirip dengan Eden Hazard atau rekan satu negaranya, Riyad Mahrez.

Pemain dengan skill tinggi memang mampu memberikan perbedaan dalam keadaan buntu, tetapi kebanyakan dari mereka minim solusi dalam hal kreasi peluang. Singkatnya, pemain bertipe demikian cenderung tidak efisien dalam permainan kolektif.

“Dia tidak tinggi, tetapi kakinya sangat kuat. Dia selalu mempunyai kualitas untuk membuat perbedaan, melewati dua atau tiga pemain, tetapi lebih penting lagi untuk memberinya solusi setelah melakukan itu. Kami di sini [Nice] bekerja membantunya untuk mencari kemungkinan membuat asis atau mencetak gol,” kata Claude Puel.

Link streaming West Ham United vs Manchester City

Semenjak pindah ke Brentford pada musim 2018/19, Benrahma dengan cepat beradaptasi di bawah arahan Thomas Frank. Sang pelatih mengamini betul kata-kata Puel tentang Benrahma dan memberikannya kebebasan bermain di posisi sayap kiri.

Namun, salah apabila hanya melihat Benrahma sebagai pemain yang hanya dapat meliuk-liuk di atas lapangan. Dia menarik minat West Ham karena gaya bermainnya dapat menghasilkan banyak gol dan asis bagi rekan satu timnya.

Pada musim perdananya bersama Brentford, Benrahma mampu mencetak 10 gol dan 14 asis, disusul catatan 17 gol dan sumbangan sembilan asis pada musim lalu. Dalam periode yang sama, tidak ada pemain di Divisi Championship, yang dapat menyamai jumlah kontribusi golnya tersebut.

Benrahma juga mengkreasikan 188 peluang mencetak gol di Championship sejak debutnya pada Agustus 2018. Jumlah tersebut hanya kalah dari gelandang Leeds United, Pablo Hernandez (204).

Bersama Bryan Mbuemo dan Ollie Watkins, Benrahma hampir membawa The Bees promosi ke Premier League musim lalu. Pasukan Thomas Frank finis di posisi tiga klasemen akhir Championship dengan selisih dua poin dari West Bromwich Albion.

The Hammers sendiri terbilang sukses kala mendatangkan pemain-pemain dari Championship. Penggawa inti mereka macam Jarrod Bowen (Hull City), Michail Antonio (Nottingham Forest), hingga Aaron Cresswell (Ipswich Town) seperti tidak tidak tergantikan di susunan skuad utama.

Namun, Benrahma mesti bersaing dengan Pablo Fornals. Musim lalu, keduanya memiliki catatan mirip ketikan menciptakan asis dari skema open play. Fornals dengan rata-rata 0,17 asis per 90 menit, sedangkan Benrahma di angka 0,21. Tetapi, Benrahma lebih unggul ketika menilik statistik dribel sukses (3,35 berbanding 0,62 per 90 menit) dan lebih sering melakukan umpan langsung ke dalam kotak penalti lawan (7,56 berbanding 3.56 per 90 menit).

Besar kemungkinan Benrahma akan memainkan debutnya di Premier League dalam laga West Ham vs Manchester City, Sabtu (24/10/2020) di London Stadium. West Ham dibayangi rekor buruk lima kekalahan beruntun kontra City di London Stadium, hanya mencetak 1 gol dan sudah kebobolan 22 gol.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar