Anthony Valencia: Talenta Besar Independiente del Valle dan Ekuador

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Anthony Valencia: Talenta Besar Independiente del Valle dan Ekuador

Amerika Latin seperti tak akan kekurangan pesepakbola hebat lantaran banyaknya pemain muda yang bermunculan dari tahun ke tahun. Tidak hanya Argentina atau Brasil, dua negara yang kerap diagung-agungkan karena selalu memiliki bibit pemain brilian, kini Ekuador telah menelurkan satu pemain yang masuk daftar 60 talenta muda terbaik 2020 versi The Guardian.

Anthony Valencia namanya. Sekilas, ia mengingatkan kita kepada mantan pemain sayap Manchester United, Antonio Valencia. Selain memiliki nama yang mirip, keduanya berasal dari negara yang sama.

Tergabung bersama Independiente del Valle, klub Ekuador yang belum pernah sekali pun meraih juara di kompetisi domestik, potensi Anthony Valencia untuk terus berkembang sangat besar. Di ajang Copa Libertadores U-20 2020, ia menjadi salah satu pemain termuda (16 tahun) yang ikut berkontribusi membawa Independiente meraih gelar juara.

Di ajang itu, Anthony Valencia mencetak dua dari 11 gol yang diciptakan skuad asuhan Yuri Solano selama berlangsungnya kompetisi. Gol pertamanya, sekaligus gol penentu bagi Independiente del Valle, dicetak ke gawang Colo-Colo.

Saat itu, di tengah kebuntuan karena banyaknya peluang yang terbuang, Anthony Valencia muncul sebagai pembeda. Menempatkan posisi di ruang kosong, ia melepaskan tendangan mendatar yang tak mampu dihadang kiper lawan.

Begitu pula pada gol Copa Libertadores keduanya yang dicetak ketika menghadapi Jorge Wilstermann di laga terakhir penyisihan grup. Seperti yakin bakal mendapatkan umpan terobosan, Valencia mendahului bek lawan dan berlari ke kotak penalti. Benar saja, Pedro Vite, striker Independiente, memberikan sodoran. Penyelesaian Valencia sempurna. Golnya menggenapi kemenangan 0-5 Independiente dan mengantar mereka menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Flamengo dan River Plate di semifinal dan final.

“Ini adalah hasil dari latihan yang dilakukan sebelum turnamen. Pekerjaan ini berat, menit demi menit,” ucap Yuri Solano menggambarkan kerja keras yang dilakukannya untuk tim.

Sebagai pemain kidal, Anthony Valencia sanggup bermain di sisi kiri maupun kanan sebagai inverted winger. Ia mampu memanfaatkan kecepatannya untuk menusuk ke dalam kotak penalti. Valencia juga kapabel menaklukkan lawan dalam situasi satu lawan satu dan mampu melepaskan tendangan jarak jauh.

Link streaming Independiente del Valle vs Barcelona SC

Perkembangan Talenta Independiente di Tim B

Independiente del Valle menyadari bahwa para pemain muda mesti mendapatkan ruang untuk berkembang serta memperoleh kesempatan bermain. Maka, pada 2017 mereka mendirikan tim B bernama CD Independiente Juniors.

“Untuk itulah kami bekerja, itu inti dari Independiente del Valle, itulah yang kami yakini, itulah cara kami bisa menjadi runner-up di Amerika dengan para pemain binaan kami, para pemain yang merasakan seragam kebesaran tim,” tutur Michel Deller, manajer tim senior. Waktu itu, Independiente Juniors baru saja menjadi runner-up Copa Libertadores U-20 2018.

“Ini adalah bagian fundamental dari apa yang kami lakukan untuk memberikan menit bermain kepada para pemain muda. Memiliki tim B dan mengupayakannya,” tambahnya.

Perhatian Michel Deller kepada para pemain muda sangatlah besar. Ia meyakini bahwa penggawa junior bisa memberikan harapan pada timnya di masa depan. Musim lalu di Liga Pro Serie B Ekuador, Independiente Juniors nyaris mencapai final andai tidak dikalahkan LDU Portoviejo di semifinal.

Sementara itu, dari 12 pertandingan yang telah dilakoni Independiente Juniors musim ini, mereka berada di peringkat enam dengan koleksi 16 poin, tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen, 9 de Octubre.

Melihat keseriusan terhadap para pemain muda, bukan tidak mungkin kelak timnas senior Ekuador bakal banyak diisi oleh pemain Independiente del Valle. Dan, khusus untuk Anthony Valencia, kesempatan itu sepertinya tinggal menunggu waktu.

Tayangan langsung semua pertandingan Copa Libertadores serta highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar