Laga Favorit Klopp di Liverpool

Cerita

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Laga Favorit Klopp di Liverpool

Program seri Around the Clubs seri Around the Clubs menyajikan kabar terkini para pemain atau pelatih Premier League, bagaimana mereka menjalani kehidupan di masa pandemi COVID-19. Seri ini dapat disaksikan secara eksklusif melalui Mola TV.

Pada episode 4, komentator sepak bola yang juga sekaligus pembawa acara BBC Match of the Day, Steve Bower, berbincang dengan manajer Liverpool, Jurgen Klopp, lewat panggilan video. Episode kali ini berdurasi selama 50 menit 56 detik. Dalam 12 menit awal, Bower dan Klopp merefleksikan kesuksesan manajer asal Jerman tersebut selama membesut The Reds.

Saksikan episode 4 Around the Clubs di sini

Kepada Steve Bower, Jurgen Klopp mengingat kembali pertandingan-pertandingan favorit Premier League yang telah ia lalui semenjak melatih Liverpool.

Pertama, Klopp mengenang kemenangan perdananya di Premier League pada 31 Oktober 2015 silam. Kala itu, pasukan Klopp yang masih diperkuat nama-nama macam Philippe Coutinho hingga Lucas Leiva berhasil mengalahkan Chelsea arahan Jose Mourinho di Stamford Bridge.

Liverpool menang dengan skor 3-1 lewat dwigol Philippe Coutinho serta satu gol tambahan dari Christian Benteke. Klopp mengenang laga tersebut sebagai laga peringatan kepada orang-orang yang meragukan kualitas timnya sekaligus momen penerimaan.

“Saya mengingat saat pertama saya datang ke Liverpool orang-orang sedikit ragu, setidaknya mereka tertarik. Tentu saja itu kemenangan penting, tapi [kami] tidak terbebani untuk tampil spesial. Dari sudut pandang lain, kemenangan tersebut membuat orang-orang menyadari ada sesuatu yang terjadi, dalam arti baik, di Liverpool,” jelas Klopp.

“Jika dilihat kembali, kemenangan dengan cara seperti itu menjadi penting untuk mendapatkan dukungan. Anda membutuhkan hal seperti itu,” tambah eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Lain itu, Klopp memilih kemenangan dramatis atas Everton di Derbi Merseyside pada Desember 2018. Saat itu, The Reds menang dengan skor tipis 1-0 berkat blunder yang dilakukan kiper Everton pada menit-menit akhir laga, yang berujung gol Divock Origi.

Laga paling berkesan menurut Klopp adalah kemenangan 3-1 atas Manchester City di Anfield pada November 2019 silam. Kemenangan tersebut membuat Liverpool unggul 8 poin di papan klasemen jelang Natal.

“Selalu berbeda melawan mereka [Manchester City]. Karena jika Anda menang melawan City Anda melakukan banyak hal baik. Dari sudut pandang seorang pelatih, ketika Anda mampu mengalahkan City, Anda akan berpikir kembali ‘wow’,” ungkap Klopp.

Selain perbincangan antara Bower dan Klopp, terdapat obrolan antara Ian Wright dengan gelandang Liverpool Alex Oxlade-Chamberlain, Mikel Arteta yang menjelaskan kondisi pasca terpapar virus corona, hingga wawancara Seema Jaswal dengan pelatih Sheffield United, Chris Wilder atas pencapaian gemilang timnya di Liga Inggris musim lalu.

Episode 4 dan episode-episode lain program Around The Clubs dapat Anda saksikan di Mola TV (Klik di sini).

Komentar