Tinjauan Putaran Pertama Bundesliga 2017/18

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Tinjauan Putaran Pertama Bundesliga 2017/18

Dua kemenangan di dua pekan pembuka tak cukup untuk membawa Bayern München menduduki peringkat pertama. Kekalahan di pekan ketiga mengirim Bayern ke peringkat terbawah zona Eropa, peringkat keenam. Hingga pekan kesembilan, peringkat kedua adalah setinggi-tingginya posisi yang mampu Bayern tempati.

Pekan kesepuluh, Bayern menduduki peringkat teratas untuk kali pertama musim ini. Sejak saat itu mereka mantap, dan semakin mantap saja, di puncak. Satu pertandingan sebelum pekan terakhir putaran pertama, Bayern sudah memastikan diri menjadi juara paruh musim.

Kemenangan di pekan terakhir putaran pertama hanya memperkuat posisi Bayern sebagai juara paruh musim. Dengan 41 poin dari 17 pertandingan, Bayern bahkan terlalu jauh untuk klub yang menduduki peringkat kedua, Schalke 04.

Posisi Schalke tepat di bawah Bayern namun selisih antara keduanya sangat jauh. Dengan 30 poin, Schalke berjarak sebelas poin dari pimpinan klasemen. Dari Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, RB Leipzig, dan Borussia Mönchengladbach yang masing-masing menempati peringkat ketiga hingga keenam, Schalke hanya berjarak dua poin.

Tedesco dan Nagelsmann

Domenico Tedesco dan Julian Nagelsmann satu angkatan di sekolah kepelatihan. Tedesco mendapat predikat lulusan terbaik; Nagelsmann tepat di belakangnya. Itu di kelas. Di dunia kerja, Nagelsmann yang memimpin.

Saat Nagelsmann dipromosikan menjadi pelatih kepala tim senior TSG Hoffenheim, Tedesco yang menggantikan posisinya di Hoffenheim U-19.

Musim lalu Nagelsmann membawa Hoffenheim lolos ke play-off Champions League. Tedesco menyelamatkan Erzgebirge Aue dari ancaman degradasi ke Liga 3 dengan sebelas pertandingan tersisa. Musim ini keduanya setara karena melatih di divisi yang sama.

Musim 2017/18 menjadi musim pertama untuk keduanya. Bagi Tedesco, ini musim pertama melatih di divisi tertinggi. Bagi Nagelsmann, ini musim pertama melatih klub yang berkompetisi di kejuaraan tingkat Eropa.

Prestasi Tedesco sejauh ini cukup memuaskan. Perjudian manajemen Schalke, mempercayakan posisi pelatih kepala kepada pelatih minim pengalaman, dijawabnya dengan peringkat kedua di akhir putaran pertama.

Nagelsmann, sementara itu, tampak kesulitan setelah mendapat tambahan kesibukan. Hoffenheim mengakhiri putaran pertama di peringkat ketujuh. Tak seberapa buruk, sebenarnya, karena selisih poin Hoffenheim dengan Borussia Dortmund di peringkat ketiga hanya dua angka. Namun Hoffenheim sudah kalah lima kali dalam 17 pertandingan pertama musim ini, sementara musim lalu mereka hanya kalah empat kali sepanjang musim.

Seolah itu tak cukup buruk, Hoffenheim tersingkir dari Europa League (Hoffenheim kalah dari Liverpool di play-off Champions League) sebagai juru kunci Grup C yang berisi SC Braga, PFC Ludogorets 1945, dan ?stanbul Ba?ak?ehir.

Ancelotti dan Bosz

Dua pelatih kepala dibebastugaskan dari jabatannya di dua klub besar. Carlo Ancelotti didepak Bayern München pada 27 September, setelah timnya kalah tiga gol tanpa balas dari tim yang pernah ia latih, Paris Saint-Germain. Ketika keputusan untuk memberhentikan Ancelotti diambil oleh barisan manajemen, Bayern menempati peringkat ketiga di tabel klasemen sementara Bundesliga. Mereka berjarak enam poin dari puncak klasemen, yang ditempati oleh Borussia Dortmund.

Posisi Ancelotti kemudian digantikan oleh Jupp Heynckes, pelatih kepala yang tak asing dengan Bayern. Di bawah arahan Heynckes, Bayern berbenah dan serangkaian hasil positif pun berhasil mereka amankan. Bayern kini mantap di puncak klasemen, sebelas poin dari pesaing terdekat.

Sementara itu Dortmund, yang memimpin hingga pekan kesembilan, mengalami penurunan performa sehingga menderita penurunan peringkat. Titik terbawahnya adalah peringkat kedelapan, setelah kalah di pekan ke-15. Seketika itu juga Peter Bosz didepak dan digantikan oleh Peter Stöger, yang sepekan sebelumnya juga dibebastugaskan oleh FC Köln.

Dua pertandingan bersama Stöger, Dortmund dua kali meraih kemenangan. Dari peringkat kedelapan, mereka melompat ke peringkat keenam lalu ke peringkat ketiga.

Wolfsburg, Hannover, dan Stuttgart

VfL Wolfsburg selamat dari degradasi ke Bundesliga 2 berkat kemenangan agregat 2-0 atas Eintracht Braunschweig. Berhasil bertahan di divisi tertinggi tak disia-siakan. Wolfsburg mengakhiri putaran pertama musim ini di peringkat ke-12 dengan 19 poin.

Namun posisi Wolfsburg tak sebaik Hannover 96, runner-up Bundesliga 2 musim lalu. Hannover, yang sempat menduduki peringkat kedua (pekan keempat) dan keempat (pekan kesepuluh), mengakhiri putaran pertama di peringkat kesebelas dengan 23 poin.

Sementara itu juara Bundesliga 2 musim lalu, VfB Stuttgart, hanya bisa meraih rata-rata satu poin dari setiap pertandingan. Stuttgart menempati peringkat ke-14, dua peringkat di atas zona degradasi, namun hanya berjarak dua poin dari SV Werder Bremen dan Hamburger SV, dua dari tiga penghuni zona degradasi. FC Köln, juru kunci, tak akan mampu mengejar siapa pun dalam waktu dekat karena koleksi poinnya hanya enam.

Komentar