Kemegahan Stadion Millennium dan Cerita Kutukan Tim Tandang

Cerita

by redaksi 58501

Kemegahan Stadion Millennium dan Cerita Kutukan Tim Tandang

Sejak Juni 2015 UEFA sebagai induk federasi sepakbola Eropa telah menetapkan Stadion Millennium sebagai venue pertandingan final Liga Champions 2016/2017. Penunjukan tersebut disambut antusias oleh publik sepakbola Wales, termasuk dua pesepakbola mereka, Gareth Bale dan Aaron Ramsey, pernah menyatakan kebahagiaannya ketika Wales ditunjuk sebagai tuan rumah final Liga Champions 2016/2017.

Wajar bila banyak merasa antusias, karena ini akan menjadi pengalaman pertama Wales sebagai tuan rumah final Liga Champions. Penunjukan Stadion Millennium sebagai venue final Liga Champions kemudian menjadikan Wales, sebagai negara Britania Raya ketiga setelah, Inggris dan Skotlandia.

Sejak tahun 1955 atau saat Liga Champions masih bernama Piala Champions, sudah ada 11 pertandingan final yang berlangsung di Britania Raya. Inggris menjadi yang terbanyak menyelenggarakan partai final dengan 12 final (7 Stadion Wembley dan 1 Stadion Old Trafford) mendapat kehormatan tersebut. Sementara tiga laga final lainnya berlangsung di Hampden Park, Skotlandia.

Setelah penunjukkan Stadion Millennium, dipastikan ada 12 pertandingan final kompetisi paling elite di Benua Biruitu yang akan berlangsung di Britania Raya. Wales yang kini mendapat kesempatan pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Federasi Sepakbola Wales, FAW, dengan segala upaya ingin memberikan pelayanan terbaik pada pertandingan final tersebut. Mereka akan menjadikan pertandingan final antara Juventus melawan Real Madrid sebagai pertandingan final dengan kondisi atap stadion tertutup.

Stadion Millennium memang memiliki teknologi atap stadion yang bisa dibuka tutup, mirip dengan Veltins Arena di Jerman. Sehingga pertandingan nanti dipastikan tidak akan terkendala cuaca. Namun bukan saja karena itu FAW memastikan atap stadion akan tertutup selama pertandingan.

Keamanan menjadi salah satu yang mereka pikirkan, setelah aksi terror yang terjadi di Manchester baru-baru ini. Tidak hanya saat pertandingan, atap stadion berkapasitas 74,500 kursi itu juga akan tertutup saat Real Madrid dan Juventus menggelar latihan resmi di Millennium.

Stadion Mewah Dengan Beragam Fungsi

Berbicara mengenai Stadion Millennium, maka harus diakui bahwa stadion tersebut menjadi salah satu stadion kelas satu di Eropa bahkan dunia. Selain memiliki teknologi atap yang bisa di buka-tutup, Stadion Millennium juga memiliki berbagai fasilitas seperti hotel kelas satu yang berjumlah 124 kamar, 22 bar, 7 restoran, dan 17 pusat kesehatan.

Beragam fasilitas dan teknologi pada Stadion Millennium tentu tidak akan berarti apa-apa bila rumput di stadion tersebut tak memiliki kualitas kelas satu pula. Rumput yang dipakai stadion tersebut menggunakan jenis Desso, yang merupakan gabungan antara rumput alami dan rumput serat buatan.

Jenis rumput tersebut memiliki keunggulan pada sistem drainase. Selain itu aliran bola lebih baik akan dirasakan para pemain ketika bermain di permukaan rumput berjenis Desso. Rata-rata jenis rumput tersebut digunakan oleh stadion-stadion yang ada di Liga Primer Inggris, Anfield kandang dari Liverpool pun menggunakan rumput jenis tersebut.

Meski akan menjadi laga penutup Liga Champions musim 2016/2017, namun siapa sangka kalau pada awal terbentuknya stadion tersebut sebenarnya diperuntukkan menggelar turnamen internasional rugbi. Setelah dibuka pada 26 Juni 1999, stadion tersebut langsung digunakan untuk menggelar turnamen Piala Dunia rugbi 1999. Stadion tersebut memang menjadi markas bagi timnas rugbi Wales, dan sering menggelar pertandingan rugbi internasional lainnya.



Bersambung ke halaman selanjutnya

Komentar