Surat Cinta untuk Carlo Mazzone

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi 39015

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Surat Cinta untuk Carlo Mazzone

Halaman kedua...

Di Brescia, bukan hanya Baggio saja yang bakatnya termaksimalkan oleh Mazzone, tapi juga dua legenda sepakbola lain, yakni Andrea Pirlo dan Pep Guardiola. Selain itu masih ada nama-nama lain seperti Stephen Appiah, Luca Toni, Aimo Diana, Matuzalem, Daniele Bonera, hingga Marco Materazzi yang bakatnya ditemukan oleh Mazzone.

Pirlo yang kini menjadi deep-lying playmaker terbaik dunia, pertama kali memerankan tersebut dengan arahan Mazzone. Padahal saat itu banyak orang yang meragukan dengan kemampuan Pirlo, dan mengolok-oloknya dengan plesetan "Pirla". Namun Mazzone percaya bahwa Pirlo memiliki sesuatu dalam kemampuannya, yang kemudian Pirlo menjadi salah satu gelandang terbaik dunia sejak membela AC Milan hingga Juventus dan timnas Italia.

Pujian juga pernah diberikan Pep Guardiola. Pep yang kini menjadi salah satu pelatih sukses dunia, mengakui jika banyak hal yang didapatkannya dari Mazzone. Walau Mazzone mengakui bahwa Pep memang memiliki kemampuan menjadi seorang juru taktik papan atas.

"Di Brescia, saya memiliki dia [Pep], Pirlo dan Baggio. Pep adalah yang paling memiliki karakter di lapangan," kata Mazzone saat diwawancarai roma.republicca.it. "Saat saya pergi ke Roma, saya memberi saran padanya untuk meninggalkan Brescia karena kemampuannya sangat unik namun sempurna. Tapi saya tidak layak mendapatkan terima kasih darinya [Pep]. Saya tidak pernah memberikan sesuatu tentang taktik padanya. Di lapangan, dia sudah menjadi pelatih. Tapi jika dia mengatakan seperti itu, atau jika dalam latihan ada ucapan saya yang membuatnya terinspirasi, tentu saya sangat senang mendengarnya."

Mazzone, Baggio dan Guardiola (via:footballpassion24)

Mazzone kini sudah menua. Namun jejak-jejak kepelatihannya masih ada. Totti, Baggio, Pirlo dan Pep serta kisah-kisah di atas hanyalah segelintir cerita kesuksesan yang ditorehkannya meski tanpa piala dalam kariernya. Sejumlah anak asuhnya mendunia, dan hari ulang tahunnya pun mereka masih menganggap bahwa Mazzone adalah legenda dan inspirasi karier mereka.

Selamat ulang tahun, Carletto!

Komentar