Asal Muasal Banyaknya Nama "Nguyen" di Vietnam

Cerita

by Sandy Firdaus 50902

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Asal Muasal Banyaknya Nama "Nguyen" di Vietnam

Jika Turki memiliki nama belakang Hakan dan Emre, serta Islandia memiliki akhiran –son sebagai salah satu budaya sekaligus peninggalan yang masih dijaga keberadaannya sampai sekarang, Vietnam pun memiliki hal yang sama dalam hal peninggalan budaya berupa nama belakang yang sering digunakan. Peninggalan tersebut bersemayam dalam nama “Nguyen”.

Coba Anda perhatikan berapa pemain timnas Vietnam sekarang yang memiliki nama belakang ‘Nguyen”. Ada Tran Nguyen Manh, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Van Quyet, Nguyen Van Toan, dan Nguyen Cong Phuong. Lima pemain dalam 23 skuat Vietnam yang bertanding dalam Piala AFF 2016 memiliki nama belakang Nguyen. Belum lagi "Nguyen-Nguyen" yang lain yang tak dipanggil masuk skuat Piala AFF 2016, jumlahnya mungkin lebih banyak lagi.

Ini menunjukkan bahwa nama belakang “Nguyen” cukup sering digunakan oleh orang Vietnam. Tapi memang bukan hanya di tim sepakbola saja. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, nama “Nguyen” sudah selayak artefak di Vietnam sana.

Asal Muasal dan Perihal Nama Nguyen

Nama belakang “Nguyen” ini dipercaya berasal dari nama belakang dari bahasa Mandarin “Ruan”. Bukan hanya itu, “Nguyen” ternyata berkaitan erat dengan sejarah kekaisaran di Vietnam dahulu kala. Pada 1802, ketika kekaisaran Vietnam dikuasai oleh Nguyen Lords, mulai banyak orang-orang di Vietnam menggunakan nama belakang Nguyen.

Ketika itu banyak orang mengganti nama belakang mereka dengan “Nguyen” supaya mereka bisa terhindar dari kewajiban bayar pajak, serta menghindari hukuman dari pengadilan ketika mereka berbuat kejahatan. Ini memang tak lepas dari kebijakan dinasti Nguyen Lords yang memang memberikan hak-hak spesial dan kerap menyematkan nama “Nguyen” pada orang-orang tertentu sebagai gelar kehormatan.

Sejak saat itu, nama “Nguyen” pun mulai merebak penggunaannya sampai sekarang. Total sampai sekarang, sekitar 40% dari keseluruhan masyarakat Vietnam (sekitar 38 juta dari total 94 juta rakyat Vietnam) menggunakan nama belakang Nguyen.

Apakah Semua Nguyen Bersaudara?

Melihat 40% masyarakat Vietnam semuanya menggunakan nama belakang Nguyen, pertanyaan pun muncul; apakah mereka semua berkeluarga? Tidak. Mirip seperti penggunaan nama Emre dan Hakan di Turki yang manasuka, orang-orang Vietnam sekarang pun, meski tidak memiliki keturunan langsung dengan dinasti Nguyen pada masa lampau.

Siapapun bisa menggunakan nama “Nguyen”. Menerapkan pepatah bahwa nama adalah do’a, orang-orang yang menyematkan nama “Nguyen” di dalam nama anak-anaknya hanya memiliki harapan bahwa kelak anaknya dapat menjadi orang yang berpengaruh untuk masyarakat sekitar.

Selain itu, budaya Vietnam yang biasa memanggil atau menyebut orang dengan nama depan dalam situasi apapun (malah dalam situasi formal sekalipun) membuat tidak akan ada kebingungan yang terjadi antar sesame pemilik nama belakang Nguyen.

Nama Nguyen yang Mulai Mendunia

Sesudah perang Vietnam berkecamuk dari 1955 sampai 1975, banyak warga Vietnam yang memutuskan untuk bermigrasi ke negara lain untuk mencari aman dan menghindari ketegangan akibat situasi perang yang terjadi antara Vietnam Utara (didukung oleh Uni Soviet) melawan Vietnam Selatan (didukung oleh Amerika Serikat).

Sejak masa migrasi tersebut, nama belakang Nguyen pun mulai menyebar luas di seantero dunia. Di Australia, nama Nguyen menjadi nama belakang ketujuh terbanyak di Australia. Di Amerika dan di Eropa, nama belakang Nguyen pun menjadi nama yang mulai sering muncul di ruang-ruang publik, menandakan eksistensi dari orang keturunan Vietnam di sana.

Jangan lupakan pula, perdana menteri Vietnam sekarang pun memiliki nama belakang “Nguyen”, yaitu Nguyen Tan Dung. Ada juga artis yang bermain dalam film 21 Jumpstreet, Dustin Nguyen dan pencipta game Flappy Bird, Dong Nguyen.

Salah satu Nguyen yang harus diwaspadai Indonesia dalam laga semifinal nanti, Nguyen Van Quyet. Sumber: Hff

Sub Nama dari Nguyen yang, Aduhai Banyaknya!

Sesuai dengan yang disebutkan di atas, bahwa dalam budaya Vietnam orang-orang biasa dipanggil menggunakan nama depannya, bukan nama belakangnya. Ini juga yang memberikan pengaruh terhadap perkembangan nama Nguyen di Vietnam.

Perlahan-lahan mulai banyak orang yang memberikan sub nama dari Nguyen untuk membedakan satu Nguyen dari Nguyen yang lain. Sampai sekarang, tercatat sudah ada 13 sub nama dari Nguyen yang banyak digunakan oleh orang-orang Vietnam. 13 sub nama digunakan oleh orang Vietnam itu adalah sebagai berikut:

  • Nguyen Phuoc atau Nguyen Phuc (keturunan langsung dari dinasti Nguyen Lords)
  • Nguyen Dinh
  • Nguyen Huu
  • Nguyen Canh
  • Nguyen Khac
  • Nguyen Tien
  • Nguyen Duc
  • Nguyen Minh
  • Nguyen Ngoc
  • Nguyen Van
  • Nguyen Quang
  • Nguyen Xuan
  • Ton That (setara dengan anggota dinasti Nguyen Lords tapi bukan keturunan langsung dinasti Nguyen Lords)

Dari 13 nama tersebut, coba Anda pilah, Nguyen mana yang sekarang digunakan oleh para pemain timnas Vietnam?

**

Vietnam, seperti halnya Islandia dan Turki, memiliki cara yang unik dalam menyematkan peninggalan dari budaya yang mereka miliki; lewat nama belakang. Namun ini juga bisa dibilang adalah cara yang baik untuk melestarikan budaya yang sekarang perlahan mulai tergerus oleh kerasnya modernisasi. Apalagi ada beberapa nama yang ikut membela timnas sepakbola, itu merupakan salah satu bentuk promosi budaya (meski dalam skala kecil) yang dapat dilakukan oleh negara.

Jadi, bagi Anda yang memiliki nama Budi dan Andi, apakah Anda masih malu dengan nama Anda?

Baca juga:

Kenapa Banyak Pemain Bernama Dembele?

Kenapa Nama Pemain Islandia Berakhiran -son?

Kenapa Banyak Pemain Turki Bernama Emre atau Hakan?

foto: thanhniennews.com

Komentar