El Clasico yang Penting Untuk Madrid dan Barca

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

El Clasico yang Penting Untuk Madrid dan Barca

Sabtu (3/12/2016) laga bertajuk El Clasico akan kembali dihelat. Pelakunya siapa lagi kalau bukan Real Madrid dan Barcelona, dua klub besar yang menguasai La Liga Spanyol selama beberapa dekade terakhir (sebelum sempat diganggu Atletico Madrid). Ini adalah El Clasico pertama pada musim 2016/2017.

Jelang El Clasico ini, tampak adanya perbedaan kondisi kedua tim. Real Madrid datang ke Nou Camp pada Sabtu (3/12/2016) nanti berbekal rekor belum terkalahkan dari 13 pertandingan La Liga yang sudah dijalani. Sementara itu Barca datang ke El Clasico kali ini berbekal hasil seri 1-1 atas Real Sociedad.

Melihat kondisi kedua tim yang cukup berbeda ini, laga El Clasico nanti tentunya akan cukup menentukan dan penting, entah itu bagi Barca maupun Real Madrid. Barca harus memenangkan laga El Clasico ini agar mampu mengembalikan semangat para pemainnya untuk bertanding, sedang Madrid harus memenangkan laga El Clasico ini agar dapat unggul lebih jauh dalam hal perebutan gelar juara.

Kepercayaan Diri Real Madrid Dalam Memenangkan Laga

Dalam beberapa tahun terakhir, gelar La Liga lebih sering jatuh ke tangan Barcelona. Terakhir kali Real Madrid memenangi gelar La Liga adalah pada musim 2011/2012. Ketika itu Madrid masih ditangani oleh Jose Mourinho. Sisanya? Selama delapan tahun terakhir, tercatat enam gelar La Liga sudah mendarat di Nou Camp.

Meski Madrid pun sukses menjadi juara Eropa selama dua kali dalam tiga tahun terakhir, rasanya ada yang kurang ketika hegemoni di negara sendiri malah diambil oleh pesaing dari Katalunya. Oleh karena itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk merebut kuasa tersebut kembali, dan laga El Clasico akan menjadi awal dari semua itu.

Kembali diperkuat oleh Casemiro yang kembali dari cedera, lini tengah Real Madrid akan menjadi kuat kembali. Meski Gareth Bale dan Toni Kroos cedera, ada nama-nama lain yang dapat menggantikan seperti Lucas Vazquez, Marco Asensio, maupun Alvaro Morata di sisi serang, serta Luka Modric dan Mateo Kovacic di lini tengah.

Ingin Bangkit Barca? Menangkan El Clasico Ini!

Barca memulai musim 2016/2017 dengan buruk. Hanya meraih delapan kemenangan, tiga kal hasil imbang, dan dua kali kalah membuat mereka saat ini tertinggal enam poin dari Real Madrid yang memuncaki klasemen La Liga. Lebih mengkhawatirkan lagi, dua hasil imbang dan satu hasil kalah itu Barca dapatkan ketika menjadi tuan rumah.

Ini menandakan bahwa ada aura magis dari Nou Camp yang hilang. Aura magis yang kerap membuat para tamu yang singgah ke sini pulang dengan muka merah setelah dibantai oleh sang empunya stadion, Barcelona. Mengalahkan Real Madrid di Nou Camp, selain akan membuat aura magis Nou Camp (mungkin) kembali, juga dapat meningkatkan semangat para pemain Barca untuk kembali mengejar gelar La Liga.

Andres Iniesta akan kembali dalam laga ini setelah enam minggu mengalami cedera. Ia yang cukup tahu bagaimana caranya bermain dalam laga sebesar ini. Trio Messi, Neymar, Suarez (MSN) masih akan menjadi andalan di lini depan dalam menggedor lini pertahanan Madrid. Gerard Pique yang sempat mengutarakan rasa pesimisnya akan Barca musim ini juga masih akan menjadi pemimpin di lini pertahanan Barca.

**

Melihat pentingnya pertandingan ini bagi kedua tim, jangan heran jika pertandingan nanti akan berjalan seru laiknya El Clasico yang juga pernah terjadi sebelum-sebelumnya. Tak heran juga bahwa The Globe and Mail menjuluki laga ini mes que un match (menyadur slogan dari Barca mes que un club); lebih dari sekedar pertandingan biasa.

foto: @TheCRonaldoFan

Komentar